Comscore Tracker

5 Idol Group Korea Ini Resmi Bubar Pada Tahun 2018

#Replay2018 Sukses selalu untuk semuanya

Tahun 2018 dihiasi dengan banyaknya idol group pendatang baru yang debut. Mulai dari Stray Kids, (G)I-DLE, LOONA, GWSN, JBJ95 dan masih banyak lagi. Industri musik Korea yang sudah padat pun semakin ramai.

Namun, dengan banyaknya idol group baru yang bermunculan, ada juga idol group yang resmi bubar tahun ini. Alasan pembubaran yang paling umum adalah memang karena kontrak sebagai group telah berakhir. Namun ada juga yang harus bubar karena beberapa masalah dan memang nampaknya idol group tersebut tidak bisa melanjutkan karirnya meskipun kontrak mereka belum berakhir.

Di antara banyak idol group yang bubar tahun 2018, berikut 5 idol group yang beberapa waktu lalu sudah resmi tidak bersama.

1. TAHITI

5 Idol Group Korea Ini Resmi Bubar Pada Tahun 2018Twitter.com/@Jline_Tahiti

Mungkin tak banyak penggemar KPop yang tahu tentang girlgroup yang satu ini. Padahal mereka sudah debut cukup lama lho. TAHITI debut pada tahun 2012. 

Mereka mengalami pergantian anggota yang cukup banyak sebelum akhirnya memiliki formasi lima orang. TAHITI berada di bawah naungan JLine Entertainment dan resmi bubar pada bulan Juli tahun 2018 ini.

Saat itu, salah seorang anggota TAHITI, Jerry, mengumumkan pembubaran grup mereka lewat sebuah unggahan di akun Instagram pribadinya. Jerry menulis pengumuman pembubaran TAHITI tersebut dalam bahasa Korea, Jepang, dan Inggris.

Dalam unggahan tersebut, Jerry mengungkapkan bahwa setelah berdiskusi, para anggota TAHITI dan agensi tempat mereka bernaung memutuskan untuk membubarkan girlgroup tersebut. Jerry menulis bahwa sudah dua tahun TAHITI tidak merilis album dan mereka hanya tampil di Jepang dan melakukan beberapa kegiatan di luar negeri.

Jerry meminta maaf kepada para penggemar karena TAHITI harus bubar dan tidak bisa berpromosi lagi. Jerry juga mengatakan tak akan melupakan dukungan dari para penggemar selama ia aktif sebagai anggota dari TAHITI. Ia menuliskan bahwa ia akan berusaha untuk tetap menjadi penyanyi entah dengan nama Sohyeon atau Jerry. Kamu bisa melihat unggahan Jerry tersebut di bawah ini.

2. JBJ

5 Idol Group Korea Ini Resmi Bubar Pada Tahun 2018Twitter.com/@JBJofficial787

JBJ alias Just Be Joyful adalah project group yang beranggotakan enam orang peserta dari acara Produce 101 musim kedua yang tidak masuk ke final line up.

Anggota dari boygroup ini yaitu Kwon Hyunbin, Roh Taehyun, Kim Donghan, Takada Kenta, Kim Sanggyun, dan Kim Yongguk (Jin Longguo). JBJ memulai debutnya pada bulan Oktober tahun 2017 lalu. 

Meskipun hanya aktif dalam waktu yang singkat, JBJ memiliki penggemar yang cukup banyak. Mereka bahkan memenangkan tropi dalam salah satu acara musik, Music Bank, untuk lagu berjudul "My Flower."

Mereka memiliki kontrak sekitar 7 bulan dan resmi bubar pada bulan April tahun 2018 ini. Sebelum resmi bubar, JBJ mengadakan konser perpisahan dengan para penggemar. Akun resmi media sosial mereka pun masih aktif hingga sekarang. Akun tersebut sengaja tetap diaktifkan agar para penggemar yang ingin melihat kembali kenangan bersama JBJ dapat berkunjung.

Kini anggota JBJ telah kembali ke agensi mereka masing-masing. Roh Taehyun kembali bersama teman-temannya dalam boygroup HOTSHOT, Kwon Hyunbin masih bergelut di bidang model dan merambah ke bidang hiburan lainnya, Kim Donghan dan Kim Yongguk melanjutkan karir sebagai penyanyi solo, sedangkan Takada Kenta dan Kim Sanggyun membentuk duo dan berpromosi dengan nama "JBJ95." 

Baca Juga: Bubar di Akhir Tahun, Yuk Napak Tilas Perjalanan Karier Wanna One!

3. Fiestar

5 Idol Group Korea Ini Resmi Bubar Pada Tahun 2018Instagram.com/@yeziyaziiii

Girlgroup ini debut pada tahun 2012 di bawah naungan LOEN Entertainment. Mereka debut dengan formasi enam orang anggota dan berubah menjadi lima orang anggota pada tahun 2014.

Anggota dari Fiestar yaitu Cao Lu, Yezi, Linzy, Jei, dan Hyemi. Pada bulan April tahun 2018 ini kontrak para anggota dengan agensi mereka berakhir. Hanya Cao Lu yang masih terikat kontrak hingga bulan Mei. Para anggota Fiestar memutuskan untuk tidak memperpanjang kontrak mereka dengan agensi.

Kini, seluruh mantan anggota Fiestar telah merintis karir mereka masing-masing. Walaupun tidak satu grup lagi, Cao Lu dan yang lainnya masih saling berhubungan dan sesekali bertemu sapa.

4. RAINZ

5 Idol Group Korea Ini Resmi Bubar Pada Tahun 2018Twitter.com/@RAINZ_Official

Selain JBJ, Rainz adalah project group lain yang terbentuk dari para peserta Produce 101 musim kedua yang tidak lolos ke final group. Rainz debut di bawah naungan KISS Entertainment dan aktif melakukan promosi di Korea dan Jepang.

Boygroup ini memiliki tujuh orang anggota yaitu Kim Seongri, Jang Daehyun, Byun Hyunmin, Hong Eunki, Lee Kiwon, Ju Wontak, dan Seo Sunghyuk. Mereka melakukan debutnya pada tanggal 12 bulan Oktober tahun 2017 dengan lagu berjudul "Juliette."

Rainz resmi bubar pada tanggal 28 Oktober 2018 lalu. Mereka mengucapkan salam perpisahan lewat sebuah cuitan pada akun Twitter resmi mereka. Dalam cuitan tersebut Rainz mengungkapkan rasa sayang mereka kepada para Rainzer (sebutan untuk penggemar Rainz) lewat sebuah foto.

Bersama foto tersebut disertakan satu foto lainnya yang merupakan foto para anggota Rainz. Mereka juga menuliskan tagar yang berisikan pesan perpisahan: "Rainzer, mari bertemu lagi di hari ketika hujan turun." dalam bahasa Korea.

5. Stellar

5 Idol Group Korea Ini Resmi Bubar Pada Tahun 2018soompi.com

Girlgroup yang pernah menjadi kontroversi karena konsep mereka yang kelewat seksi ini resmi bubar pada bulan Februari tahun 2018. Stellar memutuskan untuk tidak memperpanjang kontrak mereka dengan agensi tempat mereka bernaung. Seperti dilansir dari laman soompi.com. Para anggota dan mantan anggota Stellar (Gayoung dan Jeonyul) menyampaikan sendiri berita tersebut kepada para penggemar ketika mereka menggelar sebuah acara fan meeting. 

Stellar debut pada tahun 2011 dan telah mengalami pergantian anggota selama beberapa kali. Mereka mendapat banyak perhatian publik karena konsep mereka yang terlalu terbuka dalam lagu "Marionette."

Baru-baru ini, mantan anggota Stellar, Gayoung menyatakan dalam sebuah wawancara bahwa agensi lah yang telah memaksa para anggota Stellar untuk berpakaian sangat terbuka. Para anggota sendiri tidak menyukai konsep tersebut. Banyak juga rumor tak sedap akibat hal tersebut.

Ketika ditanya apakah ia akan kembali menjadi anggota Stellar jika kembali ke masa lalu, dengan menitikka air mata, Gayoung berkata bahwa ia tidak ingin menjadi anggota Stellar jika ia dapat mengulang waktu.

Walaupun diterpa banyak permasalahan, namun para mantan anggota Stellar masih saling berhubungan.

Selain 5 idol grup di atas, masih ada beberapa grup lain yang bubar tahun ini. Salah satunya Wanna One yang akan resmi bubar pada 31 Desember nanti. Kita doakan semoga semuanya sukses, ya!

Baca Juga: 10 Idol KPop Ini Sempat Tak Mendapat Dukungan Keluarga Saat Berkarier

Vio N. Photo Verified Writer Vio N.

Menyukai aroma toko buku dan makanan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya