Comscore Tracker

8 Podcast True Crime dengan Pendengar Paling Banyak di Dunia

Bisa membuat wawasanmu bertambah!

Podcast, salah satu media berbasis audio yang kini sedang digemari banyak orang. Sensasinya yang mirip seperti mendengarkan radio, tetapi bisa didengarkan kapan saja kamu mau membuatmu tak perlu takut ketinggalan satu episode pun. 

Salah satu genre yang paling laris selain horor dan gaya hidup adalah true crime. Podcast bergenre ini digemari karena mampu memberikan fakta-fakta teranyar tentang berbagai kasus kriminal yang pernah terjadi. Utamanya dari Amerika Serikat, banyak podcast true crime yang sering merajai ranking podcast terpopuler. Ini delapan di antaranya. 

1. Crime Junkie

8 Podcast True Crime dengan Pendengar Paling Banyak di Duniainstagram.com/crimejunkiepodcast

Crime Junkie dibawakan oleh Ashley Flowers dan Brit Prawat, sahabat semasa kecil yang memulai merekam analisa mereka tentang kasus-kasus kriminal sejak 2017. Ashley biasanya akan memulai podcast dengan fakta-fakta penemuan jenazah atau hilangnya seseorang, kemudian Brit akan menimpali dengan berbagai analisa tambahan berdasar pengalaman pribadi mereka. Podcast mereka serasa seperti obrolan biasa yang sangat enak didengarkan dan tak bikin kantuk.

Sayangnya, beberapa kali mereka terkena kasus plagiarisme karena tidak menyebutkan secara spesifik sejumlah sumber yang mereka pakai. Hal ini membuat beberapa episode yang kontroversial karena plagiat mereka hapus. Meski begitu, episode-episodenya sering masuk daftar teratas di iTunes. 

2. The Generation Why Podcast

8 Podcast True Crime dengan Pendengar Paling Banyak di Duniainstagram.com/generationwhypodcast

Pembawa acaranya adalah dua kawan karib Austin dan Justin yang akan membawamu menelisik kasus-kasus kriminal beserta beberapa teori konspirasi. Kebanyakan kasusnya terjadi di Amerika Serikat, tetapi tidak hanya berupa pembunuhan dan orang hilang seperti podcast true crime biasa. terkadang mereka membahas konspirasi dan kejahatan yang berhubungan dengan politik.

Dengan intonasi dan narasi yang enak didengar serta fokus, podcast ini salah satu yang bisa kamu coba dengar jika hendak mengenal genre true crime. Generation Why Podcast berada di bawah media Wondery yang punya beberapa seri podcast kriminal lainnya. Silakan dicari tahu lebih lanjut jika tertarik. 

3. Cult Liter

8 Podcast True Crime dengan Pendengar Paling Banyak di Duniainstagram.com/spencerhenry

Dibawakan oleh Spencer Henry, podcast Cult Liter menjadi salah satu yang terpopuler di dunia. Selain pembunuhan, kasus yang diliput adalah perkara cult alias pemuja keyakinan khusus dan berbagai peristiwa mengerikan serta spooky lainnya. Dibawakan dengan efek lo-fi dan narasi yang santai dan kadang kala kocak, podcast ini pun sudah punya banyak pendengar dari seluruh dunia.  

4. DIE-ALOGUE

8 Podcast True Crime dengan Pendengar Paling Banyak di Duniainstagram.com/diealoguepod

Dirilis tiap minggu, episodenya dibawakan oleh Rebekah Sebastian yang akan memberikanmu berbagai cerita-cerita di balik sebuah kasus kriminal. Tidak hanya membeberkan fakta-fakta, Rebekah akan mewawancarai orang-orang yang terlibat atau terhubung dalam sebuah kasus kriminal yang ia liput.

Ini akan memberi pendengar data primer dan kesaksian yang cukup meyakinkan dan tentunya membuat podcast true crime ini berbeda dari yang lain. 

Baca Juga: 5 Podcast Seleb yang Wajib Kamu Dengerin, Menghibur dan Inspiratif!

5. The Trail Went Cold

8 Podcast True Crime dengan Pendengar Paling Banyak di Duniainstagram.com/ottawapodcastfestival

Trail Went Cold dibawakan oleh Robin Warder yang sejak detik pertama sudah mampu mengundang pendengarnya untuk masuk ke investigasi yang ia susun tentang sebuah kasus. Semua kasusnya masih berstatus belum terungkap atau yang dikenal pula dengan istilah cold case.

Robin membawakan podcast-nya dengan intonasi yang nyaman, tegas, dan sangat to-the-point. Tiap kata yang ia pilih punya makna dan wajib kamu dengarkan baik-baik untuk mengerti plot kasus yang ia bawakan di setiap episode. 

6. Wrongful Conviction

8 Podcast True Crime dengan Pendengar Paling Banyak di Duniainstagram.com/wrongfulconviction

Beda dengan kebanyakan podcast true crime yang fokus pada pelaku kriminal yang jelas salah serta korbannya yang perlu keadilan, Wrongful Conviction fokus pada kasus-kasus kriminal salah tangkap. Ia bahkan kadang mewawancarai para korban salah tangkap tersebut, seperti Amanda Knox.

Jason Flom, sang pembawa acara akan membeberkan beberapa fakta persidangan yang menurutnya janggal serta memberikan dukungan moral untuk para korban salah tangkap tersebut. Sebelum membuat podcast ini, Jason sudah menjadi aktivis untuk para tersangka kejahatan yang sebenarnya tidak bersalah. 

7. My Favorite Murder

8 Podcast True Crime dengan Pendengar Paling Banyak di Duniaexactlyrightmedia.com

Salah satu podcast true crime paling laris lainnya adalah My Favorite Murder  yang dipelopori oleh Karen Kilgarrif dan Georgia Hardstark. Keduanya punya pembawaan santai dan kadang menyelipkan beberapa gurauan di tengah analisa kasus kriminal mereka.

Jika kamu tak keberatan dengan sisipan gurauan dan suka dengan humor mereka, silakan langsung meluncur ke podcast ini. 

8. Throughline

8 Podcast True Crime dengan Pendengar Paling Banyak di Duniainstagram.com/mikemorganphoto

Salah satu podcast milik media kekinian NPR ini sebenarnya tak hanya fokus pada true crime atau kasus kriminal di level personal. Kadang mereka akan menyelinginya dengan episode tentang berita kriminal dan konspirasi di ranah global.

Cocok untuk kamu yang suka dengan kanal-kanal macam Vox dan Vice, NPR Throughline bisa kamu nikmati sambil bekerja tanpa takut produktivitas terganggu. 

Coba dengar satu per satu dan temukan mana yang layak ditambahkan dalam daftar podcast favoritmu. 

Baca Juga: 8 Podcast Ini Membantumu Lewati 2020 dengan Penuh Motivasi

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya