Comscore Tracker

10 Praktik Pesugihan di Indonesia yang Sering Dipakai Orang Putus Asa

Serem!

Terkadang nafsu ingin kaya dalam tempo singkat, membuat seseorang khilaf mencari jalan pintas. Mulai dari mencuri, korupsi, bahkan sampai meminta kekayaan pada makhluk gaib. Praktik ini sering disebut pesugihan. Dan tentu saja, hal ini tak boleh dilakukan!

Di Indonesia, ternyata ada bermacam-macam pesugihan. Apa saja ya? yuk simak ulasannya mengenai 10 praktik pesugihan di Indonesia yang paling populer dan sering digunakan berikut ini!

1. Pesugihan Gunung Kemukus

10 Praktik Pesugihan di Indonesia yang Sering Dipakai Orang Putus Asaremcakram.com

Pesugihan Gunung Kemukus memiliki mitos lumayan seru. Katanya kalau mau kaya, pengunjung harus berhubungan seks dengan orang yang bukan pasangannya. Gunung Kemukus ada di Sragen Jawa Tengah.

Pihak pengelola wisata dan pemerintah kabupaten sendiri, telah menepis isu tersebut. Tetapi siapa yang tahu kalau belum mengecek langsung. Gunung ini juga pernah diliput media Australia di kanal Special Broadcasting Service dengan tajuk acara “Sex Mountain”.

2. Pesugihan Nyi Blorong

10 Praktik Pesugihan di Indonesia yang Sering Dipakai Orang Putus Asaiyakan.com

Pesugihan Nyi Blorong lumayan seram untuk diketahui. Katanya pihak yang melakukan ritual ini, bisa kaya sampai dua dekade. Namun tumbalnya adalah bila si peminta kekayaan meninggal, ruhnya akan jadi pengikut Nyi Blorong.

3. Pesugihan Nyai Puspo Cempoko

10 Praktik Pesugihan di Indonesia yang Sering Dipakai Orang Putus Asawarisdjati.blogspot.co.id

Legenda berkata, Nyai Puspo Cempoko adalah penunggu Kabongan, Rembang. Ia akan mengganjar sebuah kekayaan pada lelaki yang bersedia menjadi suaminya. Syaratnya dengan menyediakan satu ruangan khusus untuk Nyai Puspo Cempoko bersama si lelaki. Selain itu, peminta kekayaan juga harus menyiapkan sesajen berupa jajan pasar, kembang, bakaran menyan madu dan kelapa hijau tiap malam.

4. Pesugihan Lereng Merapi

10 Praktik Pesugihan di Indonesia yang Sering Dipakai Orang Putus Asavolcanotourmerapi.blogspot.co.id

Tepatnya pada gundukan tanah yang menyerupai batu terbalik dan dinamai Watu Tumpeng. Menurut legenda, Watu Tumpeng adalah kuburan gajah yang diberikan oleh Panembahan Senopati untuk Kerincing Wesi. Banyak sesajen yang diberikan di sini diikuti dengan orang-orang berdoa meminta keinginan mereka terkabul.

5. Pesugihan Bulu Genderuwo

10 Praktik Pesugihan di Indonesia yang Sering Dipakai Orang Putus Asahendz-jr.blogspot.co.id

Katanya pesugihan ini adalah favorit pemburu harta karena syarat dan tumbalnya bukanlah nyawa. Orang yang menginginkan pesugihan ini, menyiapkan masakan dari burung gagak dan berdiri di bawah pohon gayam sambil bertelanjang bulat.

Baca Juga: Bangunan-bangunan yang Tercipta Karena Insinyurnya Lagi Enggak Enak Badan!

6. Pesugihan Gunung Talamau

10 Praktik Pesugihan di Indonesia yang Sering Dipakai Orang Putus Asatoursumbar.info

Gunung Talamau adalah puncak tertinggi di Sumatra Barat dan memiliki banyak telaga. Konon gunung ini dijaga oleh Harimau Campo. Orang yang mencari pesugihan, umumnya ingin menang togel, mendapat pangkat dan sebagainya.

7. Pesugihan Minyak Kuyang atau Kawiyang

10 Praktik Pesugihan di Indonesia yang Sering Dipakai Orang Putus Asaabduhzoe.blogspot.co.id

Minyak Kuyang atau Kawiyang disimpan dalam wadah bernama Cecupu. Minyak ini merupakan pesugihan khusus yang hanya bisa didapat dari Pulau Kalimantan. Legenda mengatakan ada lima jenis minyak dengan warna yang berbeda dan mempunyai efek berbeda. Salah satunya adalah minyak warna putih yang bisa membawa pulang kembali uang yang sudah dibelanjakan.

8. Pesugihan Sumur Kembar Gilimanuk

10 Praktik Pesugihan di Indonesia yang Sering Dipakai Orang Putus Asawisatabali-spiritual.blogspot.co.id

Lokasi pesugihan ini ada di dekat jalan dari Jembrana menuju Gilimanuk, Bali. Legendanya air di sumur kembar ini punya banyak manfaat. Konon kalau membasuh muka dengan air ini dapat enteng jodoh. Namun khusus wanita nakal yang ingin “dagangan”-nya laris, harus mandi telanjang.

9. Pesugihan Pabrik Kapas, Puyung, Lombok, Nusa Tenggara Barat

10 Praktik Pesugihan di Indonesia yang Sering Dipakai Orang Putus Asasimplenote.16mb.com

Dulu daerah Puyung memiliki pabrik kapas peninggalan Belanda. Sebelum menjadi pabrik kapas, tempat tersebut merupakan pabrik gula. Namun kini tidak beroperasi sama sekali. Katanya makhluk yang menangai pesugihan di sini adalah siluman kelelawar.

10. Pesugihan Babi Ngepet

10 Praktik Pesugihan di Indonesia yang Sering Dipakai Orang Putus Asaen.wikipedia.org

Pesugihan ini begitu terkenal karena menghebohkan berbagai tempat di Indonesia. Dikisahkan dengan pesugihan ini, seseorang dapat berubah menjadi babi dan mampu mencuri benda berharga tanpa ketahuan. Syaratnya adalah mitra kerjanya harus bisa menjaga nyala api milik lilin babi ngepet tetap menyala.

Itulah 10 praktik pesugihan di Indonesia yang paling populer dan sering dipakai. Apakah kamu percaya adanya pesugihan? Pastikan kamu tak mengikutinya ya! Karena kenyataanya, kesuksesan sejati didapatkan hanya dengan doa dan kerja keras.

Baca Juga: Penjelasan Suara Peluit dari Dalam Laut Karibia yang Terdengar Sampai Angkasa

Topic:

  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya