Comscore Tracker

6 Film Bertema Pernikahan Beda Kultur yang Sukses Bikin Baper

Dari yang kocak sampai yang menyentuh perasaan

Pernikahan Priyanka Chopra dan Nick Jonas membuktikan bahwa perbedaan sebesar apapun tak dapat menghalangi menyatunya sebuah cinta. Perbedaan kultur antara keduanya melebur jadi satu dalam ikatan pernikahan. Dunia pun turut bersuka cita menyambut momen manis itu.

Dunia perfilman pun tak menutup mata terhadap tema cinta beda kultur. Mereka mengemasnya sedemikian rupa hingga menjadi kisah yang menarik sekaligus menginspirasi. Seperti beberapa film berikut ini.

1. Mississipi Masala (1991)

6 Film Bertema Pernikahan Beda Kultur yang Sukses Bikin Baperkajalmag.com

Setelah keluarga Mina (Sarita Choudhury) yang berasal dari India diusir dari Uganda oleh diktator Idi Amin, mereka pindah ke Mississippi untuk memulai hidup baru. Di sana Mina menjalin hubungan dengan Demetrius (Denzel Washington), seorang pembersih karpet.

Namun keluarga mereka tak menyetujuinya karena perbedaan ras antara mereka. Tekanan dari keluarga dan lingkungan sekitar membuat mereka dihadapkan pada pilihan antara keluarga atau cinta.

2. Fools Rush In (1997)

6 Film Bertema Pernikahan Beda Kultur yang Sukses Bikin Bapertonysblog.info

Alex Whitman (Matthew Perry), seorang arsitek muda yang menjalin hubungan satu malam dengan Isabel Fuentes (Salma Hayek) fotografer keturunan Meksiko. Setelah tiga bulan tidak bertemu, Isabel hamil dan Alex memilih menikahinya. Namun mereka harus menghadapi gesekan budaya Latin dan Amerika yang membuat rumit hubungan mereka.

3. The Secret Laughter of Women (1999)

6 Film Bertema Pernikahan Beda Kultur yang Sukses Bikin Baperimdb.com

Nimi (Nia Long) single mother yang hidup damai dalam komunitas Nigeria yang didominasi kaum perempuan. Mereka tinggal di sebuah kota pantai yang indah di Perancis Selatan. Sembari merawat putranya, Sammy (Fizzy Roberts) yang berusia 8 tahun, Nimi bekerja sebagai tukang kebun.

Suatu ketika sang nenek, Nene ingin menjodohkannya dengan pendeta bernama Fola (Ariyon Bakare). Namun, Sammy justru ingin ibunya menikah dengan Matthew (Colin Firth) komikus favoritnya yang tertarik dengan kehidupan mereka.

Baca Juga: Ini 7 Film Korea Super Romantis Sepanjang Masa yang Wajib Kamu Tonton!

4. My Big Fat Greek Wedding (2002)

6 Film Bertema Pernikahan Beda Kultur yang Sukses Bikin Baperew.com

Toula (Nia Vardalos) wanita keturunan Yunani saling jatuh cinta dengan Ian Miller (John Corbett) yang asli Amerika. Mereka berjuang untuk mendapatkan restu dari keluarga Toula yang menjunjung tinggi identitas budaya mereka. Film ini berhasil masuk nominasi 'Best Writing Screenplay' pada perhelatan Academy Awards 2003 dan berhasil meraup 368 juta dolar dari seluruh dunia.

5. Guess Who (2005)

6 Film Bertema Pernikahan Beda Kultur yang Sukses Bikin Baperwhosdatedwho.com

Dibintangi Ashton Kutcher dan Zoe Saldana, film ini bercerita tentang seorang ayah Afro-Amerika yang tak menyetujui anaknya, Theresa (Zoe Saldana) menikah dengan pria kulit putih bernama Simon (Ashton Kutcher). Namun demi cintanya pada Theresa, Simon tak patah arang, ia berusaha menyesuaikan diri dengan kebiasaan keluarga Theresa.

Film ini adalah salah satu Box Office Amerika pada tahun 2005 dengan pendapatan mencapai 101 juta dolar.

6. The Big Sick (2017)

6 Film Bertema Pernikahan Beda Kultur yang Sukses Bikin Baperhollywoodreporter.com

Kisah cinta nyata antara Kumail seorang pria keturunan Pakistan dan Emily (Zoe Kazan) wanita asli Amerika. Keduanya mengawali pertemuan di sebuah acara Stand Up Comedy, dimana Kumail adalah salah satu pengisi acara di sana. Mereka pun menjalin hubungan namun orangtua Kumail tidak merestui hubungan itu karena Emily bukan keturunan Pakistan.

Suatu ketika Emily harus menjalani perawatan di rumah sakit, Kumail pun bertemu kedua orangtua Emily. Mampukah mereka menaklukkan hati orangtua masing-masing? Film ini adalah film rom-com terbaik 2017, terbukti film tersebut berhasil masuk nominasi Academy Awards kategori 'Best Original Screenplay'. Film ini pun masuk Box Office 2017 dengan pendapatan di seluruh dunia mencapai 56 juta dolar.

Itu tadi beberapa film dengan tema pernikahan beda kultur yang sukses mengaduk-aduk perasaan. Ada yang bikin ketawa, bikin sebal bahkan menitikkan air mata. Kamu sendiri suka yang mana?

Baca Juga: 12 Film Terbaik Mendiang Paul Walker yang Wajib Kamu Tonton

Sugiadi Azhar Photo Verified Writer Sugiadi Azhar

Pejuang hidup yang bergerak lewat goresan tinta.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya