Comscore Tracker

5 Film Jepang yang Wajib Ditonton Penyayang Anjing, Kisahnya Haru!

Siapkan tisu sebelum menonton #IDNTimesHype

Anjing adalah hewan yang setia. Maka dari itu banyak orang yang memelihara anjing dan menjalin persahabatan dengan mereka. Ternyata kedekatan hewan ini dan manusia sudah terjalin sejak zaman dahulu kala. 

Dalam film, sifat setia anjing juga banyak diangkat, di antaranya adalah film-film dari Jepang. Berikut adalah lima film Jepang yang menceritakan persahabatan antara manusia dan hewan peliharaan favorit ini. 

1. Seven Days of Himawari and Her Puppies

https://www.youtube.com/embed/Hzjw7MAviCs

Bercerita tentang sebuah penampungan hewan yang punya peraturan jika hewan yang tidak diadopsi lebih dari tujuh hari akan disuntik mati. Shoji (Masato Sakai), seorang pria yang bekerja di penampungan itu menjelaskan pada putrinya tentang nasib induk anjing dan anak-anaknya yang ditampung di sana. Mendengar kenyataan kejam itu, putrinya marah dan menolak bicara dengan Shoji. 

Shoji berusaha memperpanjang waktu induk anjing tersebut. Dia bekerja sama dengan putrinya dan seorang dokter hewan untuk menyelamatkan induk anjing dan anak-anaknya. Film mengharukan dan menyentuh ini menceritakan sisi gelap dari penampungan hewan di Jepang. 

2. A Tale of Mari and the Three Puppies

https://www.youtube.com/embed/Fk0p68Ifm9k

Kakak beradik Aya (Mao Sasaki) dan Ryota (Ryohei Hirota) menemukan seekor anjing yang dibuang dan mengadopsinya. Anjing jenis shiba itu diberi nama Mari dan melahirkan tiga anak. Namun pada tanggal 23 Oktober 2004, sebuah gempa bumi hebat menyerang desa tempat Aya dan Ryota tinggal. Hari itu hanya Aya, kakeknya, dan Mari yang berada di rumah dan terjebak reruntuhan.

Mari pun pergi mencari bantuan dan berhasil membantu tim penyelamat menolong jiwa Aya dan kakeknya. Tapi sayang, saat keluarga Aya dievakuasi, Mari dan anak-anaknya tidak bisa ikut karena hewan dilarang naik helikopter. 

Dua kakak beradik Aya dan Ryota berusaha menyelamatkan anjing-anjing itu namun gagal.  Aya, Ryota, dan ayah mereka kembali untuk mencari Mari dan anak-anaknya setelah bencana di desa itu berlalu. 

Baca Juga: 12 Film Jepang Yamazaki Kento yang Diadaptasi dari Manga, Seru Abis!

3. 10 Promises to My Dog

https://www.youtube.com/embed/fYl_eMGrG04

Diangkat dari novel karya Hare Kawaguchi. Film ini berkisah tentang persahabatan antara seorang gadis Akari Saito (Mayuko Fukuda) dan anjing Golden Retriever bernama Socks. Sebelum meninggal, ibu Akari berpesan untuk menepati sepuluh janji pemilik anjing terhadap anjing. Sepeninggalan ibu Akari, ayah Akari yang bekerja sebagai ahli bedah pensiun dan membuka klinik kecil.

Sepuluh tahun kemudian, Akari telah menjadi mahasiswi kedokteran hewan dan setelah lulus dia pergi untuk bekerja di kebun binatang. Karena kesibukan Akari, dia jadi jarang bermain dengan Socks. Suatu ketika ayah Akari memberi kabar akan kondisi tubuh Socks yang makin memburuk dan memintanya pulang sebelum terlambat. 

 

4. Hachiko Monogatari

https://www.youtube.com/embed/jfP4-c7QcDc

Mungkin banyak yang sudah pernah dengan tentang film ini. Tayang pada tahun 1987 film ini berkisah tentang anjing Akita bernama Hachiko. Hachiko ini dimiliki oleh majikannya, Profesor Ueno (Tatsuya Nakadai). Setiap harinya Hachiko mengantar dan menjemput tuannya ini di stasiun.

Suatu hari Profesor Ueno meninggal secara mendadak saat mengajar dan tak pernah pulang. Karena sulit melupakan mendiang suaminya, istri Profesor Ueno pun menjual rumah dan meninggalkan Hachiko pada seorang teman. Namun tiap hari Hachiko masih menunggu tuannya di stasiun dan pulang ke rumah. Melihat perilaku setia anjing ini, koran-koran lokal mulai menulis artikel tentangnya. Setelah sembilan tahun setia menunggu, akhirnya Hachiko 'bertemu' kembali dengan Profesor Ueno.

5. Walking With The Dog

https://www.youtube.com/embed/66vKw41dpcY

Film ini berfokus pada pemuda bernama Yasuyuki (Naoki Tanaka) bertemu dengan anjing yang terbuang. Usai putus dari pacarnya, Miwa (Ryo) Yasuyuki memutuskan untuk memelihara anjing tersebut, memberinya nama Tamura dan menjadikannya anjing terapi.

Di sisi lain Miwa ternyata stres berat karena kondisi rumahnya. Punya ibu yang kondisi kesehatannya buruk serta adik yang membencinya. Yasuyuki pun meminta Miwa merawat Tamura, yang bisa jadi anjing terapi. Keberadaan Tamura ternyata memang memberi efek positif pada rumah Miwa serta hubungannya dengan Yasuyuki. 

Kesetiaan anjing memang tak perlu diragukan lagi. Mengharukan serta membuat penggemar anjing making sayang dengan hewan satu ini, film-film ini wajib masuk watchlist.  

Baca Juga: 5 Rekomendasi Film Horor Jepang yang Dijamin Bikin Kamu Susah Tidur

lotus n Photo Verified Writer lotus n

Spicy food enthusiast

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya