Comscore Tracker

6 Tempat di Film A Whisker Away yang Ada di Dunia Nyata

Terinspirasi dari salah satu kota di Jepang!

A Whisker Away merupakan salah satu film anime buatan Studio Colorido yang rilis pada tanggal 18 Juni 2020 lalu. Anime yang menceritakan tentang kisah cinta remaja dan misteri dunia kucing ini memiliki alur cerita yang begitu menarik dan unik sehingga banyak penonton merasa puas setelah menonton film ini.

Namun tak hanya unggul dari segi cerita, desain grafis dalam film ini juga sangat indah dan terinspirasi dari satu kota di Jepang, lho. Film A Whisker Away ini rupanya mengambil kota Tokoname di Prefektur Aichi sebagai inspirasi dalam pembuatan latar film. Oleh karena itu, beberapa tempat di anime ini bisa banget nih dikunjungi sebagai tempat wisata. Penasaran? Yuk, kita simak di bawah!

1. Dokanzaka

6 Tempat di Film A Whisker Away yang Ada di Dunia NyataDokanzaka (dok. Studio Colorido/A Whisker Away)

Dalam film A Whisker Away, ada banyak adegan di mana penonton akan melihat jalan setapak dengan keramik yang disusun di sisi jalannya. Yup, tempat ini adalah Clay Pipe Hill atau Dokanzaka. 

Keramik-keramik yang dibuat dari periode Meiji dan periode awal Showa disusun untuk menutupi tembok yang ada di sana. Penyusunannya tampak begitu artistik bagi siapa pun yang melewati kawasan ini.

2. Jembatan Ichiki

6 Tempat di Film A Whisker Away yang Ada di Dunia NyataJembatan Ichiki (dok. Studio Colorido/A Whisker Away)

Untuk pergi ke rumah Hinode, Muge berkali-kali melewati sebuah jembatan yang memiliki jalan yang menanjak. Jembatan tersebut rupanya adalah jembatan Ichiki di Tokoname yang dibuat pada tahun 1921. Menjadi penghubung antara Sakae-machi dan Togo-cho, Jembatan Ichiki ini jadi salah satu tempat yang harus dikunjungi bagi para pencinta film A Whisker Away

3. Nobori-gama

6 Tempat di Film A Whisker Away yang Ada di Dunia NyataNobori-gama (dok. Studio Colorido/A Whisker Away)

Masih ingat dengan tempat pertemuan Muge dengan Hinode? Tempat ini adalah tempat nyata di Tokoname, yaitu Nobori-gama atau Climbing Kiln. Beroperasi mulai tahun 1887 hingga 1974, tempat ini merupakan situs modernisasi industri dan menjadi tempat panjat tebing terbesar di Jepang.

Gak jauh dari tempat ini, pengunjung juga bisa menikmati spot lainnya, yaitu Climbing Kiln Square yang juga menjadi latar adegan dalam film. Tempat ini memang cukup unik dengan banyaknya tembok yang dihiasi dengan mozaik yang cantik.

Baca Juga: [REVIEW] A Whisker Away—Memahami Perasaan dari Sudut Pandang Kucing

4. Stasiun Tokoname

6 Tempat di Film A Whisker Away yang Ada di Dunia NyataStasiun Tokoname (dok. Studio Colorido/A Whisker Away)

Stasiun Tokoname pun tak luput menjadi latar dalam film dan diperlihatkan dalam adegan di mana Hinode berusaha mencari Muge yang hilang. Detail yang ditawarkan juga mirip banget nih dengan lokasi aslinya. Stasiun ini terletak di Koiehon-machi dan cukup strategis karena berdekatan dengan banyak penginapan dan Bandara Internasional Centrair Chubu.

5. Taman Hojo

6 Tempat di Film A Whisker Away yang Ada di Dunia NyataTaman Hojo (dok. Studio Colorido/A Whisker Away)

Dalam film, adegan di mana Muge berbicara dengan Kinako juga diambil dari tempat nyata di Tokoname. Tempat ini adalah Taman Hojo, yang terletak sekitar 1,2 kilometer dari Stasiun Tokoname. 

Taman ini aslinya memiliki banyak pohon ceri, nih. Jadi tak heran jika taman ini paling cocok dikunjungi ketika musim semi agar bisa melihat hamparan cherry blossom di sepanjang taman.

6. SMA Tokoname

6 Tempat di Film A Whisker Away yang Ada di Dunia NyataSMA Tokoname (dok. Studio Colorido/A Whisker Away)

Meski dalam film Muge dan Hinode merupakan siswa SMP, latar tempat yang menjadi inspirasi dalam pembuatan sekolah sebenarnya adalah SMA Tokoname. Sekolah ini terletak di Kanayama, Tokoname dan berdekatan dengan Tokonameshi Gymnastics.

Menjadi inspirasi nyata dalam pembuatan film, SMA Tokoname pun mulai dari bagian depan gerbang, bangunan, hingga jalan di sekitar sekolah memang terlihat sangat mirip dengan yang penonton lihat di film A Whisker Away.

Nah itu dia enam tempat nyata di Tokoname yang bisa dikunjungi oleh pencinta film A Whisker Away. Selain tempat-tempat di atas, menelusuri kota Tokoname secara menyeluruh juga direkomendasikan karena penggemar bisa melihat banyak tempat lainnya di film yang juga terinspirasi dari berbagai sudut di kota ini. Apakah kamu tertarik mengunjungi Kota Tokoname yang menjadi inspirasi film A Whisker Away?

Baca Juga: 5 Pesan dari Film A Whisker Away, Senyum Palsu Hingga Berani Jujur

Trisnaynt Photo Verified Writer Trisnaynt

Balinese

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya