Comscore Tracker

10 Komik Termahal yang Pernah Terjual, DC dan Marvel Mendominasi

Penggemar komik genre superhero angkat tangan!

Dari tahun 1940-an hingga sekarang, penggemar komik seakan tak pernah habis. Mulai dari sentuhan karakter jadul hingga karakter masa kini masih tetap laris di pasaran. Bahkan untuk komik yang telah masuk layar lebar harganya bisa melambung tinggi. Bukan hanya puluhan juta tapi mencapai puluhan miliar rupiah. Seperti 10 komik berikut ini, harganya setara dengan rumah mewah, lho!

1. The Incredible Hulk

10 Komik Termahal yang Pernah Terjual, DC dan Marvel Mendominasimarvel.com

The Incredible Hulk edisi pertama ini diterbitkan pada tahun 1962. Komik hasil karya dari Stan Lee dan Jack Kirby ini bercerita tentang awal mula hulk menjadi manusia hijau. Dengan karakter utama yaitu Dokter Bruce Banner yang tengah melakukan percobaan. Komik legendaris marvel ini baru dilelang pada tahun 2014 dengan nilai penjualan sebesar 326 ribu dollar atau setara dengan 5,4 miliar rupiah.

2. Captain America

10 Komik Termahal yang Pernah Terjual, DC dan Marvel Mendominasiresearchgate.net

Sama halnya dengan The Incredible Hulk, komik Captain America edisi pertama juga menempati komik termahal. Komik ini juga bercerita tentang awal mula Captain America diciptakan. Komik yang dipublikasikan pada 1 Maret 1941 ini ditulis oleh Joe Simon, Jack Kirby. Dimana Jack Kirby juga berperan dalam membuat sampul. Komik ini terjual seharga 343 ribu dollar atau setara dengan 5,7 miliar rupiah.

3. Marvel Comics

10 Komik Termahal yang Pernah Terjual, DC dan Marvel Mendominasimarvel.com

Lebih tua dari The Incredible Hulk dan Captain America, Marvel Comics hadir pada tahun 1939 tepatnya tanggal 1 Oktober. Sama seperti sebelumnya, komik ini merupakan edisi pertama yang ditulis oleh Ben Thompson, Carl Burgos, Al Anders dan Bill Everett dengan penciller Carl Burgos, Al Anders, Bill Everett dan Paul Gustavson. Komik ini terjual laris pada edisi pertama lalu cetak lagi sebanyak 900 ribu kopi. Pada tahun 2003, komik ini terjual dengan harga 367 ribu dollar atau setara dengan 6,1 miliar rupiah.

4. Tales of Suspense

10 Komik Termahal yang Pernah Terjual, DC dan Marvel Mendominasimycomicshop.com

Berbeda dengan sebelumnya, komik yang termahal kali ini bukanlah edisi pertama melainkan edisi 39. Judul dari komik ini adalah Tales of Suspense merupakan buku antologi komik Amerika dan merupakan kali pertama iron man muncul. Di publikasikan pada 1 Maret 1963, komik ini adalah buah karya dari Larry Lieber, Stan Lee dengan penciller Gene Colan, Don Heck, Steve Ditko. Komik ini terjual 375 ribu dollar atau setara dengan 6,2 miliar rupiah pada tahun 2012.

Baca Juga: 5 Karakter dari Komik Marvel yang Bakal Muncul di Film Black Widow

5. Flash Comics

10 Komik Termahal yang Pernah Terjual, DC dan Marvel Mendominasimycomicshop.com

Komik edisi pertama yang bercerita tentang Flash dengan judul Flash Comics juga menempati komik termahal. Komik dari DC ini pertama kali dipublikasikan pada 20 November 1939 namun dengan lengkap dengan sampul pada Januari 1940. Komik ini terjual pada tahun 2010 dengan harga 450 ribu dollar atau setara dengan 7,4 miliar rupiah.

6. X-Men

10 Komik Termahal yang Pernah Terjual, DC dan Marvel Mendominasimycomicshop.com

Edisi pertama X-Men juga menempati komik termahal saat ini. Dalam komik ini menceritakan tentang awal mula kekuatan super dengan mutasi DNA. Komik yang dipublikasikan pada tahun 10 September 1963 ini dengan penciller dan pembuat sampul oleh Jack Kirby. Komik mahal ini terjual pada tahun 2012 dengan harga 493 ribu dolar atau setara dengan 8,1 miliar rupiah.

7. Batman

10 Komik Termahal yang Pernah Terjual, DC dan Marvel Mendominasicgccomics.com

Edisi pertama Batman juga termasuk dalam komik termahal, terjual dengan harga 567.625 dollar atau setara dengan 9,4 miliar rupiah pada tahun 203. Komik Batman pertama ini juga menceritakan tentang pertama kali Batman beraksi dengan pakaian kelelawar. Komik ini ditulis oleh Bill Finger dnegan penciller Bob Kane, sedangkan yang mengerjakan sampulnya adalah Bob Kane dan Jerry Robinson.

8. Detective Comics

10 Komik Termahal yang Pernah Terjual, DC dan Marvel Mendominasicomicon.com

Masih tentang Batman, Detective Comic juga termsuk dalam komik termahal. Komik ini masih buah karya dari Bill Finger dan penciller Bob Kane. Komik edisi 27 ini mampur terjual dengan angka yang cukup fantastis pada tahun 2010 yaitu 1.075.000 dolar atau setara dengan 17,8 miliar rupiah. Komik ini diterbitkan pada 30 Maret 1939 dan publikasi lengkap dengan sampul pada Mei 1939.

9. Amazing Fantasy

10 Komik Termahal yang Pernah Terjual, DC dan Marvel Mendominasicomixology.eu

Setelah Batman kini giliran Spiderman yang menaiki tanggal komik termahal. Komik ini dipublikasikan pada 10 Agustus 1962 dengan penulis Stan Lee dan penciller Steve Ditko. Sedangkan untuk sampulnya dibuat oleh Steve Ditko, Jack Kirby. Komik Spiderman ini terjual dengan harga 1,1 juta dollar atau setara dengan 18,2 miliar rupiah. 

10. Action Comics

10 Komik Termahal yang Pernah Terjual, DC dan Marvel Mendominasiusatoday.com

Setelah Batman dan Spiderman, komik termahal sepanjang masa adalah komik tentang Superman. Komik mahal ini dipublikasikan pada 3 Mei 1938 dengan penulis Jerry Siegel serta penciller Joe Shuster. Komik ini memiliki 2 salinan dan keduanya terjual dengan harga yang fantastis. Komik pertama terjual dengan harga 2,1 juta dollar atau setara dengan 34,7 miliar rupiah. Sedangkan komik kedua terjual dengan harga 3,2 juta dollar atau setara dengan 52,9 miliar rupiah.

Wah komik termahal ternyata berasal dari genre superhero ya. Tak hanya komiknya yang bertahan lama, hampir semua karakter dalam komik tersebut telah terpampang di layar lebar hingga kini. Penggemar komik genre superhero angkat tangan?

Baca Juga: 7 Fakta Menarik Batman Who Laughs, Batman Terkejam dari Komik DC

mirqotul aliyah Photo Verified Writer mirqotul aliyah

twitter @miraliyah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya