Comscore Tracker

5 Alasan Kenapa Terkadang Ada Lagu yang Membekas di Ingatanmu

Tak bisa terlupakan meski waktu terus berjalan

Beberapa waktu lalu penulis mendengarkan sebuah podcast yang membahas tentang lagu yang memiliki kesan dalam hidup. Dalam episode podcast tersebut dua orang podcaster membagikan lagu-lagu yang menurut mereka berkesan disertai alasan mereka.

Tak lupa, beberapa pendengar podcast tersebut membagikan lagu yang berkesan di benak mereka disertai cerita di belakangnya. Dari hal tersebut penulis menyadari bahwa lagu tak hanya soal deretan lirik yang sekadar dinyanyikan semata.

Lagu punya 'magis' yang dapat terus dikenang oleh si pendengar. Bukan tanpa sebab itu bisa terjadi karena ada beberapa alasan yang mendasari sebuah lagu bisa menancap begitu lama sebagai memori di ingatan kita. Berikut ini di antaranya.

1. Lirik mengandung makna mendalam guna bangkitkan semangat arungi hidup

5 Alasan Kenapa Terkadang Ada Lagu yang Membekas di Ingatanmupexels.com/Andrea Piacquadio

Lirik adalah salah satu elemen yang tak bisa dilepaskan dalam sebuah lagu. Meski ada jenis lagu instrumental, lirik tetap tak bisa dikesampingkan dalam lagu. Untaian kata yang dirajut oleh si penulis menyiratkan banyak makna, salah satunya tentang semangat menghadapi rintangan.

Melalui lirik-lirik yang tertuang, lagu seolah sedang bercengkerama pada pendengar. Diibaratkan sebagai manusia, 'mereka' adalah sobat yang mendorong kita untuk terus berjuang meski tahu tantangan hidup tak selalu mudah untuk dijalani.

2. Pengingat jika realita yang tergambar dalam bait-bait lagu memang ada benarnya

5 Alasan Kenapa Terkadang Ada Lagu yang Membekas di Ingatanmupexels.com/Burst

Selain memberi semangat, lagu juga punya peran mengingatkan manusia tentang realita kehidupan. Bait lagu yang ditulis oleh si pencipta pastinya tak terlepas dari kondisi yang dialami oleh dirinya dan kebanyakan dari kita. 

Oleh sebab itu, secara tak langsung mereka mengingatkan kita bahwa di keseharian ada beragam hal yang dapat menimpa kita sewaktu-waktu seperti kehilangan, amarah terpendam hingga ingkar janji. 

Baca Juga: 5 Cara Kerja Musik untuk Mengurangi Stres, Apa Musik Andalanmu?

3. Bertalian dengan momen-momen tertentu di hidup yang sedang atau pernah dilalui

5 Alasan Kenapa Terkadang Ada Lagu yang Membekas di Ingatanmupexels.com/Kaboompics

Saat gerimis kamu teringat pada kenangan bersama seseorang yang pernah dicintai. Meski tak lagi bersama, ternyata ingatan itu tetap membekas dan terbawa hingga sekarang. 

Ada banyak yang kamu ingat tentang kalian berdua termasuk soal lagu favorit yang diputar  saat langit tengah sendu. Momen-momen itu bisa kembali hadir manakala lagu kesukaan kamu dan mantan tak sengaja diputar dalam sebuah ruangan. Ingatan pun terbang melayang ke masa lalu.

Kondisi seperti itu dialami oleh kebanyakan orang. Sebuah lagu bisa terkait dengan momen-momen tertentu. Bisa jadi berhubungan dengan momen bahagia atau justru jadi momen haru biru. Hal tersebut bergantung dari ingatan kita masing-masing.

4. Salah satu 'obat' patah hati dan rasa sakit diterjang kerasnya kehidupan

5 Alasan Kenapa Terkadang Ada Lagu yang Membekas di Ingatanmupexels.com/freestocks

Hidup manusia seperti gelombang air laut. Terkadang bergulung begitu dahsyat namun dalam suatu waktu deburannya terlihat cukup tenang. Di satu waktu, kita berada pada perasaan senang bukan main. Tapi, di lain hari kita terdampar karena rasa sakit hati tak terperih.

Beberapa cara dilakukan demi bebas dari perasaan sakit hati. Salah satu yang dipilih ialah dengan mendengarkan lagu. Biasanya, lagu mellow jadi pelampiasan emosi. Tanpa sadar, pipi telah basah oleh air mata dan perlahan perasaan menjadi lebih tenang.

Tetapi, ada pula yang memilih lagu upbeat untuk meredakan rasa kesal dan kecewa. Namun, apa pun pilihan genre musiknya semua bermuara pada satu hal yakni meredakan rasa sakit. Jika terus dipendam bisa bikin kita makin sakit hati.

5. Ingatkan agar lebih peka dan peduli pada hal-hal di sekitar

5 Alasan Kenapa Terkadang Ada Lagu yang Membekas di Ingatanmupexels.com/Andrea Piacquadio

Manusia adalah makhluk yang tak dapat hidup sendiri. Kita dikelilingi oleh semesta beserta isinya, tak terkecuali sesama manusia. Agar dapat terjalin dengan baik diperlukan interaksi di dalamnya. Kepekaan dan peduli pada hal yang ada di sekitar kita salah satu cara kita berinteraksi meski bukan satu-satunya. 

Para musisi lewat lagu-lagu mereka sering mengingatkan agar tak lupa pada sahabat, orang tua atau pun orang terkasih yang telah ada di saat susah atau senang. Selain itu, kita turut diingatkan agar tak lalai dengan kelestarian alam semesta, tempat kita bernaung.

Itu tadi sebab-sebab mengapa sebuah lagu bisa membekas di ingatan kita. Kalau kamu sendiri ada lagu favorit yang masih terngiang sampai sekarang?

Baca Juga: Ungkap Kepribadianmu Melalui 6 Genre Musik Ini, Kamu Tipe yang Mana?

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Pecinta K-Pop, Olahraga, dan berita teknologi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya