Comscore Tracker

Menjawab Rasa Penasaranmu, Begini Asal-Usul Nama-nama Hari

Bahasa Inggris nama-nama hari diadaptasi dari mitologi kuno!

Seringkali kita bertanya-tanya kenapa suatu hal dinamakan sebagaimana hal itu sering disebut sekarang, salah satunya adalah nama-nama hari khususnya dalam bahasa Inggris. Dalam sistem kalender yang kita gunakan hingga saat ini, satu minggu terdiri dari tujuh hari yaitu minggu (sunday), senin (monday), selasa (tuesday), rabu (wednesday), kamis (thursday), jumat (friday), dan sabtu (saturday).

Nama-nama hari dalam bahasa Inggris ini ternyata diadaptasi dari tradisi Romawi yang menamai tiap hari berdasarkan nama dewa yang dibuat sebagai penghormatan kepada para dewa yang dianggap telah memerintah kehidupan manusia. Nama-nama hari dari tradisi Romawi kemudian mengalami perubahan selama berabad-abad oleh mitos-mitos Jerman dan Norwegia sehingga menjadi nama-nama hari yang kini kita kenal. 

Penasaran kan kenapa ada nama hari yang dinamakan sunday, monday, dan lainnya? Let's check this out!

1. Sunday (Minggu) berarti Hari Matahari

Menjawab Rasa Penasaranmu, Begini Asal-Usul Nama-nama Haribehance.net

Hari Minggu (sunday) berasal dari Bahasa Inggris Kuno “Sunnandæg” yang berasal dari interpretasi bahasa Jerman terhadap bahasa Latin "dies solis" atau dalama bahasa Yunani "hemera helio" yang artinya "Hari Matahari". Mitologi Jerman dan Nordik mempersonifikasikan matahari sebagai dewi bernama Sunna atau Sól.

2. Monday (Senin) berarti Hari Bulan

Menjawab Rasa Penasaranmu, Begini Asal-Usul Nama-nama Harilovethispic.com

Nama hari Senin (monday) juga berasal dari Bahasa Inggris Kuno "Mōnandæg" yang bisa diterjemahkan sebagai "Hari Bulan". Penghormatan ke bulan ini dapat dilihat dalam beberapa bahasa lain juga seperti dalam bahasa Latin yaitu "dies lunae", bahasa Yunani kuno yaitu "hemera selene", “lunes” dalam bahasa Spanyol dan "lundi" dalam bahasa Prancis. Keseluruhannya berasal dari kata dasar untuk bulan yaitu "luna" dan "lune" dalam masing-masing bahasa.

3. Tuesday (Selasa) diambil dari nama Dewa Tiw

Menjawab Rasa Penasaranmu, Begini Asal-Usul Nama-nama Harigoodlucksymbols

Kata Tuesday berasal dari Bahasa Inggris Kuno “Tīwesdæg” yang diambil dari nama Dewa Tiw yaitu seorang dewa perang bertangan satu. Jika hari Minggu dan Senin dinamai berdasarkan nama planet, Tuesday adalah hari pertama yang diberi nama berasal dari nama seorang dewa. 

Baca Juga: Jarang Dilirik, Ini 6 Fakta Kucing Calico yang Akan Menambah Wawasanmu

4. Wednesday (Rabu) berarti Hari Woden

Menjawab Rasa Penasaranmu, Begini Asal-Usul Nama-nama Harithefactsite.com

Wednesday berasal dari Bahasa Inggris Kuno "Wōdnesdæg" yang berarti Hari Woden. Woden atau Odin adalah penguasa kerajaan para dewa mitologi Norgik yang dikaitkan dengan kebijaksanaan, sihir, kemenangan dan kematian. Bangsa Romawi menghubungkan Wōden dengan Merkurius karena keduanya adalah dewa penuntun jiwa setelah kematian.

5. Thursday (Kamis) diambil dari nama Dewa Guntur, Thor

Menjawab Rasa Penasaranmu, Begini Asal-Usul Nama-nama Harigo.activecalendar.com

Thrusday adalah salah satu nama hari  termudah untuk menerjemahkan yang artinya "Hari Thor". Thor berasal dari nama dewa guntur Jerman, Thunraz, yang dikenal dengan kemampuannya menciptakan badai dan guntur. Dalam mitologi Norgik, Thor adalah seorang dewa yang memegang palu yang memiliki kekuatan besar dan berperan penting dalam hal perlindungan. 

6. Friday (Jumat) dikaitkan dengan nama Dewi Cinta, Freya

Menjawab Rasa Penasaranmu, Begini Asal-Usul Nama-nama Harinewblog.grabone.co.nz

Banyak versi darimana kata friday (jumat) didapatkan. Kata ini berasal dari Bahasa Inggris Kuno "Frīgedæg". Friday dikaitkan dengan Freya, yaitu dewi cinta, pernikahan, dan kesuburan dalam Mitologi Norgik. Bahasa Latin, “dies Veneris” dan bahasa Yunani “hemeres Aphrodite”, atau dipanggil dewi Venus dan Aphrodite sebagai gantinya. Versi lain menyebutkan bahwa nama friday dinamai menurut istri Odin, yaitu Frigg. 

7. Saturday (sabtu) berarti Hari Saturnus

Menjawab Rasa Penasaranmu, Begini Asal-Usul Nama-nama Harigoodlucksymbols.com

Apabila nama hari Minggu hingga Jumat dalam tradisi mitologi kuno terdapat nama Dewa yang ditugaskan untuk menjaga, dalam tradisi Jerman dan Norwegia tidak menugaskan salah satu dari dewa mereka untuk hari ini dalam seminggu. Kata bahasa Inggris "Saturday" berasal dari kata Anglo-Saxon "Sæturnesdæg," yang diterjemahkan menjadi "Hari Saturnus" dimana nama hari ini tetap mempertahankan namanya dari bahasa Romawi sebagai gantinya. 

Dibalik nama-nama hari dalam Bahasa Inggris yang cukup mudah untuk diucapkan tadi ternyata memiliki sejarah pajang nan rumit dibaliknya ya. Rasa penasaranmu sudah terjawab 'kan?

Baca Juga: 7 Fakta Ternyata Kepribadian Berpengaruh pada Panjang Pendeknya Usiamu

Mademoiselle D Photo Verified Writer Mademoiselle D

On a journey of life: dealing with myself.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya