Comscore Tracker

Ada 'A Tale of Two Sisters', Ini 8 Film Terbaik Sutradara Kim Jee Won

Ada film Hollywood juga lho!  

Kim Jee Won adalah seorang sutradara sekaligus penulis film dari Korea Selatan. Ia pertama kali debut di belakang layar kaca pada tahun 1998, untuk film horror-comedy yang berjudul ‘The Quiet Family’, di sini ia menulis naskah sekaligus sebagai sutradaranya. Film pertamanya ini berhasil mendapatkan penghargaan Best Live Action Film tahun 1999 di Fantasporto Festival dan mendapatkan Best Director dan Best Film di Malaga International Week of Fantastic Cinema.

Sejak itu Kim Jee Won rutin menghasilkan mahakarya yang luar biasa dan bekerja sama dengan para aktor papan atas seperti Lee Byung Hun, Choi Min Sik, Song Kang Ho dan masih banyak aktor dan aktris lainnya. Pada tahun 2013, Kim Jee Won berhasil debut di Hollywood. Ia menjadi sutradara untuk film yang dibintangi oleh Arnold Schwarzenegger di film ‘The Last Stand’.

Sepak terjang Kim Jee Won di balik layar memang luar biasa dan menghasilkan banyak film yang luar biasa baik kualitasnya. Nah, ini dia rekomendasi 8 film terbaik yang dibuat oleh Kim Jee Won.

1. A Tale of Two Sisters (2003) 

https://www.youtube.com/embed/anF5XiN8QY8

Su Mi dan Su Yeon kembali ke rumah setelah sakit yang panjang dan selalu tinggal di rumah sakit. Keadaan menjadi berbeda sejak ibunya meninggal. Kembalinya mereka disambut oleh ibu tiri mereka, Eun Joo. Su Mi sang kakak tidak takut untuk berbicara jika ada yang aneh di keluarganya. Su Yeon lebih pendiam dan takut dengan ibu tiri mereka dan selalu mencari bantuan dari Su Mi. Selalu diganggu dan disiksa oleh ibu tiri mereka, kedua saudara ini hanya bisa bertahan demi ayah mereka.

Suatu hal aneh terjadi di rumah mereka, sesuatu telah berubah dan tidak ada yang menyadari kecuali dua saudara ini yang mampu merasakannya. Sejak kepulangan pertama mereka, Su Yeon mendengar ada yang berlari di tangga, membuka pintu kamarnya, dan berjalan di kasurnya. Namun tak seorang pun berada di sana.

Film ini dibintangi oleh Kim Gab Soo, Yeom Jung Ah, Im Soo Jung, dan Moon Geun Young.

2. A Bittersweet Life (2005)  

https://www.youtube.com/embed/q5O2tfiaTxU

Kang, seorang kepala gang mencurigai kekasihnya selingkuh dan mengirimkan orang terpercayanya, Sun Woo, untuk membereskannya. Namun, tiba-tiba ia malah jatuh cinta dengan Hee Su karena sifat kemanusiaannya. Ketika Sun Wo berhasil menangkap Huei Su dengan selingkuhannya, ia tidak mampu membunuhnya dan malah membiarkan mereka pergi.

Hal ini membuat Kang marah dan menyuruh anak buahnya yang lain untuk menghabisi Sun Woo. Para bawahan Kang tidak membunuh Sun Woo seperti perintah bosnya dan hanya meninggalkan ia dengan luka parah. Saat Sun Woo sudah pulih, ia hanya memiliki pikiran untuk melakukan balas dendam.

Film ini dibintangi oleh Lee Byung Hun, Shin Min Ah, dan Kim Yeong Cheol.

3. The Good, The Bad, The Weird (2008)  

https://www.youtube.com/embed/6Tk80iXCspM

Mengisahkan tentang dua penjahat dan pemburu harta di Munchuari pada tahun 1940-an. Terjadi persaingan ketat antara mereka untuk memiliki peta harta karun. Di tengah persaingan ini mereka juga sedang menjadi incaran para tentara Jepang dan bandit-bandit dari China.

Film ini dibintangi oleh Song Kang Ho, Jung Woo Sung, dan Lee Byung Hun.

Baca Juga: Bong Joon Ho & 4 Sutradara Asia Jadi Nominasi Sutradara Terbaik Oscars

4. I Saw the Devil (2010)  

https://www.youtube.com/embed/xwWgp1bqVwE

Film yang dibintangi oleh Lee Byung dan Choi Min Shik ini menceritakan tentang Kyung Chul yang seorang psikopat yang membunuh karena kesenangan semata. Ia telah melakukan berbagai pembunuhan berantai keji dengan cara yang tidak dapat dibayangkan dan korbannya berkisar di wanita muda hingga anak-anak. Pihak kepolisian sudah mengincarnya sejak lama dan belum bisa menangkapnya.

Suatu hari, Joo Yeon, anak dari mantan kepala polisi menjadi korbannya dan ditemukan meninggal dengan cara yang mengenaskan. Tunangannya, Soo Hyun, adalah seorang agen rahasia dan memutuskan untuk mencari pembunuh ini. Ia berjanji pada dirinya sendiri untuk melakukan apa pun demi menangkap pembunuh ini meskipun ia harus menjadi monster.

5. Doomsday Book (2012)  

https://www.youtube.com/embed/JIS9phSCdQI

Film ini menceritakan tentang cara mengakhiri dunia dengan 3 cara yang berbeda. Pertama adalah menceritakan tentang robot yang lebih berguna dibandingkan manusia. Bahkan robot-robot ini lebih religius dari para manusia dan mulai memberikan pencerahan di kuil-kuil. Tapi, salah satu perusahaan yang membuat robot ini sadar bahwa robot-robot ini menjadi ancaman bagi manusia dan memutuskan untuk membongkar robot-robot ini.

Cerita kedua ini menceritakan tentang bagaimana tiba-tiba kota diserang oleh virus misterius. Semua jalanan di kota kini dipenuhi dengan zombie. Sedangkan cerita ketiga mengisahkan bahwa bumi ini akan ditabrak oleh meteor raksasa yang bisa menghancurkan bumi seketika juga.

Film ini dibintangi banyak artis ternama seperti Bae Doo Na, Ryu Seung Beom, Go Joon Hee, Kim Kang Woo, dan Kim Gyu Ri.

6. The Last Stand (2013)  

https://www.youtube.com/embed/qUFGVlE1GNQ

Film ini menjadi film debut Hollywood dari Sutradara Kim Jee Won. Dibintangi oleh Arnold Schwarzenegger, Johnny Knoxville, Forest Whitaker dan masih banyak artis lainnya.

Mengisahkan tentang mafia narkoba internasional yang kabur dari FBI bahkan membunuh polisi yang menghalanginya. Mafia ini menuju Sommerton Junction yang kebetulan menjadi tempat Owens, polisi yang sedang ingin beristirahat berada. Merasa bertanggung jawab, Owens pun berusaha menangkap kelompok mafia ini meskipun sulit karena mafia ini memiliki persenjataan yang sangat lengkap.

7. The Age of Shadow (2016)  

https://www.youtube.com/embed/zoYsQcGV4b4

Lee Jung Chul dulu memiliki peranan dalam kemerdekaan Korea, namun sekarang ia bekerja untuk kepolisian Jepang. Ia mendapatkan tugas untuk menghabisi pimpinan dari Heroic Corps, sebuah organisasi anti Jepang. Ia mulai mempertanyakan dirinya sendiri ketika mengejar Kim Jan Ok, seorang pejuang kunci yang juga teman sekelasnya dulu padahal ia ingin mempertahankan posisinya di pihak polisi Jepang.

Lalu Lee bertemu dengan Kim Woo Jin, yang ia curigai sebagai pimpinan daerah dari grup dan pemiliki toko antik yang menjadi tempat penyelundupan bahan peledak dari Shanghai ke Seoul. Keduanya sadar akan identitas masing-masing dan tujuan masing-masing, tapi mereka semakin dekat untuk mendapatkan lebih banyak informasi. Bingung karena kesetiaan atau tugas, Lee tau ia bisa menjadi sekutu atau penghianat di kedua sisi.

Film ini akan mempertemukan Song Kang Ho, Gong Yoo, Lee Byung Hun, Han Ji Min dan aktor lainnya.

8. Illang: The Wolf Brigade (2018) 

https://www.youtube.com/embed/yDrMQyzy3WQ

Film ini dibintangi oleh Kang Dong Won, Han Hyo Joo, Jung Woo Sung, Kim Mu Yeol, Minho SHINee dan Han Ye Ri. Pada tahun 2029, setelah Korea Utara dan Selata memutuskan untuk membuat rencana 5 tahun dalam menyatukan negara tersebut, mendapat sanksi keras dari berbagai negara kuat di dunia menyebabkan kelumpuhan ekonomi dan periode kekacauan yang mengerikan. Muncul juga kelompok anti pemerintah yang menolak reunifikasi bernama The Sect. Presiden pun memutuskan untuk membentuk divisi kepolisian baru yang disebut sebagai Unit Khusus.

Namun, Badan Intelijen Keamanan Publik melihat bahwa pengaruhnya menurun dan ingin memusnahkan Unit Khusus. Di tengah pergulatan hebat antara dua institusi yang kuat ini, rumor muncul tentang ‘Wolf Brigade’ atau Brigade Serigala yang sedang dibentuk di dalam Unit Khusus. Sebuah senjata manusia yang disebut serigala ‘Illang’.

Nah, ini dia 8 film yang dibuat oleh Sutradara Kim Jee Won baik sekaligus sebagai penulis atau pun tidak. Semua film ini mendapatkan sambutan yang baik dari pecinta film. Kalau kalian apakah sudah menonton semua filmnya?

Baca Juga: Selain 'Stranger 2', Ini 6 KDrama Terbaik Sutradara Park Hyun Suk

Tika Insani Photo Verified Writer Tika Insani

http://www.tikbookholic.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya