Comscore Tracker

9 Teori KDrama Mouse yang Belum Kamu Tahu, Merinding tapi Masuk Akal

Mana yang paling mungkin menurut kamu? #WaktunyaKorea

Mouse merupakan drama on going yang dibintangi Lee Seung Gi dan Lee Hee Joon. Bergenre misteri thriller, drama ini menceritakan tentang perburuan pembunuh berantai super genius yang diturunkan melalui gen.

Memasuki episode ke-8 pada 25 Maret 2021, Mouse masih tetap konsisten mengundang rasa penasaran. Banyak penonton yang melahirkan spekulasi maupun teori-teori aneh tentang karakter yang masih misterius. 

Tulisan kali ini mengandung spoiler. Jadi untuk kamu yang belum menonton, bisa ditahan dulu rasa penasarannya, ya! Berikut ini beberapa rangkuman teori drama Mouse yang bikin merinding namun masuk di akal!

1. Anak yang terlahir dengan gen psikopat berjumlah tiga orang

9 Teori KDrama Mouse yang Belum Kamu Tahu, Merinding tapi Masuk Akalmydramalist.com

Prediksi lahirnya anak dengan gen 1 persen psikopat dan 99 persen genius meresahkan semua orang. Dalam drama ini sendiri belum diketahui berapa anak yang terlahir dengan gen langka tersebut. Namun penonton berteori jumlahnya bisa mencapai tiga orang.

Salah satunya telah diungkap bernama Jae Hoon, dan dipercaya kuat sebagai anak dari pembunuh berantai, Han Seo Jun, yang dijuluki Head Hunter

2. Jung Ba Reum adalah salah satu anak yang memiliki gen psikopat, namun bukan pembunuh

9 Teori KDrama Mouse yang Belum Kamu Tahu, Merinding tapi Masuk Akalmydramalist.com

Selama ini, Jung Ba Reum diperlihatkan sebagai polisi teladan yang super baik, bahkan tergolong polos. Namun pada episode 7, ia diagnosis hilang ingatan akibat cedera kepala. Sifatnya berubah total, dan mulai menunjukan ciri-ciri psikopat.

Hal itu memunculkan teori bahwa Ba Reum merupakan salah satu dari anak-anak yang terlahir dengan gen psikopat, dan menutupi identitasnya dengan kedok polisi teladan. Namun karena hilang ingatan, sifatnya kembali ke semula.

Kalian sadar, gak, awalnya banyak yang bingung kenapa orang senaif Ba Reum bisa lolos ujian kepolisian? Mungkin memang karena Ba Reum aslinya seorang genius! 

3. Sung Yo Han bukanlah anak Head Hunter, dan kemungkinan adalah Jae Min kecil

9 Teori KDrama Mouse yang Belum Kamu Tahu, Merinding tapi Masuk Akalmydramalist.com

Selama beberapa episode, kita digiring untuk percaya bahwa Sung Yo Han adalah sosok Jae Hoon kecil. Namun, dokumen hasil tes DNA yang ia miliki menambah spekulasi bahwa dirinya bukanlah anak Head Hunter.

Lewat adegan masa kecil, bisa diasumsikan bahwa ibunya memiliki tiga anak. Jae Hoon adalah anak dari pernikahannya dengan Head Hunter. Sementara Jae Min dan Jae Yi merupakan anaknya dari pernikahan kedua.

Clue lain juga muncul lewat perkataan Yo Han pada ibunya. "Apa kamu tahu bahwa anakmu seorang pembunuh?". Kemungkinan yang ia maksud adalah anak ibunya yang 'lain'. Teori ini tidak menutup kemungkinan bahwa Sung Yo Han adalah sosok Jae Min kecil.

Baca Juga: Bikin Mikir Keras, Ini 5 Alasan Wajib Nonton Drama Korea 'Mouse'

4. Anak psikopat sebenarnya bukanlah Jae Hoon, melainkan Jae Min

9 Teori KDrama Mouse yang Belum Kamu Tahu, Merinding tapi Masuk Akalmydramalist.com

Lewat adegan flashback, Jae Hoon kecil diduga membunuh satu keluarganya kecuali sang ibu. Namun sang ayah tiri meninggal dengan cara ditusuk dari atas tangga. Saat itu terlihat jelas bahwa yang berada di atas hanyalah Jae Min.

Banyak yang berasumsi bahwa sejak kecil sebenarnya Jae Hoon hanya kelewat genius, dan berspekulasi bahwa psikopat yang sebenarnya adalah sang adik tiri, Jae Min.

5. Sung Yo Han hanyalah kambing hitam

9 Teori KDrama Mouse yang Belum Kamu Tahu, Merinding tapi Masuk Akalmydramalist.com

Semua orang setuju bahwa Sung Yo Han mencurigakan, dan mungkin sedikit psikopat. Selain itu, banyak adegan dibuat untuk meyakinkan penonton bahwa ia adalah pembunuh cerdas yang diburu Detektif Ko Moo Chi.

Namun mengapa pembunuh sepintar itu malah meninggalkan sepatu berlumuran darah sembarangan? Jika kita memperhatikan detailnya, banyak hal tentang Yo Han yang berlawan dengan kepribadian seorang psikopat genius.

Dokumen tes DNA yang ia miliki tetap menjadi kunci utama teori ini. Yo Han mengetahui banyak hal, sampai-sampai bisa mendapatkan foto TKP yang tidak dimiliki polisi. Lalu ada adegan saat Yo Han memeluk pacarnya, dan mengatakan bahwa ia merasa terjebak dan takut.

6. Jung Ba Reum adalah pelaku yang asli, dan merupakan anak kandung Head Hunter

9 Teori KDrama Mouse yang Belum Kamu Tahu, Merinding tapi Masuk Akalmydramalist.com

Teori paling populer ini meyakini bahwa Jung Ba Reum adalah anak kandung Head Hunter. Itu artinya, ia merupakan sosok Jae Hoon kecil, sekaligus pelaku pembunuhan. Dengan berpura-pura naif, Ba Reum dengan mudah masuk ke penyelidikan demi memantau pergerakan detektif tanpa dicurigai.

Teori ini juga masuk akal untuk menjelaskan insiden bocornya taktik manipulasi video penculikan. Selain itu, keberadaan Ba Reum di TKP saat kasus petugas sipir terjadi dianggap sebagai awal mula dari aksinya.

Jika diamati, penjaga sipir (Chi Kook) tersebut merupakan satu-satunya korban yang tidak dibunuh. Kasus ini tidak hanya dilakukan sebagai bagian dari permainan, namun juga ajang untuk pamer kepada ayahnya, Head Hunter, yang mendekam di penjara tersebut.

7. Jung Ba Reum menjebak Sung Yo Han dengan manipulasi bukti

9 Teori KDrama Mouse yang Belum Kamu Tahu, Merinding tapi Masuk Akalmydramalist.com

Teori ini mungkin tidak berdasar, namun jika ditarik sebuah titik temu, maka 'perburuan' ini berawal dari kasus nenek Oh Bong Yi. Bisa saja setelah mendapat pesan dari nenek Bong Yi, Ba Reum datang lebih dulu dan membunuh si nenek.

Yo Han yang tiba belakangan, otomatis menjadi saksi yang sebenarnya. Saat itu, Ba Reum gak bisa melihat dengan jelas siapa sosok yang memergoki aksinya. Yang ia tangkap hanya aroma mint dan tangan kidal.

Dengan tujuan mencari tahu identitas saksi, Ba Reum memberikan keterangan tentang pembunuh nenek Bong Yi yang bertangan kidal. Padahal, berdasarkan kesaksian Bong Yi, pembunuh aslinya tidak kidal sama sekali.

Semenjak kasus ini, tersangka yang sebelumnya samar-samar menjadi lebih jelas. Semua bukti 'dibuat' mengarah pada sosok Yo Han, termasuk saat Ba Reum 'menyinggung' soal jam tangan Chi Kook yang tiba-tiba ditemukan di TKP. Hal itu terlihat seperti Ba Reum sengaja ingin menjebak Yo Han.

Dan menurut kamu, mengapa setelah kasus ini Yo Han menyimpan foto Ba Reum di ruang bawah tanah? Apa karena Ba Reum saksi, atau karena ia tahu bahwa Ba Reum adalah pelakunya?

8. Jung Ba Reum yang sekarang bukanlah Jung Ba Reum yang asli

9 Teori KDrama Mouse yang Belum Kamu Tahu, Merinding tapi Masuk Akalmydramalist.com

Teori yang sedikit gila, tapi bukan bearti mustahil. Karakter Sung Yo Han jelas bukan pembunuh yang sebenarnya. Sementara sebagai pemeran utama, rasanya aneh jika Jung Ba Reum memerankan seorang psikopat. Harus ada twist yang masuk akal untuk dua karakter ini.

Banyak spekulasi beredar bahwa Ba Reum yang asli telah 'ditukar' dengan sosok Yo Han melalui operasi plastik.

"Apa tujuan Yo Han memukuli Ba Reum malam itu? Jika ingin membunuh Ba Reum, mengapa saat hendak ditembak polisi, Yo Han malah pasrah dan tak melarikan diri?"

Jawaban paling mungkin, karena Yo Han ingin keduanya terluka parah dan dirawat dirumah sakit yang sama. Tak ada cara lain untuk lepas dari jerat hukum selain 'meminjam wajah' Ba Reum yang dikenal sebagai polisi teladan.

Jika teori ini benar, maka tujuan Yo Han memakai wajah Ba Reum juga termasuk mencari tahu tentang identitas sang pembunuh asli, entah siapapun itu pelakunya. Jika pelakunya adalah Ba Reum, maka ia harus menyelidiki 'dirinya sendiri'

Teori ini juga mendukung alasan mengapa Ba Reum 'palsu' sangat familiar dengan aroma darah dan kematian. Terlebih jika teori tentang masa kecilnya benar.

9. Shin Sang merupakan pembunuh yang sebenarnya

9 Teori KDrama Mouse yang Belum Kamu Tahu, Merinding tapi Masuk Akalmydramalist.com

Jika Sung Yo Han bukanlah pembunuh sebenarnya, dan Jung Ba Reum memang polisi teladan, maka pembunuh yang asli bisa jadi tak ada hubungan darah dengan Head Hunter. Teori ini berkeyakinan bahwa detektif Shin Sang adalah salah satu dari tiga anak yang memiliki gen psikopat.

Petunjuk itu ditampilkan jelas dalam episode pertama, dimana istri dari seorang pimpinan politik bernama Shin Sung Min juga tengah mengandung. Selain itu, ketidakhadirannya pada saat-saat krusial patut untuk dipertanyakan.

Nah, itulah sederet teori-teori yang beredar mengenai drama Mouse. Jadikan tulisan di atas sebagai spekulasi untuk menambah sudut pandangmu saja, ya! Menurut kamu, teori mana yang paling greget?

Baca Juga: 6 KDrama Penuh Teori Rumit yang Bikin Susah Tidur, Terbaru Ada Mouse!

Yellow Submarine Photo Verified Writer Yellow Submarine

Here comes the sun, and I say it's all right

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya