Comscore Tracker

7 Sekte Paling Berbahaya, Picu Tragedi Pembantaian Massal

Jangan gampang percaya sama orang ya, guys

Kamu pasti pernah dengar sekte Ku Klux Klan dari Amerika. Ya, sekte satu ini dijuluki sebagai salah satu sekte berbahaya di dunia. Usut punya usut, terdapat banyak sekte-sekte lain yang juga gak kalah berbahaya dari Ku Klux Klan.

Daftar sekte yang akan dibahas oleh IDN Times kali ini disebut-sebut sebagai sekte paling berbahaya di dunia. Pasalnya, sekte berikut tidak hanya mendoktrin anggotanya dengan ajaran sesat, melainkan juga menyiksa dan membunuh anggotanya.

Saking berbahayanya, ada juga sekte yang mewajibkan anggotanya untuk berhubungan seksual dengan anak-anak di bawah umur. Yuk, langsung aja simak 7 sekte paling berbahaya di dunia di bawah ini!

1. The Order of the Solar Temple

https://www.youtube.com/embed/TK6DFwcME2Y

Sekte paling berbahaya di dunia salah satunya adalah The Order of the Solar Temple. Sekte yang didirikan oleh Luc Jouret dan Joseph De Mambro ini sudah menyebabkan sekitar 48 orang meninggal dunia.

Sekte yang dibentuk pada tahun 1980-an ini menyebarkan ajaran bahwa orang-orang harus segera meninggalkan dunia sebelum didahului oleh akhir zaman atau kiamat.

Akibat dari doktrin tersebut, pada pertengahan tahun 1990-an ditemukan 23 mayat yang tewas terbakar di daerah Cheiry, Swiss dan 25 mayat yang ditemukan dalam kondisi telah ditembak. Mayat-mayat tersebut diduga merupakan anggota sekte karena semuanya tewas dengan menggunakan jubah upacara.

2. The Davidians

https://www.youtube.com/embed/65rUlirPCjI

The Davidians merupakan sekte paling berbahaya yang berasal dari cabang Gereja Sevent Day Advent pada tahun 1980-an. Sekte tersebut dipimpin oleh seorang ilmuwan teologi yang mengaku menjadi nabi bernama David Koresh.

Pada awal tahun 1990, nama sekte ini mulai mencuat ke permukaan karena terlibat dalam berbagai aktivitas ilegal, seperti menimbun senjata dan melecehkan anak-anak. Tidak hanya itu, pimpinannya sendiri bahkan pernah berhubungan seksual dengan anak perempuan berusia 12 tahun.

3. Children of God

https://www.youtube.com/embed/6RomYX8P-Pc

Sekte yang diberi nama Children of God ini dimulai oleh David Brant Berg yang berasal dari Huntington Beach, California, Amerika Serikat, pada 1968. Jangan tertipu dengan nama sekte yang terkesan seperti pelindung untuk anak-anak kecil. Sekte ini justru mewajibkan seluruh penganutnya untuk melakukan seks bebas antar sesama anggota.

Mengerikannya lagi, sekte ini juga mewajibkan untuk berhubungan seksual dengan anak-anak kecil. Mereka percaya bahwa ajaran mereka tersebut akan mendapatkan pahala yang berlimpah.

Kisah dari sekte ini banyak diangkat ke layar lebar, termasuk Indonesia yang mengadaptasi sekte Children of God menjadi sebuah film horor. Film dengan judul "Inang" karya sineas Indonesia membahas mengenai sekte yang juga menumbalkan bayi untuk ritual sesatnya. Tidak tanggung-tanggung, ritual yang diceritakan dalam film "Inang" tersebut juga sudah memakan beberapa korban ibu hamil dan bayinya. 

Penasaran dengan filmnya? Nah, pas banget film "Inang" bakal dirilis resmi di bioskop-bioskop seluruh Indonesia pada tanggal 13 Oktober mendatang. Jangan sampai kelewatan, ya!

Baca Juga: Film Inang Rilis Tanggal Tayang, Siap ke Bioskop 13 Oktober 2022

4. The Ku Klux Klan

https://www.youtube.com/embed/Za_z9ce9I74

The Ku Klux Klan atau yang biasa disingkat menjadi KKK merupakan salah satu sekte yang disebut-sebut sebagai sekte paling berbahaya di dunia. Sekte yang didirikan di Eropa tersebut awalnya hanya kelompok kecil ekstremis Kristen.

Namun, semenjak adanya perang saudara, sekte tersebut berkembang pesat dan mulai menebarkan terornya. Tidak tanggung-tanggung, sekte ini membunuh siapa saja yang dianggap memiliki keyakinan yang berbeda dari ajaran sekte tersebut.

5. Heaven’s Gate

https://www.youtube.com/embed/5NVW6HCTOVY

Tidak kalah berbahaya dari sekte sebelumnya, Heaven's Gate mendoktrin seluruh anggotanya untuk mati sebelum kiamat datang. Mereka percaya dengan meninggal sebelum kiamat, mereka akan dijamin langsung masuk surga.

Jalan satu-satunya yang paling mudah tentunya dengan bunuh diri. Pada tahun 1997, kurang lebih sekitar 39 paus melakukan bunuh diri masal di bawah instruksi pemimpinnya. Tidak heran jika sekte ini disebut sebagai sekte paling berbahaya dengan ajaran yang paling sesat di seluruh dunia.

6. Gerakan Ten Commandments

https://www.youtube.com/embed/HlxkbtYC6O4

Sekitar awal tahun 1990, terdapat sekelompok pastor Katolik yang mendirikan sekte di Uganda, Afrika. Sekte tersebut menganut ajaran Ten Commandents atau sepuluh perintah Tuhan. Awalnya, sekte ini seperti organisasi-organisasi agama pada umumnya yang mengajarkan tentang kebaikan.

Namun, lambat-laun ajaran mereka berubah menjadi pembantaian masal yang menyebabkan sekitar 900 orang anggota tewas terbakar. Belum ada kepastian jelas mengenai kasus pembakaran tersebut, namun ada beberapa orang yang bilang bahwa mereka menuang bensin ke diri mereka sendiri. Ada juga yang mengatakan, mereka dikurung lalu dibakar di gereja mereka sendiri.

7. The Fall Rivers

https://www.youtube.com/embed/FAg_4x8b2jE

Sekte yang didirikan di Massachusetts, Boston, Amerika Serikat sejak tahun 70-an ini mendoktrin seluruh pengikutnya untuk mengorbankan hidupnya demi sekte. Carl Drew, pimpinan sekte sekaligus seorang muncikari mengaku bahwa ia adalah keturunan iblis.

Berkat kemampuan manipulatifnya, Drew berhasil memanipulasi seluruh anggotanya agar mau disiksa hingga ajal menjemputnya. Penyiksaannya pun tidak main-main, ada yang dipukuli kepalanya hingga tewas, dipenggal, dan masih banyak lainnya.

Itu dia daftar 7 sekte paling berbahaya di seluruh dunia. Jangan sembarangan gabung dengan organisasi yang mengatasnamakan Tuhan ya, guys!

Baca Juga: 10 Film Sekte Terbaik, Bikin Deg-Degan sampai Mau Pingsan!

Topic:

  • Dinda Trisnaning Ramadhani
  • Yunisda Dwi Saputri
  • Stella Azasya

Berita Terkini Lainnya