Comscore Tracker

7 Channel Masak ASMR yang Bikin Penonton Tergoda ke Dapur 

Jangan cuma mukbang, ayo masak! 

Gak hanya video mukbang yang bisa berikan kamu sensasi ASMR, video memasak bisa juga lho. Tidak melulu bikin laper, menonton video berikut ini akan membuatmu tergoda buat ke dapur dan masak makanan baru yang belum pernah kamu coba sebelumnya. 

Dibuat tanpa backsound  dan narasi, kamu pun bisa fokus melihat cara pembuatan makanan sampai ke detilnya. Tenang, untuk hal yang belum jelas mereka sudah menyediakan subtitle dalam berbagai bahasa, termasuk bahasa Indonesia. Resepnya juga tercantum jelas di kolom deskripsi. Berikut beberapa rekomendasi channel masak ASMR yang bisa kamu tonton sekarang juga. 

1. Cooking tree 

https://www.youtube.com/embed/iKTpakLtRvs

Channel asal Korea ini sudah punya ratusan ribu pelanggan dan pengikut di media sosial. Dengan penampilan yang aestetik dan sederhana khas Korea, resep makanan yang mereka tampilkan juga sangat menarik.

Kebanyakan memang dessert seperti kue, biskuit, dan mousse. Dari yang klasik, legendaris, sampai yang kekinian, mereka sudah punya koleksi video masak ASMR-nya. Silakan ditengok. 

2. Nino's Home 

https://www.youtube.com/embed/bk03DlJC9Mo

Beda dengan Cooking Tree yang tidak menampilkan sosok manusia sama sekali, channel Nino's Home akan memperkenalkanmu pada sosok pria dengan topeng beruang yang tingkahnya kocak.

Ia memang tidak memberikan narasi suara melainkan mencantumkan deskripsi lengkap tentang tiap tahap proses masaknya lewat subtitle. Bisa kamu nyalakan jika memang tertarik mengetahui lebih lanjut. Namun, tanpa subtitle pun tutorial memasak dari Nino sangat mudah diikuti. Bikin tergiur untuk ikut masak juga. 

3. kOzy 

https://www.youtube.com/embed/GpS-skC34D0

Kanal masak ASMR asal Korea ini tergolong baru, tetapi ia langsung menarik perhatian karena resepnya yang super gampang. Ia sudah punya ratusan video resep, mulai dari makanan utama, makanan ringan, dessert, hingga minuman. Semuanya terlihat mudah dan tangannya yang luwes bikin kita merasa yakin kalau resepnya bisa dipraktikan di dunia nyata. 

Baca Juga: 10 Channel YouTube Edukatif Ini Bisa Menemani Harimu Saat #DiRumahAja

4. Cooking See 

https://www.youtube.com/embed/-6oKEiI6_N0

Channel masak ini juga berasal dari Korea dan kebanyakan fokus pada baking yaitu pembuatan makanan yang harus melalui proses pemanggangan. Cocok buat kamu yang tertarik pada kue, pie, pastry, hingga cookies.

Sebagai informasi, baking adalah salah satu proses memasak yang paling sulit dan tidak semua orang pun berhasil di percobaan pertama. Jadi kalau kamu tertarik mempelajarinya secara autodidak, coba tonton video-video di channel ini sebagai permulaan. 

5. Emojoie Cuisine 

https://www.youtube.com/embed/i3SktcOL4ko

Dari Korea, mari beralih ke channel masak ASMR asal Jepang bernama Emojoie Cuisine. Bisa dibilang ia adalah pelopor channel masak di YouTube yang dibuat tanpa narasi sama sekali. Presentasi akhir makanannya benar-benar menarik mata, tetapi semua sudah diawali dari dapur bersih dan proses pemasakan yang terkstuktur dan rapi.

Walau kamu belum punya niat untuk memasak sekarang, menonton video dari kanal ini bagaikan terapi. Menenangkan banget! 

 6. J’adore

https://www.youtube.com/embed/tUVPCWWinZI

Memang deh sepertinya kanal-kanal ASMR dikuasai YouTuber asal Korea. Salah satunya J’adore yang merupakan channel memasak dengan ratusan ribu pelanggan setia. Ia fokus pada pembuatan dessert-dessert cantik nan unik.

Memang agak susah membuatnya, tetapi boleh dicoba suatu hari. Banyak pula resep kekinian yang ia bagikan tipsnya. Silakan dilanggan jika tak ingin ketinggalan. 

7. SEODAM 

https://www.youtube.com/embed/6ZQzFDQZXBY

Mirip J’adore, channel masak ASMR yang satu ini fokus pada dessert. Bedanya ia tak segan membuat dessert dan manisan yang tutorial memasaknya jarang bisa kamu temukan.

Beberapa di antaranya manisan buah kering, merengue, macaron, dan manisan stroberi. Gak hanya resep-resep asal Asia, ia juga banyak berbagi tutorial makanan manis asal benua lain.

Tunggu apalagi, yuk dicoba resep-resepnya. 

Baca Juga: 7 Channel Youtube tentang Mainan, Bersahabat Banget dengan Segala Usia

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya