Comscore Tracker

Perbandingan Prestasi 9 Nominasi Best Picture Oscar, Mana Jagoanmu?

#Oscars Parasite, Joker, atau 1917?

Ajang penghargaan perfilman paling bergengsi di dunia, Academy Awards atau Oscars, siap digelar pada 10 Februari mendatang di Los Angeles. Sebanyak 24 piala siap dibagikan sebagai bentuk apresiasi kepada para pelaku di industri perfilman. Termasuk satu nominasi yang paling membuat penasaran yaitu Best Picture alias Film Terbaik.

Ada sembilan judul film yang masuk dalam nominasi Best Picture untuk Oscars 2020. Jika menengok kembali prestasi dari sembilan film tersebut, manakah yang paling berpeluang besar untuk menang? Simak daftar lengkapnya berikut!

1. Film biopik punya sejarah prestasi yang gemilang di Oscars, akankah Ford v Ferrari juga berjaya?

https://www.youtube.com/embed/zyYgDtY2AMY

Film bertemakan sport-drama garapan James Mangold ini bercerita tentang sejarah persaingan Ford dan Ferrari dalam dunia balap di era 60-an. Sepanjang penayangannya di seluruh dunia, Ford v Ferrari mendapat tanggapan positif dari para kritikus.

Film ini berhasil meraih lebih 18 kemenangan dari lebih dari 30 nominasi di berbagai ajang, termasuk yang bergengsi seperti Screen Actors Guild Award, Critic's Choice Movie Awards, dan British Academy Film Awards. Pencapaian terbesar dari Ford v Ferrari adalah ketika film ini menyapu tiga kemenangan sekaligus di Hollywood Film Awards untuk kategori Sutradara Terbaik, Editor Terbaik, dan Sound Terbaik.

2. Nama besar Martin Scorsese dipertaruhkan, The Irishman disebut menjadi salah satu kandidat kuat

https://www.youtube.com/embed/WHXxVmeGQUc

Martin Scorsese merupakan nama mahal dalam dunia perfilman Hollywood. Sebanyak 10 judul film karyanya pernah masuk nominasi di Oscars, termasuk satu kemenangan Sutradara Terbaik untuk film The Departed (2006).

Karya terbaru Martin, The Irishman, sudah meraih 46 kemenangan dari total 256 nominasi dari berbagai ajang kelas dunia. Pencapaian terbesarnya adalah kemenangan Best Acting Ensemble di Critic's Choice Movie Awards dan Film Terbaik di San Diego Film Critics Society.

3. Tak mendunia namun tetap berprestasi, Jojo Rabbit meraih beragam komentar dari kritikus

https://www.youtube.com/embed/tL4McUzXfFI

Jojo Rabbit karya Taika Waititi pertama kali menjadi perbincangan hangat setelah meraih piala Grolsch People's Choice Award alias film yang paling banyak difavoritkan oleh audience di ajang Toronto International Film Festival. Meski hanya ditayangkan secara terbatas di Amerika Serikat dan sejumlah festival film, Jojo Rabbit tetap mampu mendapat review positif dari para kritikus.

Termasuk kemenangan di TIFF, film ini sudah membawa pulang sembilan piala dari lebih dari 30 nominasi dari beragam ajang penghargaan dan festival film kelas internasional.

4. Film rating dewasa tersukses sekaligus paling kontroversial, Joker sudah mengantongi puluhan penghargaan bergengsi

https://www.youtube.com/embed/zAGVQLHvwOY

Dengan total perolehan 11 nominasi, Joker menjadi film paling berjaya di Academy Awards 2020. Namun bukan itu saja prestasi yang sudah diraih oleh film besutan sutradara Todd Phillips ini.

Sebanyak 51 kemenangan dari 179 nominasi telah diraih oleh Joker. Sang aktor utama, Joaquin Phoenix bahkan sudah menyapu piala nominasi Aktor Terbaik dari berbagai ajang bergengsi, termasuk Golden Globe, Critics' Choice Movie Awards, Hollywood Critics Association, dan Screen Actors Guild Awards.

Baca Juga: 10 Film Keren Hollywood yang Gagal Masuk Nominasi Oscar, Sedih!

5. Adaptasi karya Greta Gerwig yang banyak dipuji, Little Women juga layak dipertaruhkan

https://www.youtube.com/embed/AST2-4db4ic

Sebanyak 36 piala sudah dikantongi oleh Little Women dari berbagai ajang penghargaan, festival film, dan asosiasi kritik di seluruh dunia. Penghargaan terbanyak adalah kategori Naskah Adaptasi Terbaik yang diraih oleh Greta Gerwig sebagai sutradara sekaligus penulis skenario.

Di Academy Awards sendiri, Little Women meraih enam nominasi. Sebuah pencapaian yang konsisten dari Greta yang film debutnya, Lady Bird, meraih 5 nominasi dari Oscar pada tahun 2017.

6. Menjadi film Netflix yang meraih penghargaan terbanyak di 2019, Marriage Story punya keunikan tersendiri

https://www.youtube.com/embed/BHi-a1n8t7M

Dari laporan Rotten Tomatoes, film Marriage Story besutan sutradara Noah Baumbach telah meraih total 71 kemenangan dari 141 nominasi. Sebagian besar kemenangan yang diraih adalah kategori Naskah Terbaik, Aktor Terbaik untuk penampilan Adam Driver, dan Aktris Pemeran Pendukung Terbaik untuk Laura Dern.

Dengan pencapaian yang begitu besar hingga dinobatkan sebagai film Netflix dengan penghargaan terbanyak di tahun 2019, Marriage Story memiliki peluang yang cukup besar untuk membawa pulang Best Picture. Namun untuk memenangkannya, sang sutradara Noah Baumbach harus bersaing dengan pasangan hidupnya sendiri, Greta Gerwig dengan Little Women.

7. Penghargaan Film Terbaik dan Sutradara Terbaik sudah banyak dikantongi 1917 dari berbagai ajang bergengsi

https://www.youtube.com/embed/YqNYrYUiMfg

Film 1917 karya Sam Mendes menempati urutan ketiga dalam daftar film tahun 2019 dengan penghargaan terbanyak berdasarkan laporan dari Rotten Tomatoes. Termasuk kemenangan Best Picture di Golden Globe, total ada 69 piala yang telah dibawa pulang oleh 1917. Kemenangan terbanyak adalah untuk kategori Sinematografi Terbaik atas karya gemilang dari Roger Deakins.

Dengan pencapaian sebanyak itu, 1917 memiliki peluang besar untuk menjadi film kesekian kalinya yang meraih Best Picture di Golden Globe dan Oscars sekaligus. Jika terwujud, 1917 akan mengikuti jejak film lain, seperti Titanic, Forrest Gump, The Lord of the Rings, dan masih banyak lagi.

8. Begitu pula dengan Once Upon a Time in Hollywood, sejumlah piala dari penghargaan dan festival film dibawa pulang oleh Quentin Tarantino

https://www.youtube.com/embed/ELeMaP8EPAA

Sebanyak 64 kemenangan dari nominasi yang mencapai 200 telah dibawa pulang oleh film yang berlatar Hollywood di era 60-an ini. Pencapaian terbesarnya adalah piala Film Terbaik di Critics' Choice Movie Awards dan Best Motion Picture - Musical or Comedy di Golden Globe.

Jika menengok kembali sepak terjang Quentin Tarantino di Academy Awards, sutradara berusia 56 tahun ini pernah meraih dua kemenangan di kategori Naskah Original Terbaik untuk film Pulp Fiction dan Django Unchained dari total delapan nominasi.

9. Namun rekor film tahun 2019 dengan jumlah perolehan penghargaan terbanyak diraih oleh Parasite, akankah film ini berjaya di Oscars?

https://www.youtube.com/embed/isOGD_7hNIY

Bong Joon Ho mengukir sejarah besar dalam dunia perfilman Korea Selatan di taraf internasional lewat Parasite. Sebanyak 121 kemenangan ia raih dari jumlah nominasi yang mencapai 300 dari berbagai ajang bergengsi. Kemenangan terbesarnya adalah Palme D'Or dari Cannes Film Festival, Sutradara Terbaik versi Critics' Choice Movie Awards, Film Berbahasa Asing Terbaik versi Golden Globe, dan masih banyak lagi.

Jika nantinya menang, maka Parasite akan menjadi film berbahasa asing pertama yang memenangkan kategori Best Picture. Selain itu, mahakarya Bong Joon Ho ini juga diprediksi kuat akan mengulangi kemenangan Film Berbahasa Asing Terbaik di Oscars.

Itulah deretan prestasi yang dirah oleh 9 film yang masuk dalam nominasi Best Picture di Academy Awards 2020. Film mana yang paling kamu jagokan untuk menang?

Baca Juga: Perbandingan Sepak Terjang 5 Sutradara Terbaik Oscar, Siapa Jagoanmu?

Topic:

  • Triadanti

Berita Terkini Lainnya