Comscore Tracker

Kisah Kasih di Balik "November Rain", Lagu Epik Guns N' Roses

Ibarat cinta bertepuk sebelah tangan

IDN Times, Jakarta – Gerimis yang mulai rajin menyapa Jakarta di bulan November bakal jadi latar yang pas untuk salah satu lagu hit Guns N’ Roses, “November Rain”. Grup musik rock asal Los Angeles, California, AS itu bakal menghentak Stadion Utama Gelora Bung Karno di kawasan Senayan, Kamis, 8 November 2018.

“Ini akan menjadi konser besar dan luar biasa,” kata Dale Skjerseth, manajer produksi tur “Not In This Lifetime” yang menjadi kemasan tur GNR kali ini, kepada media di Jakarta (7/11). Konser di Jakarta mengawali tur mereka di kawasan Asia.

GNR yang pernah disebut “band paling berbahaya” di dunia karena polah hidup personilnya, akan tampil dengan formasi inti cukup lengkap. Trio Axl Rose (vokalis utama dan pianis), Duff McKagan (bass) dan Slash (gitaris utama) yang membentuk jiwa lagu-lagu GNR dipastikan memuaskan dahaga para penggemar fanatiknya.

Mumpung bulan konsernya pas, sebelum menikmati konser megah Guns N' Roses ini, IDN Times mau berbagi fakta unik tentang lagu “November Rain”.

1.”November Rain” dianggap sebagai lagu balada rock terbaik

Kisah Kasih di Balik November Rain, Lagu Epik Guns N' RosesNBC Connecticut

Kita boleh berdebat soal lagu rock terbaik. Namanya juga selera musik. Tapi bagi fans GNR, tentu sepakat “November Rain” adalah masterpiece, alias lagu bintang GNR. Menurut mtvnews.com, Axl Rose mulai menggarap lagu ini sejak 1983, sebelum dia bergabung dengan GNR. 

Butuh waktu cukup lama sampai lagu dengan panjang 10 menitan ini dirilis sebagai single. Versi demonya, yang hanya menampilkan Axl dengan piano dirampungkan tahun 1986 dalam sebuah sesi di Sound City, ketika GNR mengerjakan “Appetite for Destruction”, album debut GNR yang meluncur ke publik pada 21 Juli 1987.

Lagu ini resmi dirilis dalam album studio ketiga GNR, “Use Your Illussion I, pada September 1991. Axl dan GNR kemudian menjadikan lagu ini sebagai andalan pada setiap konsernya.

2. Video “November Rain” dianggap epik dan lumayan mahal lho biayanya

https://www.youtube.com/embed/8SbUC-UaAxE

Semua penyanyi dan band pasti menganggap lagu ciptaannya dibuat dengan hati.  Buat Axl dan GNR juga. Tapi, untuk “November Rain” mereka investasi lebih serius di proses pembuatan video.  Kalian sudah nonton 'kan? Epik.

Saat video itu pertama kali ditayangkan di MTV pada 1992, video lagu tersebut dicatat sebagai video musik dengan biaya termahal.  Menurut laporan MTV, biayanya sekitar US$ 1,5 juta dolar AS. Ongkos paling mahal? Buat bangun kapel di tengah gurun. Kapel itu digunakan untuk adegan pernikahan Axl Rose dengan perempuan yang diperankan oleh Stephanie Seymour, seorang model.

Video “November Rain” disutradarai oleh Andy Morahan.  Dia juga menyutradarai dua klip video GNR, “Don’t Cry” dan “Estranged”.   Sejumlah video klip bintang lain yang dikerjakan Morahan termasuk video Michael Jackson, George Michael, Bryan Adams sampai Van Halen.

Baca Juga: Gebrak Jakarta, Guns N' Roses Bawa 50 Kru dan Peralatan 40 Ton! 

3. Axl Rose sedang pacaran dengan cewek di video “November Rain”

Kisah Kasih di Balik November Rain, Lagu Epik Guns N' RosesInstagram/official_axlrose

Cewek yang jadi pengantin di video itu, Stephanie Seymour, memang sedang pacaran dengan Axl Rose saat video itu dibuat. Pantesan videonya keren ya, istilah anak zaman sekarang, ada “chemistry”nya.

Axl Rose mengklaim mereka tunangan. Tapi ini dibantah sama Seymour. Mereka putus tahun 1993, dan sempat saling tuding. Publik saat itu disuguhi drama pasangan selebriti ini.

Seymour juga tampil di video klip “Don’t Cry”, lagu andalan GNR lainnya. Ini salah satu lagu favorit saya, selain “November Rain” tentunya.

Dalam berbagai publikasi juga disebutkan bahwa lagu ini mewakili kisah hidup Axl Rose dengan Erin Everly, model kondang yang pernah menjadi istrinya selama sembila bulan saja.

4. GNR memboyong 1.500 penonton dan sewa teater saat bikin video “November Rain”

Kisah Kasih di Balik November Rain, Lagu Epik Guns N' Rosestimeout.com

Kapel cantik di gurun pasir pasti mahal. Gak cuma itu keseriusan GNR membuat video ini. Adegan konsernya nyata. Mereka menyewa sebuah gedung pertunjukan di Los Angeles dan memboyong 1.500an orang untuk jadi penonton konser. GNR benar-benar memainkan lagu itu secara lengkap, bukan sekadar lip-synching.

5. “November Rain” adalah lagu rock terpanjang pertama yang masuk Billboard 10

Kisah Kasih di Balik November Rain, Lagu Epik Guns N' RosesAlternative Nation

Setelah melalui proses rekaman yang cukup lama, dengan berbagai versinya, “November Rain” melejit setelah menjadi andalan dalam album “Use Your Illussion I”. Pada 18 Februari 1992, “November Rain” diluncurkan sebagai single utuh dan langsung menduduki peringkat ke-3 dalam US Billboard Hot 100 dan menjadi hit peringkat ke-4 di Inggris.  Lagu ini juga menjadi lagu dengan durasi terpanjang pertama yang masuk dalam peringkat Hot 100.

Axl Rose pernah bilang, lagu ini menceritakan situasi ibarat cinta yang bertepuk sebelah tangan. Gak gampang. Seperti menyalakan lilin di tengah hujan di bulan November. Ya, mati lah.

Siapa di antara kalian yang pernah mengalami situasi ini?

Baca Juga: Ini Lagu Guns N' Roses yang Paling Disukai Presiden Jokowi 

Topic:

  • Ernia Karina

Just For You