Comscore Tracker

7 Fakta Unik tentang Imlek yang Gak Diketahui Banyak Orang

Gak hanya sekedar merayakan saja

Gong Xi Fa Cai bagi kalian yang merayakan Tahun Baru Imlek tahun ini. Di Indonesia, Imlek jatuh tepat tanggal 5 Februari 2019. Satu minggu sebelum menyambut perayaan Imlek, jalan raya atau mall biasanya sudah dihiasai dengan pernak pernik merah untuk menambah kemeriahan.

Nah, di balik kemeriahan dan kemegahan Imlek, ada fakta-fakta tersembunyi yang jarang banget nih diketahui orang banyak. Apa aja, tuh?

1. Imlek dikenal juga sebagai Spring Festival

7 Fakta Unik tentang Imlek yang Gak Diketahui Banyak Orangtimeout.com

Di negara China, Tahun Baru Imlek dikenal sebagai Chunjie atau Spring Festival. Meskipun kala merayakan Imlek suhu udara di China masih sangat dingin, namun Imlek adalah pertanda kalau musim dingin ini akan segera berakhir. Maka tak heran kalau perayaannya sangat meriah setiap tahun, khususnya di China ini.

2. Tanggal perayaan Imlek selalu berubah-ubah

7 Fakta Unik tentang Imlek yang Gak Diketahui Banyak Orangvisitlondon.com

Yup, perayaan Imlek jatuh pada tanggal yang berbeda-beda. Di tahun 2018, misalnya, Imlek dirayakan pada tanggal 16 Februari. Sedangkan tahun 2019, Imlek jatuh pada tanggal 5 Februari. Meskipun tanggal perayaannya selalu berbeda, namun Hari H Imlek biasanya jatuh antara tanggal 21 Januari – 20 Februari setiap tahun. Gak pernah meleset, deh!

3. Dihiasi dengan petasan, makanan lezat, dan berdoa

7 Fakta Unik tentang Imlek yang Gak Diketahui Banyak Orangbigstockphoto.com

Tepat di malam Tahun Baru Imlek, suara petasan pasti sangat bergemuruh. Tujuan suara petasan ini tak lain untuk menakut-nakuti arwah jahat dan menghilangkan ketidakberuntungan.

Nah, tepat saat Imlek, makanan super lezat pun akan tersaji di atas meja. Masyarakat juga akan memanjatkan doa sebagai rasa syukur atas musim panen yang berlimpah.

Baca Juga: Jadi Pertanda Buruk, 9 Hadiah Ini Pantang Kamu Berikan Selama Imlek!

4. Arus mudik sangat tinggi menjelang Imlek

7 Fakta Unik tentang Imlek yang Gak Diketahui Banyak Orangstraitstimes.com

Gak hanya sebatas hari raya saja, Tahun Baru Imlek juga dikenal sebagai hari untuk berkumpul bersama keluarga. Tak heran kalau arus mudik sangat tinggi. Para perantau di negeri seberang akan kembali ke kampung halaman masing-masing untuk memeriahkan Imlek.

5. Gak boleh mandi, menyapu, atau membuang sampah

7 Fakta Unik tentang Imlek yang Gak Diketahui Banyak Orangbesthealthmag.ca

Tahukah kamu ketika Imlek berlangsung, masyarakat Tionghoa dilarang mandi, lho! Selain itu, masyarakat juga dilarang untuk menyapu atau membuang sampah. Masyarakat Tionghoa percaya kalau menyapu atau membuang sampah sama saja seperti membuang keberuntungan.

Jadi, jangan coba-coba ya kalau gak mau rezeki milikmu hilang begitu saja.

6. Wine ada dimana-mana

7 Fakta Unik tentang Imlek yang Gak Diketahui Banyak Orangtripadvisor.com.ph

Imlek tanpa segelas wine rasanya kurang komplit. Gak heran kalau wine bisa ditemukan dimana-mana, apalagi masyarakat Tionghoa juga suka minum wine.

Tapi, ada aturannya lho kalau kamu minum wine sama orang yang lebih tua. Aturannya meliputi cara toast atau bersulang, memilih kursi untuk celebration, cara memegang segelas wine, dan masih banyak lagi.

7. Dompet mendadak terisi dalam sekejap

7 Fakta Unik tentang Imlek yang Gak Diketahui Banyak Oranghoneykidsasia.com

Setelah kumpul keluarga selesai, bagi-bagi Angpao pun akan dimulai. Mulai dari anak-anak, remaja, hingga kaum muda, semua akan kebagian. Jumlah uang per angpao pun sangat bervariasi. Kalau lagi beruntung, dompet pun mendadak berisi dalam sekejap. Harus pintar-pintar deh kalau mau dapat banyak uang!

Itulah sekelumit informasi tentang Imlek. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 7 Kebiasaan Unik yang Wajib Kamu Tahu Saat Perayaan Tahun Baru Imlek

Louisa Gabe Photo Community Writer Louisa Gabe

Just a regular girl

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You