Comscore Tracker

5 Mitos Gerhana Bulan yang Masih Sering Dipercaya Hingga Sekarang

Katanya ibu hamil harus waspada

Malam ini, 31 Januari 2018 akan ada fenomena alam yang luar biasa di angkasa. Super Blue Moon alias salah satu gerhana bulan total paling memukau akan jadi tontonan spesial bagi para penghuni bumi.

Fenomena gerhana super blue moon mungkin menarik bagi banyak pihak, tetapi ada juga lho orang-orang yang masih punya kepercayaan terhadap peristiwa ilmiah ini. Seperti 5 mitos gerhana bulan yang masih dipercaya hingga sekarang ini.

1. Ketika gerhana, banyak yang percaya bulan dimakan raksasa atau makhluk magis lainnya

5 Mitos Gerhana Bulan yang Masih Sering Dipercaya Hingga Sekarangpexels.com

Tak hanya Indonesia, di berbagai negara lain pun banyak kebudayaan yang percaya bahwa bulan sedang dimakan raksasa atau makhluk magis lainnya saat gerhana.

Kalau di Indonesia kita percaya ada Batara Kala, raksasa jahat yang kepalanya gentayangan memakan matahari atau bulan sehingga menyebabkan gerhana. Sementara di Tiongkok, naga sakti yang dipercayai bertanggung jawab atas gerhana.

Beberapa kebudayaan lain juga percaya pada makhluk-makhluk magis seperti jaguar atau serigala gaib yang melahap bulan saat gerhana.

2. Konon katanya ada racun yang tersebar ketika gerhana bulan

5 Mitos Gerhana Bulan yang Masih Sering Dipercaya Hingga Sekarangunsplash.com

Kepercayaan ini masih hidup di sejumlah daerah di Asia. Katanya makanan yang dimasak saat gerhana bulan beracun, terutama bagi sejumlah masyarakat di India.

Kalau masyarakat Jepang percaya bahwa saat gerhana bulan ada racun yang mencemari sumber air. Itulah mengapa mereka kerap menutup sumur-sumur mereka saat fenomena alam itu terjadi.

3. Bunga yang ditanam saat gerhana bulan konon bakal tumbuh lebih cantik

5 Mitos Gerhana Bulan yang Masih Sering Dipercaya Hingga Sekarangunsplash.com

Tak semua mitos tentang gerhana bulan berakhir buruk. Ada juga yang berasal dari Italia dan bernada positif. Konon, tanaman dan bunga yang ditanam saat malam gerhana bulan akan tumbuh lebih sehat, indah, dan subur. Wah, coba buktikan guys.

Baca juga: Inilah 10 Lokasi Terbaik untuk Menyaksikan Gerhana Bulan Total Besok!

4. Gerhana dipercaya akibat dari pertikaian antara bulan dan matahari

5 Mitos Gerhana Bulan yang Masih Sering Dipercaya Hingga Sekarangpexels.com

Kita bisa mencari sisi positif dari kepercayaan ini seperti yang dilakukan masyarakat Benin dan Togo ini deh, guys. Suku Batammaliba percaya gerhana disebabkan pertengkaran antara matahari dan bulan, namun masyarakat akan berusaha melerai dan mendamaikan mereka berdua.

Ada filosofi bahwa kejadian alam ini merupakan momen bagi semua orang untuk bersatu dan menuntaskan pertikaian dan dendam yang pernah ada. Kepercayaan ini masih dipegang sampai sekarang sehingga masyarakat diperkirakan bakal berkumpul untuk merayakan gerhana bulan bareng di sana.

5. Saat gerhana bulan, ibu hamil harus berhati-hati. Bahkan sampai sembunyi di kolong tempat tidur!

5 Mitos Gerhana Bulan yang Masih Sering Dipercaya Hingga Sekarangunsplash.com

Kepercayaan yang satu ini ternyata tidak hanya terisolasi di Indonesia saja. Banyak juga negara lain yang meyakini bahwa para ibu hamil harus berhati-hati saat gerhana bulan. Anak mereka bisa lahir sakit, cacat dan lain sebagainya jika tidak menjalankan ritual yang diharuskan.

Bahkan sampai sembunyi di bawah kolong tempat tidur segala lho. Hingga masa kini masih ada masyarakat yang percaya dan mempraktikkan berbagai ritual untuk menjaga ibu hamil di kala gerhana, tapi banyak juga yang sudah meninggalkannya.

Itulah tadi 5 mitos gerhana bulan yang masih sering dipercaya hingga sekarang. Kamu masih percaya nomor berapa aja nih? Atau malah punya mitos lain yang gak disebutkan di atas? Bagikan di kolom komentar dong.

Baca juga: Super Blue Moon: Kejadian Langit Sangat Langka di 31 Januari 2018

Line IDN Times

Topic:

Just For You