Comscore Tracker

5 Film Indonesia yang Menceritakan tentang Perempuan, Bikin Salut!

Jangan meremehkan perempuan, ya 

Film-film yang dibintangi oleh perempuan sebagai pemeran utamanya selalu menarik sebagai bahan tontonan. Apalagi jika film-film bertema perempuan tersebut memiliki pesan moral yang baik untuk penontonnya.

Semua hal tersebut bisa dilihat dari film-film Indonesia bertema perempuan ini. Film-film ini menampilkan perempuan dari ragam sisi dan dikemas dengan penuh makna. Penasaran apa saja judul filmnya? Yuk, kepo.

1. Perempuan Berkalung Sorban

5 Film Indonesia yang Menceritakan tentang Perempuan, Bikin Salut!cuplikan film Perempuan Berkalung Sorban (Dok. Kharisma Starvision Plus/Perempuan Berkalung Sorban)

Film ini diadaptasi dari sebuah novel berjudul sama pada tahun 2001. Perempuan Berkalung Sorban menceritakan tentang seorang wanita cerdas, pemberani, dan berpendirian kuat bernama Anissa.

Film ini berpusat pada perjalanan hidup Anissa yang penuh dengan perjuangan membela hak-hak perempuan muslim di tengah keluarga pesantrennya yang konservatif. Anissa beranggapan ajaran di pesantren ini menempatkan perempuan di posisi yang lemah dan tidak seimbang dengan laki-laki.

2. Athirah

5 Film Indonesia yang Menceritakan tentang Perempuan, Bikin Salut!cuplikan film Athirah (Dok. Miles Films/Athirah)

Film ini merupakan salah satu film biografi yang populer di Indonesia. Film ini mengisahkan perjalanan hidup Athirah Kalla, ibu dari bapak Jusuf Kalla.

Banyak sekali ragam lika-liku kehidupan yang terdapat di film biografi ini. Namun, yang paling terlihat adalah perjalanan hidup sang ibunda yang harus bertahan di tengah peliknya masalah poligami di rumah tangganya.

Baca Juga: 5 Fakta Film Story of Dinda, dari Perempuan untuk Perempuan

3. Merry Riana: Mimpi Sejuta Dollar

5 Film Indonesia yang Menceritakan tentang Perempuan, Bikin Salut!cuplikan film Merry Riana: Mimpi Sejuta Dollar (Dok. MD Pictures/Merry Riana: Mimpi Sejuta Dollar)

Film ini diadaptasi dari novel biografi terkenal yang menceritakan perjalanan hidup seorang motivator ulung asal Indonesia, Merry Riana. Film ini banyak memberikan inspirasi bagi kalangan anak muda untuk tidak mudah menyerah dalam mencapai tujuan.

Film ini berpusat pada perjuangan Merry Riana yang harus bertahan hidup di Singapura dengan kondisi finansial yang pas-pasan sampai menjadi seorang wanita yang mampu menghasilkan 1 juta dollar di usia 26 tahun.

4. Berbagi Suami

5 Film Indonesia yang Menceritakan tentang Perempuan, Bikin Salut!cuplikan film Berbagi Suami (Dok. Kalyana Shira Films/Berbagi Suami)

Berbagi Suami adalah film Indonesia yang memiliki judul internasional, Love For Share. Film ini merupakan film lama tahun 2006 yang mengisahkan tiga wanita yang harus menjalani kehidupan sebagai istri dari seorang pria yang melakukan poligami. Film Berbagi Suami menampilkan polemik poligami dari sisi perempuan.

5. 3 Srikandi

5 Film Indonesia yang Menceritakan tentang Perempuan, Bikin Salut!cuplikan film 3 Srikandi (Dok. MVP Pictures/3 Srikandi)

3 Srikandi adalah film yang menceritakan tentang perjuangan tiga atlet panah wanita asal Indonesia untuk memperebutkan medali emas pada olimpiade musim panas 1998 di Seoul, Korea Selatan.

Walaupun tiga atlet ini memiliki latar belakang suku yang berbeda, namun mereka bisa akur dan saling menguatkan. Hanya memiliki waktu latihan yang singkat membuat pelatih mereka Donald Pandiangan harus terus memotivasi atletnya untuk berlatih keras sampai hari perlombaan.

Itulah beberapa film yang mengisahkan tentang perempuan tangguh yang mampu berjuang sama hebatnya dengan seorang pria. Film-film diatas mengingatkan kita untuk tidak menganggap wanita sebagai kaum yang lemah. Mana nih film yang mau kamu tonton duluan?

Baca Juga: 6 Rekomendasi Film dan Drama Mayu Matsuoka, Queen di Film Chihayafuru

Yuda Pratama Mukti Photo Verified Writer Yuda Pratama Mukti

Introvert and The Bathroom Singer.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya