Comscore Tracker

6 Perbedaan Menggelitik Mahasiswa Baru Vs Mahasiswa Lama

Kamu pasti merasakan perbedaannya

Menjadi mahasiswa baru adalah hal yang menyenangkan. Apalagi ini merupakan tahun ajaran baru. Di masa ini kamu akan semangat sekali untuk datang ke kampus atau bahkan masuk ke kelas tanpa terlambat sebelum dosen tiba. Meskipun selalu dipenuhi dengan tugas, tapi justru hal tersebutlah yang akan mendorongmu untuk mendapatkan IPK yang memuaskan.

Tentunya hal ini berbanding terbalik dengan mahasiswa tingkat akhir yang tinggal menjelang skripsi. Mereka adalah mahasiwa yang jarang berada di kampus atau jika datang ke kampus pun untuk menemui dosen pembimbing. Meski demikian, perjuangan mereka ini tidak boleh dianggap remeh lho! 

Maka, berikut adalah perbedaan menarik antara mahasiswa baru dan mahasiswa lama!

1. Mahasiswa baru penampilannya lebih fresh

6 Perbedaan Menggelitik Mahasiswa Baru Vs Mahasiswa LamaUnsplash.com/Avel Chuklanov

Bukan menjadi rahasia umum lagi, kalau seorang mahasiswa baru akan memperhatikan penampilannya ketika datang ke kampus. Biasanya, atribut yang dikenakan cukup lengkap dari atas hingga bawah kaki. Mulai dari pakaian, aksesoris, tas, sepat,u atau bahkan kaus kaki. Tidak lupa dengan parfum yang wanginya semerbak. Bahkan seringkali mereka menjadi pusat perhatian para kakak tingkat karena penampilannya yang menarik.

Mahasiswa tingkat akhir biasanya cenderung tidak memperhatikan penampilan mereka seperti ketika mereka berada di tingkat awal kuliah. Yang terpenting adalah mereka datang ke kampus dan duduk manis di dalam kelas. Atau bahkan ada yang cheating dengan titip absen lho! Wah, jangan ditiru ya.

2. Mahasiswa baru cenderung aktif di kegiatan organisasi kampus

6 Perbedaan Menggelitik Mahasiswa Baru Vs Mahasiswa LamaUnsplash.com/ Priscilla Du Preez

Aktif di berbagai organisasi yang ada di kampus biasanya merupakan hal yang digemari oleh mahasiwa baru. Mereka cenderung memilih kegiatan yang disukainya demi menambah relasi dan pengalaman berorganisasi. Dengan semangat yang membara, biasanya mereka membentuk sebuah komunitas. Mulai dari yang berhubungan dengan perkuliahan hingga kegemaran yang unik sekalipun.

Kalau mahasiswa tingkat akhir biasanya akan lebih meminimalisir kegiatan organisasi di kampus, fokus ke tugas KKN, juga persiapan skripsi. Bahkan tidak jarang juga mereka melakukan kerja sambilan demi mengumpulkan pundi-pundi rupiah sekaligus menambah pengalaman untuk terjun ke dunia kerja yang real nantinya.

3. Kampus bukan tujuan utama lagi alias merasa asing ketika di kampus

6 Perbedaan Menggelitik Mahasiswa Baru Vs Mahasiswa LamaUnsplash.com/Wes Hicks

Mahasiswa tingkat akhir ketika datang ke kampus tujuan utamanya pasti perpustakaan. Bukan tanpa alasan, perpustakaan adalah salah satu tempat mencari referensi buku untuk skripsi nantinya. Biasanya mereka cenderung butuh konsentrasi dan lebih menyukai kesendirian karena memang dibutuhkan fokus.

Mereka juga sulit untuk menemukan teman seangkatan di kampus karena memang kampus sudah bukan tujuan utama dan juga sudah tidak ada jadwal perkuliahan lagi. Pastinya mereka punya urusan dan kesibukannya masing-masing. Maka, jika kalian menemukan orang yang suka sendirian di kampus atau terlalu sering bolak-balik perpustakaan bisa dipastikan dia adalah mahasiswa tingkat akhir.

Baca Juga: Rekomendasi Fashion Store Murah untuk Kamu Mahasiswa Yogyakarta

4. Bosan dengan pertanyaan, "Kapan Wisuda?"

6 Perbedaan Menggelitik Mahasiswa Baru Vs Mahasiswa LamaUnsplash.com/Alexis Brown

Bagaimana rasanya ketika terus-menerus ditanya "Kapan Wisuda?". Mungkin bagi mereka yang berada di penghujung semester akhir akan lebih sering mendapat pertanyaan seperti ini. Tak dipungkiri setiap orang yang memutuskan untuk melanjutkan pendidikannya akan mengalami hal yang serupa. Tak jarang mereka dibuat pusing dan stres menghadapi pertanyaan seperti itu. Belum lagi ketika kumpul bersama keluarga besar, pertanyaan "Kapan Nikah?" sepertinya sudah menjadi momok tersendiri ditelinga mereka. Ditanya "Kapan Wisuda?" saja sudah bingung, apalagi ditanya "Kapan Nikah?"

Tak dibuat pusing, justru sebagian dari mereka menjadikan hal itu sebagai pemacu diri untuk lebih giat lagi demi menyelesaikan pendidikannya dengan tepat waktu. Jika sudah hampir putus asa, mendapat IPK berapapun akan diterima dengan lapang dada asalkan bisa segera lulus. Kalo kamu mendapat pertanyaan seperti itu jangan sedih, hadapi saja dengan senyuman.

5. Punya Penghasilan sendiri

6 Perbedaan Menggelitik Mahasiswa Baru Vs Mahasiswa LamaUnsplash.com/rawpixel

Biasanya mahasiswa baru cenderung lebih memfokuskan diri pada kegiatan akademik di Kampus. Tentunya untuk menjaga standar nilai mereka agar tidak mudah turun. Bagi mereka, mendapatkan nilai A merupakan hal yang mudah. Berbeda dengan mereka yang sudah berada di akhir semester. Mendapat nilai C saja asalkan lulus juga sudah bikin hati bahagia. Karena terkadang mereka harus pandai membagi waktu antara kuliah dan kegiatan diluar Kampus.

Tidak selalu buruk, menjadi mahasiswa tingkat akhir juga bisa memiliki penghasilan lho. Biasanya mereka cenderung memanfaatkan waktu kosong untuk mencari penghasilan tambahan. Bisa dengan berjualan, atau yang saat ini banyak digandrungi mahasiswa adalah dengan menjadi driver ojek online. Mereka dituntut untuk menjadi mandiri dan tidak terpaku pada jatah uang dari orangtua saja. Dengan begitu mereka menjadi lebih bebas memukan potensi diri serta menjadi dewasa dan lebih berkembang.

6. Dapat menjadi reviewer atau memberikan testimoni pada adik tingkat

6 Perbedaan Menggelitik Mahasiswa Baru Vs Mahasiswa LamaUnsplash.com/Jonathan Daniels

Sebagai mahasiswa tingkat akhir tentunya bisa memberikan review untuk para calon mahasiswa baru di kampusnya. Biasanya para mahasiswa baru akan berburu informasi mengenai kampus melalui kakak tingkat. Sebabnya bertanya dengan para senior ini menjadi kunci utama untuk mengetahui hal apa saja yang sudah mereka dapatkan selama berkuliah di kampus tersebut.

Semangat terus ya untuk para pejuang skripsi. Tetap semangat sampai akhir perjuanganmu, karena tidak ada yang sia-sia. Ingat, perjuangan kalian akan berbuah manis dengan diiringi usaha dan doa. Untuk para mahasiswa baru, selamat berjuang ya untuk menempuh pendidikan kalian!

Baca Juga: 5 Mitos Ini Sebenarnya Gak Perlu Dikhawatirkan Mahasiswa Baru

Kartika Trissanti Khasanah Photo Writer Kartika Trissanti Khasanah

A Head Full of Dream. Instagram @kartikatrisanti

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya