Comscore Tracker

Tamu, Tema, & Tanggal: 5 Fakta di Balik Met Gala 2020 yang Dibatalkan

Met Gala 2020 berubah online lho!

Met Gala adalah acara tahunan terbesar dunia fashion yang banyak ditunggu-tunggu. Acara ini juga dikenal sebagai 'fashion's biggest night out' karena kita dapat melihat busana-busana yang fenomenal berjalan di atas red carpet Metropolitan Museum of Art. 

Acara ini sangat eksklusif dan tamu undangannya meliputi nama-nama terbesar di dunia. Kumpulan selebriti berdatangan bersama desainer mereka, dan setiap tahun mereka akan menggunakan busana yang sesuai dengan tema Met Gala tahun itu. 

Sayangnya, Met Gala 2020 dibatalkan karena pandemi COVID-19 yang masih menyebar. Tetapi, kita masih dapat melihat lima fakta di balik Met Gala 2020 yang tidak kalah glamor dengan tahun-tahun sebelumnya! 

1. Seharusnya diadakan pada tanggal 4 Mei 2020

https://www.youtube.com/embed/HptQEYkMrVQ

Met Gala 2020 seharusnya diadakan pada tanggal 4 Mei, yaitu hari senin pertama pada bulan Mei 2020. Selama ini, Met Gala selalu diadakan pada hari senin pertama bulan Mei. Tetapi, karena pandemi COVID-19, Anna Wintour menggantikan itu dengan sebuah video di YouTube channel Vogue.

Di video itu, Anna Wintour yang merupakan chairwoman Met Gala sejak tahun 1995 memberikan beberapa kata pengantar mengenai Met Gala 2020 yang dibatalkan. Dia juga memberikan kita kesempatan untuk mendukung The Costume Institute dan desainer-desainer yang kondisi finansialnya terpengaruhi oleh pandemi ini lewat A Common Thread. Video itu kemudian ditutup dengan sebuah lagu yang dibawakan oleh Florence and The Machine.

2. Met Gala 2020 bertema "About Time: Fashion and Duration"

Tamu, Tema, & Tanggal: 5 Fakta di Balik Met Gala 2020 yang DibatalkanVogue.com

Tema Met Gala tahun ini adalah "About Time: Fashion and Duration".

Ide itu didapatkan oleh Andrew Bolton dari film Orlando (1992). Dia mengatakan bahwa ada satu adegan di film itu di mana aktris Tilda Swinton berlari di dalam labirin dan busananya berganti dari gaun abad ke-18 ke gaun pertengahan abad ke-19. Setelah pergantian itu, dia mendadak muncul di Inggris pada tahun 1850-an.

Mengambil inspirasi dari film itu, fokus dari Met Gala 2020 adalah bagaimana fashion melambangkan waktu serta berganti dan terhubung dengan waktu. Pameran busana The Costume Institute di Met Gala juga akan mengikuti tema itu dengan menampilkan sebanyak 160 busana wanita.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik dari Met Gala, Acara Tahunan Vogue yang Spektakuler

3. Di host oleh Anna Wintour dan 4 selebriti terpilih

Tamu, Tema, & Tanggal: 5 Fakta di Balik Met Gala 2020 yang DibatalkanWhowhatwear.co.uk

Lima orang ternama yang seharusnya menjadi co-host Met Gala 2020 adalah Nicolas Ghesquière, Lin-Manuel Miranda, Meryl Streep, Emma Stone, dan Anna Wintour. Di antara para host tersebut, itu akan menjadi tahun pertama bagi Meryl Streep untuk menghadiri Met Gala.

Tahun lalu, co-host Met Gala 2019 adalah Lady Gaga, Harry Styles, dan Serena Williams. Salah satu dari mereka juga membuat penampilan pertamanya di Met Gala, yaitu Harry Styles. Hal itu sempat mengejutkan orang-orang karena Met Gala 2019 merupakan tahun pertama Harry diundang, tetapi dia langsung menjadi co-host dari acara itu!

4. Siapa saja yang menjadi tamu undangan Met Gala 2020?

Tamu, Tema, & Tanggal: 5 Fakta di Balik Met Gala 2020 yang DibatalkanVogue.com

Setiap tahun, Met Gala menjadi tuan rumah untuk sekitar 600 tamu. Di antara para tamu undangannya, kita dapat melihat nama-nama terbesar di dunia entertainment dan fashion menghadiri acara itu.

Daftar tamu undangan Met Gala 2020 tidak dikeluarkan mengingat bahwa acaranya dibatalkan. Tetapi, setiap tahun ada beberapa selebriti yang datang secara reguler. Di antaranya ada Rihanna, Beyoncé, Lady Gaga, dan desainer-desainer ternama di dunia fashion.

5. Met Gala 2020 di rumah saja dengan #MetGalaChallenge 

Tamu, Tema, & Tanggal: 5 Fakta di Balik Met Gala 2020 yang DibatalkanInstagram.com/carmenvalentina

Walaupun Met Gala 2020 dibatalkan, kita masih bisa merayakan acara fashion terbesar ini dari rumah!

Tren #MetGalaChallenge dimulai oleh Billy Porter yang bekerja sama dengan Vogue. Challenge ini mengajak para penggemar untuk membuat ulang busana favorit mereka dari Met Gala tahun-tahun sebelumnya. Dalam mengikuti challenge ini, banyak penggemar yang telah membuat ulang busana-busana Met Gala yang paling ikonis dari rumah saja!

Itulah lima fakta tentang Met Gala 2020 yang sayangnya dibatalkan karena pandemi ini. Tetapi, kita tidak boleh terlalu kecewa karena kita masih bisa mengharapkan Met Gala kembali lagi tahun depan. Sementara, kita selalu bisa merayakan dari rumah saja dan mengenang penampilan-penampilan paling favorit dan ikonis di sepanjang sejarah Met Gala!

Baca Juga: Kisah Anna Wintour, Pimpinan Vogue yang Kudu Diketahui Penyuka Fashion

Angie Hosea Photo Verified Writer Angie Hosea

Hi, I'm Angie! I'm a passionate writer who is currently living in Surabaya, Indonesia. For any inquiries, please contact me through⁣ my E-mail: angiehoseaaa@gmail.com⁣ and LinkedIn: www.linkedin.com/in/angiehosea.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya