Comscore Tracker

5 Anime dengan Skor Terendah di MyAnimeList, Seburuk itu?

Ada yang pernah kamu tonton?

Bagi para penggemar anime, situs MyAnimeList sering digunakan untuk mencari rekomendasi anime-anime yang seru untuk ditonton. Para penggemar di situs ini pun bisa turut merekomendasikan anime favorit mereka dan memberikan skor agar peringkat dari anime tersebut bisa naik. Jika kita mencari di bagian Top Anime, beberapa judul anime populer pun akan muncul lengkap dengan skor dan peringkatnya.

Kali ini, kita tidak akan membahas serial anime terbaik versi MyAnimeList nih. Jika ada anime yang memiliki skor tertinggi, tentu juga ada anime dengan skor terendah. Nah, kelima anime yang akan penulis ulas kali ini memiliki skor paling rendah di antara ribuan anime di situs ini. Apakah kamu juga penasaran dengan anime yang memiliki skor paling rendah di situs MyAnimeList? Kalau begitu, yuk, kita ulas selengkapnya!

1. Pupa

https://www.youtube.com/embed/vWNY76Ajuo8

Anime Pupa yang digarap oleh Studio Deen menjadi salah satu serial anime yang memiliki skor rendah di MyAnimeList. Di situs ini sendiri, Pupa meraih peringkat 12.406 dengan perolehan skor 3,34. Anime ini merupakan adaptasi dari manga berjudul serupa karya Sayaka Mogi yang rilis ada 10 Januari 2014.

Pupa sendiri memiliki genre body horror sehingga agak eksplisit bagi sebagian penonton, nih. Anime yang memiliki total dua belas episode ini menceritakan tentang dua orang kakak beradik bernama Utsutsu dan Yume Hasegawa. Sang adik, Yume, ternyata terinfeksi sebuah virus misterius bernama Pupa yang membuatnya menjadi seorang monster pemakan manusia. Di sisi lain, Utsutsu mendapatkan kemampuan regenerasi yang luar biasa ketika tubuhnya terluka. Karena kasih sayangnya kepada Yume, Utsutsu kemudian mengorbankan dirinya untuk memuaskan rasa lapar sang adik.

2. Vampire Holmes

5 Anime dengan Skor Terendah di MyAnimeList, Seburuk itu?Holmes (dok. Studio! Cucuri/Vampire Holmes)

Bertengger di peringkat 12.047, serial anime Vampire Holmes memiliki skor yang sama dengan Pupa, yakni 3,34. Anime bergenre mystery comedy ini dirilis pada 4 April 2015 dengan porsi dua belas episode dan digarap oleh Studio! Cucuri.

Dari segi cerita, Vampire Holmes memiliki premis yang cukup menarik, nih, yaitu menggabungkan tema detektif dengan pemburuan vampir. Detektif yang menjadi karakter utama dalam anime ini pun terinspirasi dari karakter detektif fiksi terkenal, yakni Sherlock Holmes. Sayangnya, alur cerita yang membosankan dan animasi yang kaku membuat anime berdurasi 3 menit ini belum bisa memuaskan beberapa penonton dan berakhir mendapatkan skor rendah.

Baca Juga: 5 Anime Terbaik Studio Ghibli dengan Visual Paling Memanjakan Mata

3. Forest Fairy Five

5 Anime dengan Skor Terendah di MyAnimeList, Seburuk itu?Forest Fairy Five (dok. Crunchyroll/Forest Fairy Five)

Anime selanjutnya dengan skor terendah di MyAnimeList adalah Forest Fairy Five. Dirilis pada 6 Januari 2017, anime bergenre fantasy comedy ini hanya mampu meraih peringkat 12.049 dengan perolehan skor 3,31 saja. 

Memiliki total tiga belas episode, anime Forest Fairy Five ini memiliki desain dan animasi yang lebih mirip dengan video game ketimbang anime pada umumnya. Selain efek CGI yang terbilang buruk, anime ini juga memiliki alur cerita yang tidak masuk akal bagi sebagian penonton. Forest Fairy Five menyajikan cerita saat anime sesungguhnya nyata dan hidup berdampingan dengan manusia.

4. Ladyspo

5 Anime dengan Skor Terendah di MyAnimeList, Seburuk itu?Arigetti, Korupi, dan Sabina (dok. Brio Animation/Ladyspo)

Ladyspo atau juga dikenal dengan judul Lady Sport yang dirilis pada 10 April 2018 ini menggabungkan genre action, comedy, dan sci-fi dalam satu cerita. Anime garapan BRIO Animation ini rupanya mendapatkan peringkat serta skor yang cukup rendah di MyAnimeList, yaitu peringkat 12.052 dengan perolehan skor 3,28. 

Ladyspo menceritakan tentang tiga orang perempuan bernama Arigetti, Korupi, dan Sabina yang mengikuti acara olahraga. Meski anime ini memiliki desain karakter yang cukup menarik, animasi dalam anime ini justru dibuat dengan buruk. Anime berdurasi 3 menit ini dibuat hanya menampilkan gambar diam yang akan berganti di setiap adegannya, sementara percakapan antar karakter dinarasikan dalam bentuk pop-up di bagian pojok gambar. Gak mengherankan jika para penonton beranggapan menonton anime ini memiliki sensasi yang sama dengan melihat presentasi PowerPoint.

5. Ex-Arm

https://www.youtube.com/embed/0jCPQe9g-TE

Anime dengan skor terendah di situs MyAnimeList jatuh kepada anime Ex-Arm. Anime ini bukan menjadi yang terendah karena alur cerita, melainkan karena animasinya yang bagi sebagian besar penonton dinilai buruk. Alhasil, anime Ex-Arm meraih peringkat 12.067 dengan perolehan skor 2,96 di situs ini.

Meski alur cerita dalam anime Ex-Arm terbilang menarik dan menggaet banyak pembaca untuk versi manganya, penerapan desain dua dimensi dan tiga dimensi oleh studio Visual Flight dalam anime ini menjadi masalah yang membuat penonton gagal fokus. Karakter utama yang dibuat secara tiga dimensi, sementara karakter sampingan dibuat dengan dua dimensi sehingga menciptakan ketidakseimbangan yang cukup terlihat. 

Nah, kelima anime di atas adalah deretan serial anime dengan skor terendah di situs MyAnimeList. Meski menjadi yang terendah di situs ini, bukan berarti kelima anime ini bisa dibilang buruk banget. MyAnimeList memang menjadi situs yang sering digunakan sebagai referensi para penonton anime, tetapi situs ini menampilkan berdasarkan pilihan para pengguna situs dan bisa bersifat bias ke anime tertentu. Singkatnya, jika suatu anime di MyAnimeList memiliki pengikut yang banyak dan cukup loyal untuk memberikan ulasan bagus, anime tersebut akan selalu berada di peringkat yang tinggi. 

Jadi bagi penulis, baik atau buruknya anime hanya bisa ditentukan oleh masing-masing penonton. Bagaimana pendapatmu tentang kelima anime di atas? Share pendapatmu kepada pembaca lainnya di kolom komentar, ya!

Baca Juga: [REVIEW] My Hero Academia: World Heroes' Mission—Teror dari Humarise

Trisnaynt Photo Verified Writer Trisnaynt

Just go with the flow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya