Comscore Tracker

Anjing 101: 7 Variasi Makanan untuk Anjing Kesayangan, Biar Gak Bosan!

Anjing juga bisa bosan sama makanan mereka lho

Anjing dikenal luas sebagai karnivora atau pemakan daging.  Hal ini adalah sifat bawaan dari spesies leluhur mereka, yaitu serigala.  Namun, mengonsumsi daging saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan vitamin yang diperlukan oleh anjing.  Supaya kebutuhan tersebut terpenuhi, para pemilik perlu memberikan variasi dalam makanan anjing.  Berikut beberapa ide agar sang kesayangan memiliki gizi dan vitamin yang cukup.

1. Stroberi dan bluberi

Anjing 101: 7 Variasi Makanan untuk Anjing Kesayangan, Biar Gak Bosan!unsplash.com/Artur Rutkowski

Dua buah beri ini mengandung banyak antioksidan, serat, serta nutrisi yang baik bagi anjing.  Sebelum diberikan sebagai konsumsi, pastikan tidak ada daun dari buah yang menempel serta potong menjadi bagian-bagian kecil sehingga anjing tidak tersedak ketika sedang mengunyahnya.

2. Apel, pir, semangka, dan melon

Anjing 101: 7 Variasi Makanan untuk Anjing Kesayangan, Biar Gak Bosan!pixabay.com/pasja1000

Keempat buah-buahan tersebut aman dikonsumsi oleh hewan berkaki empat ini.  Mengandung banyak serat dan vitamin A & C, keempat buah ini juga bisa memperlancar pencernaan anjing. Pastikan kamu sudah mengupas dan membuang biji-biji yang ada di buah serta memotong buah dalam ukuran kecil sebelum diberikan kepada anjing peliharaan.  Berikan dengan jumlah secukupnya ya pawrents, karena keempat buah ini mengandung kadar gula alami yang tinggi.

3. Wortel

Anjing 101: 7 Variasi Makanan untuk Anjing Kesayangan, Biar Gak Bosan!pixabay.com/jackmac34

Wortel adalah sayuran rendah kalori yang memiliki banyak vitamin, terutama vitamin A.  Wortel dapat disajikan secara mentah atau matang (direbus), namun pastikan kulitnya sudah dikupas sebelum dikonsumsi oleh anjing.  Tidak hanya itu, tekstur wortel yang agak keras juga berguna untuk melatih pertumbuhan gigi anjing.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik "Kai Ken", Jenis Anjing dengan Sifat Protektif

4. Yoghurt

Anjing 101: 7 Variasi Makanan untuk Anjing Kesayangan, Biar Gak Bosan!Unsplash.com/SaraCervera

Yoghurt memiliki kandungan protein dan kalsium yang tinggi.  Selain itu, bakteri aktif di dalam yoghurt baik bagi kelancaran pencernaan doggy.  Namun, tidak seperti manusia yang memiliki daya tahan tubuh baik, yoghurt dengan perisa buatan dapat berbahaya bagi mereka.  Jadi, yoghurt yang paling baik untuk diberikan adalah plain yoghurt alias yoghurt tawar tanpa perisa.

5. Telur

Anjing 101: 7 Variasi Makanan untuk Anjing Kesayangan, Biar Gak Bosan!unsplash.com/@limpido

Alternatif lauk selain daging adalah telur. Telur adalah sumber protein yang baik bagi kesehatan anjing. Telur baik dikonsumsi, asalkan telah diolah dengan matang, karena telur mentah mengandung bakteri yang dapat membahayakan pencernaan doggy.

6. Roti dan nasi

Anjing 101: 7 Variasi Makanan untuk Anjing Kesayangan, Biar Gak Bosan!Pixabay.com/Cord Media Stuttgart

Sama seperti manusia, anjing juga bisa mendapatkan sumber karbohidrat dari roti dan nasi.  Sebelum memberikan roti, pastikan tidak ada tambahan atau topping yang dapat membahayakan anjing seperti kismis atau cokelat.  Untuk nasi, nasi yang bisa dikonsumsi anjing adalah nasi putih dan nasi merah.

7. Seledri

Anjing 101: 7 Variasi Makanan untuk Anjing Kesayangan, Biar Gak Bosan!Pixabay/jackmac34

Seledri, apabila tidak diberikan dalam jumlah banyak, aman bagi anjing.  Seledri adalah sumber berbagai vitamin dan mineral, serta rendah tingkat kalorinya.  Pastikan sebelum menyajikanya kepada peliharaan kesayangan, seledri sudah dipotong dan dicuci dengan bersih, ya!

Ketujuh hal tersebut adalah alternatif makanan bagi para doggy selain memenuhi kebutuhan fisik mereka, mengganti menu makanan juga penting agar doggy tidak bosan dengan canned dog food sehingga mereka selalu memiliki nafsu makan tinggi.  Selamat mencoba, pawrents!

Baca Juga: 5 Jenis Anjing yang Ramah dan Akrab dengan Kucing, Gak Rusuh!

Eunike Angga Photo Writer Eunike Angga

An ambidextrous ambivert writer. Currently majoring in Chinese Literature.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya