Comscore Tracker

7 Hal Seru yang Bisa Kamu Lakukan untuk Memanjakan Kucingmu

Ajak jalan-jalan kucing, yuk!

Seorang pecinta kucing pasti akan melakukan apapun demi kesehatan dan kebahagiaan si kucing. Nah, salah satu caranya adalah dengan memanjakannya. Biasanya kucing sudah senang kalau dibelikan makanan yang sedikit lebih mahal atau enak dari makanan yang dimakan sehari-hari.

Namun, ada beberapa hal seru dan kreatif yang bisa coba kamu lakukan untuk memanjakan kucingmu, lho. Apa saja? Berikut daftarnya!

1. Beli mainan kucing dan ajak dia bermain

7 Hal Seru yang Bisa Kamu Lakukan untuk Memanjakan KucingmuUnsplash/sarahdorweiler

Sebenarnya banyak benda sehari-hari di rumah yang bisa kamu gunakan sebagai mainan, tapi mainan kucing didesain khusus untuk menarik perhatian kucing. Ada banyak jenis mainan, mulai dari berbentuk tikus, bulu-bulu, bola, hingga laser. Mainan juga bisa memenuhi dan melatih insting berburu kucing, lho. Kamu pun juga akan dibuat gemas oleh tingkah lucunya.

Bagi kamu yang sering beraktivitas di luar rumah, kucing pasti akan merasa kesepian. Dengan mainan, terutama mainan interaktif yang bisa bergerak, kucingmu pasti tidak akan bosan selagi menunggu kamu pulang.

2. Sediakan tempat makan minum untuk burung liar di luar rumah

7 Hal Seru yang Bisa Kamu Lakukan untuk Memanjakan KucingmuUnsplash/stephensandian

Kalau kamu tipe orang yang lebih suka kucingmu berada dalam rumah saja, coba sediakan tempat makan burung di luar rumah. Burung-burung liar akan hinggap untuk makan minum. Ini bisa menjadi tontontan menarik bagi si kucing yang ada di dalam rumah. Selain itu, rasanya menyenangkan mendengarkan kicauan burung liar di luar rumah.

3. Ajak kucingmu jalan-jalan!

7 Hal Seru yang Bisa Kamu Lakukan untuk Memanjakan KucingmuWowamazing.com

Di Indonesia masih sedikit aneh untuk mengajak kucing jalan-jalan. Namun, bagi kamu yang khawatir kucingmu akan hilang atau terancam keselamatannya bila dibiarkan keluar sendiri tanpa pengawasan, kamu bisa mengajaknya jalan-jalan rutin. Kamu bisa membeli tali pengikat khusus yang aman dan nyaman.

Biasakan kucingmu untuk mengenakan tali pengikat, karena mereka pasti tidak nyaman saat pertama kali. Kalau sudah terbiasa dan terlatih, kamu bisa mengajaknya jalan-jalan. Selain bagus untuk kucingmu, jalan-jalan juga bagus untuk kesehatanmu. Tapi, jangan terlalu memaksakan si kucing, ya.

Baca Juga: Membawa Keberuntungan, Ini 8 Fakta Menarik Seputar Kucing Hitam

4. Latih kucingmu trik-trik lucu

7 Hal Seru yang Bisa Kamu Lakukan untuk Memanjakan KucingmuUnsplash/freestocks

Tak hanya anjing, kucing juga bisa dilatih trik-trik tertentu. Kamu perlu menyediakan hadiah seperti makanan favorit atau treat yang bisa dijadikan motivasinya. Selain mengurangi kebosananan, mengajari trik bisa melatih otak si kucing. Kamu bisa mengajarinya bersalaman, menepuk tangan atau 'tos', duduk, dan lain-lain.

Berbeda dengan anjing, kucing hewan yang independen. Jangan terlalu memaksakan, apalagi sampai menghukumnya. Latih kucingmu satu trik dalam sewaktu.

5. Eksperimen dengan kotak kardus!

7 Hal Seru yang Bisa Kamu Lakukan untuk Memanjakan KucingmuAdventurecats.org

Kucing suka dan tertarik dengan kotak kardus. Biasanya mereka akan mendekat dan melompat ke dalamnya. Kamu bisa menyediakan kotak kardus bersih. Coba pancing mereka dengan mainan ke dalam kotak kardus. Selain menjadi tempat bermain baru, kotak kardus bisa menjadi tempat persembunyian, bahkan alternatif tempat tidurnya.

6. Ajak dia menonton video khusus kucing

7 Hal Seru yang Bisa Kamu Lakukan untuk Memanjakan KucingmuUnsplash/lycan

Kamu bisa menemukan video-video yang diperuntukkan kucing di YouTube. Video-video seperti mainan tikus, serangga, ikan, dan burung bisa membuat kucingmu tergoda untuk menontonnya. Kamu juga bisa melihat bagaimana tingkah menggemaskannya saat mencoba menangkap hewan yang ada di dalam layar.

7. Dandani kucingmu dan unggah fotonya ke Instagram

7 Hal Seru yang Bisa Kamu Lakukan untuk Memanjakan KucingmuInstagram.com/baron.0723

Kamu bisa mencoba membeli atau membuat sendiri aksesoris ataupun pakaian untuk kucingmu. Pastikan aksesoris dan pakaiannya nyaman untuk dipakai dan tidak terlalu ketat. Kamu bisa berfoto-foto dengan kucingmu dan mengunggah fotonya ke Instagram. Lumayan untuk menambah jumlah pengikut, lho.

Namun, jangan pernah memaksa kucingmu, ya. Kalau dia terganggu, lebih baik jangan.

Dari tujuh hal seru dan kreatif di atas, mana yang sering kamu lakukan untuk memanjakan kucingmu? Atau kamu memiliki cara seru lain? Berbagi cerita, yuk!

Baca Juga: Ini Karakter Para Pencinta Kucing & Anjing Berdasarkan Penelitian 

Ina Suraga Photo Verified Writer Ina Suraga

Business inquiries: suraga.ina@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya