Comscore Tracker

5 Fakta Negara Bangladesh yang Merdeka pada 26 Maret

Selamat hari kemerdekaan, Bangladesh!

Bangladesh merupakan negara yang berdekatan dengan Asia Tenggara. Negara yang berbatasan langsung dengan Tiongkok ini merdeka pada 26 Maret 1971. Negara ini mempunyai banyak sekali fakta menarik yang tidak diketahui banyak orang, khususnya orang Indonesia. 

Berikut 5 fakta menarik tentang negara Bangladesh.

1. Bangladesh dikenal dengan industri garmen

5 Fakta Negara Bangladesh yang Merdeka pada 26 Mareteco-business.com

Salah satu produk andalan di Bangladesh adalah garmen. Negara ini diperkirakan mempunyai 4.000 pabrik garmen. Industri ini sangat mendorong pertumbuhan ekonomi di Bangladesh hingga saat ini. 

Industri ini juga melibatkan 80 persen wanita di negara tersebut. Tak heran jika industri ini sangat membantu masyarakat di sana.

Meskipun begitu, keamanan industri garmen di negara ini dinilai masih kurang. Pada tahun 2013, beberapa pabrik garmen di dekat kota Dhaka dilaporkan telah membuat 1.000 pekerjanya tewas dan 2.500 pekerja lainnya terluka.

2. Bangladesh mempunyai pantai terpanjang ketiga

5 Fakta Negara Bangladesh yang Merdeka pada 26 Maretlocalguidesconnect.com

Bangladesh dikenal dengan pantainya yang indah. Tak hanya indah, Bangladesh juga mempunyai pantai terpanjang ketiga di dunia, yaitu Pantai Cox Bazar. Pantai ini hanya kalah panjang dengan Praia do Cassino di Brazil dan Pantai Ninety Mile di Australia.

3. Delta sungai terluas berada di Bangladesh

5 Fakta Negara Bangladesh yang Merdeka pada 26 Maretprepare360.in

Delta bengal merupakan dekta sungai terluas di dunia. Delta ini mempunyai luas 105.000 kilometer persegi. Delta ini diapit oleh sungai-sungai dari Pegunungan Himalaya seperti Ganges dan Brahmaputra dan sungai yang bukan dari Pegunungan Himalaya seperti Meghna.

Delta ini merupakan sumber kehidupan bagi jutaan lebih warganya, terutama para petani. Masyarakat mengairi sawahnya dari delta ini.

Baca Juga: 5 Kota di Bangladesh yang Wajib Kalian Kunjungi!

4. Lebih dari 30 juta warganya berada di garis kemiskinan

5 Fakta Negara Bangladesh yang Merdeka pada 26 Maretthedailystar.net

Bangladesh tampaknya mempunyai permasalahan serius di bidang perekonomian. Dilansir dari laman Dhakatribune, tingkat kemiskinan di Bangladesh di tahun 2018 mecapai 21,8 persen. Sedangkan penduduk Bangladesh sendiri diprediksi mencapai 150 juta jiwa.

Artinya, sebanyak 30 juta orang di Bangladesh masih berada di garis kemiskinan. Belum lagi permasalahan ekonomi seperti ketimpangan dan pengangguran yang masih menjadi pekerjaan rumah pemerintah setempat.

5. Bangladesh mempunyai freelancer yang mempunyai keahlian tinggi

5 Fakta Negara Bangladesh yang Merdeka pada 26 Maretdaily-sun.com

Negara ini terkenal dengan freelancer yang berkeahlian tinggi, khususnya di bidang IT. Web developer dan programmer di negara ini mempunyai upah yang cukup murah tapi dengan kualitas yang tinggi. Selain itu, banyak masyarakat Bangladesh yang fasih menggunakan bahasa Inggris.

Nah, itu dia 5 fakta tentang negara Bangadesh yang harus kamu ketahui. Bagi warga Bangladesh, selamat merayakan hari kemerdekaan. 

Baca Juga: Dijuluki Kota Masjid, Ini 7 Wisata Menawan di Dhaka Bangladesh

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya