TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Mitos Pohon Beringin, Benarkah Jadi Kerajaan Makhluk Halus?

Cocok buat kamu yang mau uji nyali

ilustrasi makhluk halus yang mendiami pohon beringin (pixabay.com/MakyFoto)

Mitos pohon beringin selalu dikaitkan dengan hal-hal berbau gaib atau mistis. Apalagi bentuk pohonnya yang besar dan rimbun, makin menambah aura mistis dari pohon yang berasal dari daratan Asia dan Australia tersebut.

Namun, selain mitos-mitos yang berkaitan dengan hal gaib, ternyata pohon beringin memiliki filosofi yang bagus, lho. Daripada makin penasaran, langsung aja simak mitos dan filosofi pohon beringin yang telah dirangkum IDN Times di bawah ini!

1. Mitos pohon beringin

Sesajen (pexels.com/Artem Beliaikin)

Tidak heran jika pohon beringin selalu dikaitkan dengan hal-hal mistis. Selain karena bentuknya yang besar dan rimbun, akar dari pohon beringin yang menjuntai ke bawah juga sukses menambah kemistisan dari pohon tersebut.

Berdasarkan mitos yang beredar di masyarakat, pohon beringin sering disebut sebagai tempat tinggal para makhluk halus, khususnya genderuwo. Makhluk halus yang disebut-sebut memiliki tubuh besar yang ditutupi bulu hitam dari ujung kepala hingga ujung kaki tersebut seringkali menampakkan dirinya di sekitar pohon beringin.

Ada juga yang mengatakan, pohon beringin juga sering dijadikan sebagai kerajaan para makhluk halus atau tempat bersemayam penunggu asli di daerah tersebut. Oleh karena itu, tidak heran jika beberapa daerah masih memberikan sesajen di sekitar pohon beringin.

Baca Juga: 7 Sekte Paling Berbahaya, Picu Tragedi Pembantaian Massal

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya