Comscore Tracker

7 Fakta Kokeshi Doll, Boneka Imut Asal Jepang, Simak Yuk!

Ternyata Memiliki Kisah Kelam

Boneka merupakan mainan yang berbentuk karakter tertentu, bisa bentuk manusia, binatang, buah, dan lain-lain. Banyak negara memiliki atau memproduksi boneka yang tentunya memiliki ciri khas masing-masing. Jepang, salah satu negara yang memliki banyak boneka, salah satunya adalah kokeshi doll. Bagi yang belum tahu apa itu sih kokeshi doll? Berikut ini 7 fakta kokhesi doll yang menarik untuk diketahui.

1. Sejarah Kokeshi Doll

7 Fakta Kokeshi Doll, Boneka Imut Asal Jepang, Simak Yuk!thechinaman.co.uk

Awal mula kokeshi doll dibuat yaitu pada tahun 1600 - 1868, di mana pada zaman terebut adalah masa kekaisaran Edo. Boneka ini dibuat dari bahan kayu, yang terletak di wilayah Tohoku, tepatnya di Shinchi Shuraku.

2. Bentuknya sederhana

7 Fakta Kokeshi Doll, Boneka Imut Asal Jepang, Simak Yuk!orientalsouls.com

Tidak seperti kebanyakan boneka pada umumnya, kokhesi doll memiliki bentuk yang sangat sederhana. Boneka ini biasanya memiliki ukuran antara 5,7, dan 10 inci. Terbuat dari kayu yang biasanya hanya berbentuk badan dan kepala saja, tanpa lengan maupun kaki. Meskipun tanpa lengan dan kaki, tetapi kokhesi doll ini tetap lucu dan unik.

3. Warna yang juga sederhana

7 Fakta Kokeshi Doll, Boneka Imut Asal Jepang, Simak Yuk!oyakata.com

Secara tradisional, kokhesi doll umumnya hanya memiliki 2 paduan warna saja, yaitu hitam dan merah dan atau kuning, namun pada era yang lebih modern, dan mungkin juga untuk tujuan komersial, boneka ini memiliki warna yang lebih beragam.

Baca Juga: 8 Pasangan dengan Kisah Cinta Paling Rumit dalam Sejarah, Siapa Saja?

4. Less expressive

7 Fakta Kokeshi Doll, Boneka Imut Asal Jepang, Simak Yuk!sfomuseum.org

Tidak hanya dari bentuknya saja yang sederhana, kokeshi doll juga di cat dengan sangat sederhana. Biasanya untuk membuat mata pada boneka ini hanya memberikan dua buah titik tebal pada wajah boneka ini dan ada juga yang menggunakan sebuah garis kecil. Karena mata hanya berupa titik atau garis, maka boneka ini terlihat Less Expressive atau kurang menggambarkan ekspresi wajah. Jadi kita tidak bisa mendefinisikan raut wajah boneka ini sedang sedih, marah, ataupun bahagia. Tetapi saat ini sudah banyak kita temukan kokeshi doll dengan bentuk mata yang lebih ekpresif (tidak hanya berupa titik).

5. Makna "Kokeshi" pada Kokeshi Doll

7 Fakta Kokeshi Doll, Boneka Imut Asal Jepang, Simak Yuk!thechinaman.co.uk

Tahukan kalian makna dari nama "kokeshi" dari boneka ini? Secara etimologi "ko" memiliki makna kecil dan anak-anak, sedangkan "keshi" memiliki makna boneka. Sehingga kokhesi bisa diartikan sebagai boneka kecil. Hal ini memang selaras dengan dimensi dari boneka ini yang mungil ya guys.

6. Meski bentuknya lucu, Kokeshi memiliki kisah kelam

7 Fakta Kokeshi Doll, Boneka Imut Asal Jepang, Simak Yuk!uncoveringjapan.com

Jika diartikan secara etimlogi, kokhesi memang bermakna boneka kecil, sehingga kesan yang didapat dari boneka ini adalah lucu dan menggambarkan kekanak-kanakan. Tetapi tahukah kalian, ada pandangan lain mengenai arti kokhesi doll ini. Kokeshi dipercaya juga berasal dari kata "kesu" yang bermakna "hapus/menghapus", sehingga jika digabungkan dengan makna dari "ko" yang berarti anak, maka didapatkan kata "hapus" dan "anak", hal ini dikait-kaitkan dengan pembunuhan bayi yang terjadi dibeberapa wilayah yang dilanda kemiskinan pada jaman pemerintahan Edo.

7. Terdapat museum Kokeshi Doll di Jepang

7 Fakta Kokeshi Doll, Boneka Imut Asal Jepang, Simak Yuk!commons.m.wikimedia.org

Tahukah kalian? Terdapat museum kokhesi doll di Jepang, tepatnya di kota Osaka. Di dalam museum ini terdapat kurang lebih lima ribu kokeshi doll. Ada yang mau berkunjung ke museum kokeshi doll?

Nah itu dia guys 7 fakta tentang kokeshi doll. Di balik bentuknya yang lucu ternyata tersimpan juga kisah kelam ya guys, meskipun kebenerannya sampai saat ini masih dipertanyaan. Ada yang tertarik membelinya sebebagai souvenir atah hiasan di rumah? Bisa komen juga ya guys bagi yang sudah punya boneka ini di rumah.

Baca Juga: Merdeka 18 April, Ini 5 Fakta Unik Negara Zimbabwe

Ary Yulianto Photo Writer Ary Yulianto

Penikmat Kopi Yang Berpaling ke Green Tea

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya