Comscore Tracker

Biar Gak Boros, 7 Tips untuk Hemat Paket Internet Saat WFH

Yang di rumahnya gak ada WiFi bisa coba

Kebutuhan paket internet tanpa batas sudah seperti kebutuhan dasar bagi siapa pun, terutama yang aktivitasnya bersinggungan langsung dengan smartphone dan internet. Kamu pasti sering banget ngalamin mood yang tiba-tiba berubah kesal cuman karena Instagram yang gagal update atau video youtube yang tiba-tiba berhenti gara-gara paket internet sudah habis.

Apalagi kalau ternyata habisnya cepat banget, padahal baru juga beberapa hari diisi ulang ehh sudah habis lagi. Penyebabnya jelas banget sih, itu karena kamu nggak bisa mengontrol penggunaan internetmu dengan baik. Ada beberapa langkah sederhana yang bisa banget kamu terapkan biar internetmu tidak boros dan tentunya lebih hemat uang.

1. Manfaatkan fasilitas wifi gratis di ruang publik

Biar Gak Boros, 7 Tips untuk Hemat Paket Internet Saat WFHPexels/christina morillo

Ketimbang menghabiskan paket internet yang kamu punya, pastikan buat kamu selalu manfaatkan fasilitas wifi gratis kalau sedang di ruang publik. Misalnya kalau lagi di kampus atau di kantor, kalau internetannya pakai wifi kan bisa lebih tenang dan tidak khawatir bakal boros, ditambah lagi bisa lebih bebas download apapun tanpa batas.

2. Jangan sering berbagi tethering internet ke orang lain

Biar Gak Boros, 7 Tips untuk Hemat Paket Internet Saat WFHPexels/christina morillo

Kalau mau menghemat kuota internet, jangan sekali-kali deh goyah karena godaan temanmu yang minta tethering atau hostspot. Bukan ngajarin buat pelit, tapi kalau memang nggak begitu mendesak mending nggak usah deh, karena saat kamu membagikan paket internet ke temanmu itu berarti pengeluaranmu akan dihitung dua kali lebih banyak.

3. Tonton video di YouTube dengan kualitas standar

Biar Gak Boros, 7 Tips untuk Hemat Paket Internet Saat WFHPixabay

Sering banget kan streaming video di YouTube? biar nggak boros-boros banget kamu bisa turunkan kualitas gambarnya jadi lebih standar 480 atau 360 pixel. Ukuran itu masih lumayan kok buat nonton di YouTube, dan tentunya bakal dua kali lebih hemat ketimbang nonton dengan kualitas 720 atau 1080 pixel. Apalagi kalau YouTube cuman untuk karaokean saja, mending kualitasnya paling rendah 144 pixel.

Baca Juga: 8 Cara Rusia Membatasi Warganya di Internet, Jangan Harap Bisa Bebas

4. Ubah pengaturan media sosial agar tidak mulai otomatis

Biar Gak Boros, 7 Tips untuk Hemat Paket Internet Saat WFHPixabay

Seperti halnya boros penggunaan baterai, beberapa media sosial yang mulai otomatis juga sering kali melakukan update otomatis yang berarti terus menyedot internet. Karena itu coba untuk setel ulang pengaturan aplikasimu, terutama media sosial juga browser agar aktifnya hanya saat kamu menggunakannya saja.

5. Aktifkan pengingat waktu internetan

Biar Gak Boros, 7 Tips untuk Hemat Paket Internet Saat WFHPexels/noah erickson

Jangan lupa juga nyalakan pengingat waktu internetan, ini untuk memberitahukan sudah berapa lama kamu berselancar di sebuah platform internet. Kalau di instagram sih udah ada nih pengingat kalau kamu sudah satu jam main Instagram. Ini cukup ampuh buat reminder biar nggak berlarut-larut main medsosnya, bukan hanya lebih hemat kuota internet tapi juga lebih sadar waktu.

6. Non-aktifkan data seluler di waktu yang tidak penting

Biar Gak Boros, 7 Tips untuk Hemat Paket Internet Saat WFHPexels/Energepic.com

Kalau mau hemat kuota berarti kamu juga harus lebih selektif kapan saja waktu untuk menyalakan data seluler. Untuk kondisi-kondisi yang nggak penting banget membutuhkan layanan internet, misalnya pas malam hari lagi tidur, saat mandi atau lagi mengendarai motor, mending kamu mematikan layanan data seluler biar paket internet tidak terus-terusan tersedot.

7. Konsisten membatasi pengeluaran paket internet bulanan

Biar Gak Boros, 7 Tips untuk Hemat Paket Internet Saat WFHpexels/startup stock photos

Tidak kalah penting juga ialah kesadaran diri dan konsisten untuk hidup hemat. Kamu bisa banget nih memasukkan anggaran khusus untuk beli paket internet di pembukuan bulananmu biar bisa lebih terkontrol. Tapi jangan anggarkan terlalu besar juga, sebisa mungkin konsistenlah untuk mematuhi setiap perencanaan yang sudah kamu buat, kalau memang sudah habis sebelum waktunya itu berarti kamu masih boros dan belum disiplin.

Nah itulah beberapa tips sederhana yang bisa banget kamu terapkan biar nggak boros kalau lagi internetan. Apalagi kalau kamu adalah anak kostan, paket internet bisa jadi pengeluaran yang cukup besar loh, karena itu mulailah untuk lebih berhemat.

Baca Juga: 7 Cara Mengaktifkan WiFi di Laptop, Mudah dan Cepat kok!

Abdul Azis Said Photo Writer Abdul Azis Said

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya