Comscore Tracker

Karyanya Diadaptasi ke TV, 5 Fakta Mira W. Penulis 'Dari Jendela SMP'

Penulis ini sudah berkarya sejak tahun '70-an

Nama Mira W. mulai berkumandang lagi di tahun 2020 seiring dengan karyanya yang berjudul Dari Jendela SMP diadaptasi menjadi salah satu sinetron remaja di sebuah stasiun televisi swasta yang ada di Indonesia dengan judul yang sama. Novel ini sendiri telah terbit di tahun 1983 oleh penerbit Gramedia Pustaka Utama dengan cerita romansa ala remaja yang menjadi fokusnya.

Artikel di bawah akan membahas 5 fakta dari penulis kenamaan Indonesia ini, penasaran? Mari kita simak bersama.

1. Profesi 

Karyanya Diadaptasi ke TV, 5 Fakta Mira W. Penulis 'Dari Jendela SMP'thebookielooker.com

Sebelum menjadi penulis, Mira W. yang memiliki nama lengkap Mira Widjaja atau Mira Wong ini juga merupakan seorang dokter. Penulis ini merupakan lulusan tahun 1979 di Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti.

Selain menjadi penulis dan juga dokter, Mira W. juga menjabat sebagai Ketua Balai Pengobatan Universitas Prof. Dr. Meostopo di Jakarta.

2. Silsilah keluarga 

Karyanya Diadaptasi ke TV, 5 Fakta Mira W. Penulis 'Dari Jendela SMP'fjpindonesia.com

Mira W. merupakan anak dari Othniel Wong yang merupakan salah satu pelopor perfilman Indonesia. Pada zaman Hindia Belanda, ayahnya bersama dengan dua saudaranya yaitu Nelson dan Joshua membentuk Wong Brothers dan memproduksi banyak film.

Dapat dikatakan bahwa karya-karya Mira W. yang juga banyak diadaptasi ke layar kaca maupun layar lebar mungkin dikarenakan faktor ayahnya, karena Othniel Wong dahulunya adalah seorang produser Cendrawasih Film.

Baca Juga: Romantis Abis, 5 Sinetron Jadul Ini Diangkat dari Novel Karya Mira W

3. Debut menulis 

Karyanya Diadaptasi ke TV, 5 Fakta Mira W. Penulis 'Dari Jendela SMP'fjpindonesia.com

Sejak dirinya masih berada di Sekolah Dasar, Mira W. mulai menunjukkan bakatnya di bidang menulis ataupun mengarang. Debutnya sebagai penulis kemudian terjadi pada tahun 1975 saat karyanya yang berupa cerita pendek dimuat di majalah Femina.

Selain mengarang cerita pendek, Mira W. kemudian menerbitkan novel pertamanya dengan format cerita bersambung di majalah Dewi pada tahun 1977, dua tahun setelah cerpen pertamanya.

4. Inspirasi 

Karyanya Diadaptasi ke TV, 5 Fakta Mira W. Penulis 'Dari Jendela SMP'facebook.com/komikonyet123

Penulis kelahiran 13 September 1951 ini menyebutkan beberapa penulis yang menjadi inspirasinya dalam tetap terus menulis. Mira W. mengaku bahwa karyanya tidak terlalu mendalam dan mengagumi karya-karya dari penulis Indonesia seperti NH. Dini, Marga T, dan Y.B. Mangunwijaya sebagai penulis yang menginspirasinya.

Sedangkan untuk penulis luar, Mira W. mendapatkan inspirasi dari karya-karya Agatha Christie, Harold Robbins, dan Pearl S. Buck.

5. Menjadi pelopor penulis keturunan Tionghoa 

Karyanya Diadaptasi ke TV, 5 Fakta Mira W. Penulis 'Dari Jendela SMP'ceritaeka.com

Dengan latar belakang Tionghoa, Mira W. bersama dengan Marga T. dianggap menjadi pelopor penulis keturunan Tionghoa di Indonesia. Nama pena yang digunakan Mira W. dianggap sebagai salah satu bentuk pengaburan antara nama Indonesianya 'Mira Widjaja' dan nama Tionghoanya 'Mira Wong', begitu juga yang dilakukan oleh penulis Marga T. Hal ini terjadi karena terdapat sebagian niat buruk terhadap orang Indonesia dengan keturunan Tionghoa selama rezim Orde Baru Soeharto.

Kalau sebelumnya Mira W. mendapatkan inspirasi dari penulis lain, karena dirinya menjadi pelopor penulis keturunan Tionghoa, maka Mira W. sendiri disebutkan menjadi salah satu inspirasi dari penulis Indonesia lainnya yang juga memiliki keturunan Tionghoa yaitu Clara Ng.

Itulah 5 fakta dari Mira W., sang penulis yang menghasilkan karya fenomenal 'Dari Jendela SMP'. Kamu sudah membaca novelnya?

Baca Juga: 5 Pelajaran Romansa yang Bisa Kita Petik dari Karya Sastra Terkenal

Habibah Abdaliah Photo Verified Writer Habibah Abdaliah

Nyctophile

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya