Comscore Tracker

Urutan Nonton Film Spider-Man, dari Tobey Maguire sampai Tom Holland

Binge watching nonton film Spider-Man dari awal, yuk!

Spider-Man: No Way Home menjadi perbincangan hangat setelah tayang di bioskop mulai 15 Desember 2021 lalu. Film yang dibintangi oleh Tom Holland, Zendaya, dan Jacob Batalon ini juga dimeriahkan oleh para pemain dari film Spider-Man sebelumnya. Kalau kamu sudah melihat trailer-nya, sejumlah villain atau musuh Spider-Man di film-film lain terlihat kembali muncul.

Berikut ini urutan film Spider-Man berdasarkan tahun rilisnya di bioskop. Kamu yang belum nonton Spider-Man: No Way Home makin seru jika mempersiapkan diri menonton semua film sebelumnya. Buat kamu yang sudah nonton No Way Home dan ingin nostalgia, simak selengkapnya, ya!

Baca Juga: 10 Doa Warganet untuk yang Spoiler Spider-Man: No Way Home, Tega!

1. Spider-Man (2002)  

Urutan Nonton Film Spider-Man, dari Tobey Maguire sampai Tom HollandSpider-Man (dok. Sony Pictures/Spider-Man)

Film trilogi Spider-Man ini digawangi oleh Tobey Maguire. Spider-Man besutan sutradara Sam Raimi rilis pada 22 Mei 2002. Tobey Maguire diceritakan sebagai Peter Parker yang malang. Di film inilah awal mula Peter mendapatkan kekuatan laba-labanya dan ditinggal pergi oleh Uncle Ben kesayangan.

Kirsten Dunst berperan sebagai Mary Jane dan James Franco sebagai Harry Osborn, sahabatnya. Di film pertamanya ini, musuh utama Spider-Man adalah Willem Dafoe yang berperan sebagai Norman Osborn atau Green Goblin. Di trailer Spider-Man: No Way Home, kamu bisa melihat sosok hijau yang terbang? Itu dia Green Goblin.

2. Spider-Man 2 (2004) 

Urutan Nonton Film Spider-Man, dari Tobey Maguire sampai Tom HollandSpider-Man 2 (dok. Sony Pictures/Spider-Man 2)

Sekuel yang diberi judul Spider-Man 2 ini masih dipimpin oleh Tobey Maguire. Di sini diceritakan bagaimana Peter merasa kecewa dengan hidupnya hingga kehilangan kekuatannya. Selain para pemeran utama dan sutradara di film pertama, Spider-Man 2 juga menghadirkan penjahat baru yang bernama Dr. Otto Octavius yang diperankan oleh Alfred Molina.

Otto sebenarnya adalah seorang ilmuan jenius, penemu, dan dosen yang dihormati. Namun sebuah eksperimen yang dilakukannya tiba-tiba jadi gak stabil sehingga menyebabkannya tak bisa mengontrol tentakel mesin yang masuk ke tubuh dan otaknya. Ia berubah menjadi musuh Spider-Man yang bikin sang superhero kewalahan.

3. Spider-Man 3 (2007)  

Urutan Nonton Film Spider-Man, dari Tobey Maguire sampai Tom HollandSpider-Man 3 (dok. Sony Pictures/Spider-Man 3)

Spider-Man 3 jadi penutup trilogi yang disutradarai oleh Sam Raimi dan dibintangi Tobey Maguire. Alien hitam yang menempel pada sosok Eddie Brock (Topher Grace) dan Sandman yang dibintangi Thomas Haden Church adalah musuh dari Spider-Man di sini. Bikin nyesek, dalam film ini, Harry, sahabat Peter, juga meregang nyawa. Sandman pun kembali dimunculkan dalam Spider-Man: No Way Home.

Baca Juga: 10 Film Willem Dafoe selain Spider-Man: No Way Home

4. The Amazing Spider-Man (2012)  

Urutan Nonton Film Spider-Man, dari Tobey Maguire sampai Tom HollandThe Amazing Spider-Man (dok. Sony Pictures/The Amazing Spider-Man)

Setelah 4 tahun sejak trilogi Spider-Man berakhir, muncul franchise baru yang diberi judul The Amazing Spider-Man. Peter Parker dalam franchise ini dibintangi oleh Andrew Garfield dan sutradaranya adalah Marc Webb.

Film pertama juga menceritakan bagaimana Peter mendapatkan kekuatan jaring laba-labanya. Bedanya, dalam film ini tidak ada Mary Jane, melainkan Gwen Stacy, pacar Peter yang dibintangi Emma Stone. Musuh dalam film ini adalah The Lizard (Rhys Ifans) yang juga muncul di Spider-Man: No Way Home.

5. The Amazing Spider-Man 2 (2014)  

Urutan Nonton Film Spider-Man, dari Tobey Maguire sampai Tom HollandThe Amazing Spider-Man 2 (dok. Sony Pictures/The Amazing Spider-Man 2)

Andrew Garfield punya dua film Spider-Man. Di film keduanya, ia melawan Green Goblin yang dibintangi Dane DeHaan dan Electro yang dibintangi Jamie Foxx. Di Spider-Man: No Way Home, hanya Jamie Foxx yang kembali memerankan karakternya.

The Amazing Spider-Man 2 juga menjadi film dengan drama percintaan yang kental. Gwen Stacy diceritakan meninggal, karena Spider-Man gagal menyelamatkannya. Film ini menjadi penutup Spider-Man versi Andrew, karena sekuel lainnya batal diproduksi.

6. Spider-Man: Homecoming (2017)  

Urutan Nonton Film Spider-Man, dari Tobey Maguire sampai Tom HollandSpider-Man: Homecoming (dok. Sony Pictures/Spider-Man: Homecoming )

Alih-alih memproduksi The Amazing Spider-Man 3, Sony Pictures memutuskan untuk kembali berkolaborasi dengan Marvel Studios untuk membawa Spider-Man ke dalam Marvel Cinematic Universe. Spider-Man kali ini dibintangi oleh Tom Holland dan pertama kali diperkenalkan lewat Captain America: Civil War sebelum akhirnya punya film solonya, Spider-Man: Homecoming.

Peter Parker dalam franchise ini punya tangan kanan yang merupakan sahabatnya sendiri, Ned (Jacob Batalon) dan calon pacarnya adalah MJ (Zendaya). Bibi May yang dalam film-film lainnya diceritakan sudah tua, dalam franchise kali ini tampil lebih muda dan dibintangi oleh Marisa Tomei. Musuh Spidey adalah Vulture yang dibintangi Michael Keaton. Film ini juga memunculkan Iron Man (Robert Downey. Jr) sebagai mentor Spidey.

7. Spider-Man: Far from Home (2019)  

Urutan Nonton Film Spider-Man, dari Tobey Maguire sampai Tom HollandSpider-Man: Far from Home (dok. Sony Pictures/Spider-Man: Far from Home)

Tom Holland kebali memerankan Peter Parker dan melanjutkan hidupnya pasca-kejadian dalam Avengers: Endgame. Peter harus bangkit dari duka mendalam ditinggal Tony Stark dan menghadapi musuh yang sangat manipulatif bernama Mysterio (Jake Gyllenhaal).

Di film ini, hubungannya dengan MJ pun makin dalam dan menjadi awal konflik baru yang berlanjut untuk film ketiganya. Kalau kamu mau nonton Spider-Man: No Way Home, pastikan sudah nonton Far from Home, ya!

8. Spider-Man: No Way Home  

Urutan Nonton Film Spider-Man, dari Tobey Maguire sampai Tom HollandSpider-Man: No Way Home (dok. Sony Pictures/Spider-Man: No Way Home)

Ini, nih, yang terbaru dan lagi booming banget! No Way Home menjadi film solo ketiga Tom Holland sebagai Spider-Man. Identitas Peter Parker sebagai Spider-Man diketahui seluruh dunia dan membuat hidupnya makin berantakan. Ingin memperbaikinya, Peter pun menghubungi Doctor Strange (Benedict Cumberbatch). Namun sayang, permintaan Peter mengacaukan alam semesta hingga akhirnya para karakter dari film Spider-Man lainnya berdatangan.

Kalau kamu sudah menonton 7 film sebelumnya, Spider-Man: No Way Home akan menjadi penutup yang mengharukan, manis, dan membanggakan. Jadi, pastikan sudah nonton semuanya, ya!

Baca Juga: 7 Film Spiderman yang Wajib Ditonton Sebelum Spider-Man: No Way Home

Yash Sandyakala Photo Verified Writer Yash Sandyakala

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Triadanti

Berita Terkini Lainnya