Comscore Tracker

Selain GFRIEND, 8 Grup KPop Ini Juga Bubar Secara Mengejutkan

Bikin penggemarnya terkejut dan sedih! #WaktunyaKorea

Belum lama ini, girl group KPop kenamaan, GFRIEND, baru saja membuat pengumuman mengejutkan bagi para penggemarnya. Pasalnya, grup asuhan Source Music ini tiba-tiba dibubarkan setelah semua anggotanya tak memperpanjang kontrak dengan manajemen.

Hal ini membuat para penggemarnya tercengang dan kecewa karena GFRIEND masih sangat aktif dan tak menunjukkan gejala akan bubar sama sekali. Bahkan saat dibubarkan, GFRIEND masih memiliki jadwal konten yang harusnya dirilis.

Terkait keputusannya hengkang dari Source Music, Eunha, Sowon, Umji, Yuju, Yerin, dan SinB sudah menuliskan kata-kata perpisahan untuk penggemar. Dalam suratnya, keenam member GFRIEND meminta maaf dan berterima kasih atas dukungan yang mereka dapatkan dari fans.

Selain GFRIEND, delapan grup KPop ini juga bubar secara tiba-tiba dan membuat penggemarnya sangat terkejut.

1. 2NE1 (2009--2016)

Selain GFRIEND, 8 Grup KPop Ini Juga Bubar Secara MengejutkanGirl group 2NE1 saat tampil dalam acara MAMA 2015. (billboard.com)

2NE1 adalah salah satu girl group KPop terbesar dari generasi kedua yang debut pada 2009. Meski telah memberikan andil yang sangat besar, penggemar merasa YG Entertainment selaku agensi mereka berlaku tak adil kepada 2NE1.

Pasalnya, grup yang dipimpin oleh CL sebagai leader ini harus hiatus lama setelah Park Bom, vokalis utamanya, terlibat sebuah skandal pada 2014. Setelah lama absen, pada April 2016 Minzy akhirnya memutuskan untuk meninggalkan grup supaya bisa bersolo karier.

Kabar mengejutkan kembali dibagikan YG Entertainment pada bulan November masih di tahun yang sama ketika 2NE1 mendadak dibubarkan. Keputusan ini membuat Blackjacks, sebutan untuk penggemar 2NE1, di seluruh dunia merasa sangat terpukul.

2. 4Minute (2009--2016)

Selain GFRIEND, 8 Grup KPop Ini Juga Bubar Secara MengejutkanGirl group KPop 4Minute (mykpop.tv)

Selain 2NE1, 4Minute termasuk salah satu grup KPop terbesar yang memulai debutnya pada 2009. Sayangnya, grup yang diasuh oleh Cube Entertainment ini juga bubar pada Juni 2016.

Setelah tujuh tahun berkarier bersama, Cube Entertainment menginformasikan bahwa para anggotanya memiliki pendapat berbeda. Jihyun, Gayoon, Jiyoon, juga Sohyun memutuskan untuk tak memperbarui kontrak dengan manajemen sehingga menyisakan HyunA.

3. Sistar (2010--2017)

Selain GFRIEND, 8 Grup KPop Ini Juga Bubar Secara MengejutkanGirl group KPop Sistar (thekrazemagazine.com)

Grup ikonik Sistar, yang comeback-nya sering ditunggu setiap musim panas, juga memutuskan untuk bubar setelah tujuh tahun menghibur penggemar. Padahal sebelumnya, grup yang beranggotakan Soyu, Bora, Hyolyn, dan Dasom ini masih aktif merilis lagu.

Sebelum secara resmi mengakhiri promosi mereka, Sistar merilis lagu berjudul "Lonely" pada 31 Mei 2017 sebagai tanda perpisahan dengan penggemar.

Baca Juga: Resmi Bubar, 10 Momen Kebersamaan Member GFriend yang Bakal Dirindukan

4. Wonder Girls (2007--2017)

Selain GFRIEND, 8 Grup KPop Ini Juga Bubar Secara MengejutkanGirl group KPop Wonder Girls saat memiliki lima anggota. (billboard.com)

Wonder Girls telah mengalami banyak perubahan sepanjang karier mereka, baik itu anggota maupun konsep. Grup asuhan JYP Entertainment ini awalnya debut dengan lima anggota, Sohee, HyunA, Yeeun, Sunye, dan Sunmi pada 2007.

Masih di tahun yang sama, HyunA meninggalkan grup dan digantikan Yubin. Pada 2010, giliran Sunmi yang memutuskan untuk mengambil istirahat dan Hyerim ditambahkan ke grup.

Saat ditinggalkan Sunye dan Sohee, Wonder Girls masih tetap sukses dengan empat anggota. Sayangnya, grup ini membuat pengumuman mengejutkan pada 2017 ketika mengonfirmasi pembubaran mereka, karena Yeeun dan Sunmi memutuskan untuk keluar dari agensi.

5. Gugudan (2016--2020)

Selain GFRIEND, 8 Grup KPop Ini Juga Bubar Secara MengejutkanGirl grup KPop Gugudan (soompi.com)

Grup asuhan Jellyfish Entertainment, Gugudan, tiba-tiba bubar pada 31 Desember 2020. Setelah pengumuman pembubaran, nama grup ini sontak ramai diperbincangkan penggemar yang merasa kecewa dengan keputusan tersebut.

Pasalnya, alih-alih menerima kabar comeback yang dinantikan sejak 2018, para penggemar justru dikejutkan dengan pengumuman pembubaran. Gugudan pun terhitung hanya aktif dalam kurun waktu dua tahun di luar kegiatan masing-masing anggota.

6. PRISTIN (2017--2019)

Selain GFRIEND, 8 Grup KPop Ini Juga Bubar Secara MengejutkanGirl group KPop PRISTIN (soompi.com)

Girl group bentukan Pledis Entertainment ini sudah sangat dinantikan sejak sebelum resmi debut, karena sebagian besar anggotanya adalah kontestan Produce 101. Maka tak heran, saat memulai debut pada 2017, PRISTIN langsung meraih kesuksesan.

Sayangnya, pada 2019 Pledis Entertainment mendadak membubarkan grup yang memiliki 10 anggota ini. Padahal, PRISTIN baru merilis dua mini album dan penggemarnya masih sangat menunggu mereka untuk kembali ke dunia hiburan Korea Selatan.

7. Boyfriend (2011--2019)

Selain GFRIEND, 8 Grup KPop Ini Juga Bubar Secara MengejutkanBoy group BF (instagram.com/boy_e.black)

Boyfriend adalah grup Kpop pertama yang memiliki anggota kembar. Setelah debut di bawah naungan Starship Entertainment pada 2011, grup yang terdiri dari enam anggota ini konsisten menarik perhatian publik dengan lagu-lagu mereka.

Namun, setelah delapan tahun berkarier, Boyfriend sepakat bubar pada 2019 lalu. Belum lama ini, tersiar kabar bahwa anggotanya akan debut ulang menggunakan nama baru, BF.
Berita mengejutkan ini tentunya membuat penggemar senang dan antusias menyambut mereka kembali.

8. B.A.P (2012--2019)

Selain GFRIEND, 8 Grup KPop Ini Juga Bubar Secara MengejutkanBoy group B.A.P (hellokpop.com)

B.A.P dikenal sebagai salah satu boy grup dengan konsep tangguh. Sayangnya, grup bentukan TS Entertainment yang punya banyak penggemar ini hanya berumur tujuh tahun.

Meski sedih, netizen banyak yang menuding bahwa bubarnya B.A.P adalah kesalahan TS Entertainment yang kurang baik mengurus artisnya.

Nah, itulah sederet grup KPop yang populer tapi mendadak bubar hingga membuat penggemarnya kecewa hingga larut dalam kesedihan.

Baca Juga: Mendadak Hits, Brave Girls dan 4 Grup Korea Ini Aslinya Nyaris Bubar

Widya Lestari N Photo Writer Widya Lestari N

Write it down, Make it happen

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya