Comscore Tracker

7 Peliharaan yang Cocok Menemani Anak Kos

Mudah dipelihara dan aman dikantong!

Kehidupan kos terutama pada masa perkuliahan adalah salah satu saat yang melelahkan bagi beberapa orang. Namun ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk meredakan penat itu. Salah satu caranya adalah memelihara hewan peliharaan di kosan kamu. Namun kadang kala memelihara hewan itu merepotkan, namun di bawah ini akan ditampilkan daftar peliharaan yang tidak merepotkan untuk dirawat dengan harga yang terjangkau.

1. Kucing

7 Peliharaan yang Cocok Menemani Anak Koshumanesociety.org

Hewan yang sudah sangat familiar berada di sekeliling kita, kucing menjadi hewan yang menjadi favorit kebanyakan orang. Selain dengan tingkah lucunya, kucing termasuk hewan yang mudah dalam perawatan. Kucing juga dapat kamu jadikan sebagai sahabat kamu karena konon katanya kucing dapat mengetahui kondisi hati dari pemiliknya. 

Kucing dapat kamu dapatkan dari pemberian teman, tetangga atau kerabat secara gratis. Namun jika kamu ingin membeli kamu harus mempersiapkan sejumlah uang tergantung ras kucing yang ingin kamu miliki. Dan jangan lupa untuk vaksinasi agar kucing tetap sehat dan indah. 

2. Ikan hias air tawar

7 Peliharaan yang Cocok Menemani Anak Kosaquascapinglove.com

Ikan hias khususnya ikan air tawar merupakan jenis hewan peliharaan yang populer untuk anak kos karena alasan tempat yang minim dan perawatan yang mudah. Ikan hias juga memiliki beragam jenis dan warna yang dapat kamu rupa padukan di akuarium kamu. Ada trik khusus agar kamu terlihat lebih hidup yaitu membeli ikan sejenis dalam jumlah minimal lebih dari lima agar ikan kamu berenang dalam berkelompok sehingga menambah kesan ekosistem yang apik di akuarium kamu. 

Biaya yang perlu dikeluarkan untuk memelihara ikan hias air tawar tergantung dengan jenis ikan yang kamu pilih untuk meramaikan akuarium kamu. Untuk perawatan anda cukup membersihkan dan mengganti air akuarium, serta rutin memberi makan ikan peliharaan kamu 

3. Kura-kura Brazil

7 Peliharaan yang Cocok Menemani Anak Kosarenahewan.com

Kura-kura terdiri atas beberapa jenis antara lain yaitu kura-kura Brazil. Kura-kura jenis ini merupakan jenis kura-kura yang mayoritas waktunya berada di dalam air. Untuk memelihara kura-kura Brazil ini kamu perlu mempersiapkan tempat atau akuarium yang terisi air namun terdapat tempat yang dapat digunakan kura-kura untuk naik dan berjemur. Untuk pakan kamu dapat memberikan pelet khusus kura-kura ketika kecil dan ketika ukurannya sudah mulai membesar kamu dapat memberikan sayuran seperti wortel atau kangkung.

Baca Juga: 5 Hewan Peliharaan Ini Menggambarkan Karakter Seseorang, Apa Saja?

4. Hamster

7 Peliharaan yang Cocok Menemani Anak Kosrimma.co

Hamster merupakan hewan pengerat yang sudah akrab di telinga umum karena ukuran yang kecil dan lucu. Karena ukurannya yang kecil sehingga biaya perawatan yang di keluarkan relatif lebih murah, cocok untuk kamu yang anak kosan. Tapi kamu harus rajin dalam membersihkan kandang hewan pengerat yang satu ini. 

5. Landak mini

7 Peliharaan yang Cocok Menemani Anak Koskuyahejo.com

Landak mini berbeda dengan landak yang berada di hutan, landak ini berukuran lebih kecil. Hal yang perlu kamu persiapkan untuk memelihara landak mini adalah tempat yang cukup serta jangan satukan beberapa landak mini dalam satu tempat. Landak mini adalah hewan yang aktif di malam hari dan soliter atau cenderung menyendiri. Landak mini mampu menggulung dirinya menyerupai bola yang menambah lucu nya hewan ini. Untuk perawatan kamu cukup memberi makan secukupnya, memandikannya, serta membersihkan kandangnya secara rutin. 

6. Semut

7 Peliharaan yang Cocok Menemani Anak Kosm.media-amazon.com

Meski terdengar aneh namun kamu juga dapat memelihara semut. Semut memiliki keunikannya tersendiri untuk dipelihara, kamu dapat melihat bagaimana kehidupan sosial dari semut seperti cara mereka bekerja sama dan cara mereka berkomunikasi satu sama lain. Yang perlu kamu persiapkan untuk memelihara semut adalah mengisi kotak ramping dengan pasir sebagai tempat semut untuk berkembang biak. 

7. Reptil

7 Peliharaan yang Cocok Menemani Anak Kosyoutube.com/comic vision

Kini memelihara reptil sedang digandrungi oleh pecinta hewan peliharaan. Meskipun memelihara reptil seperti kadal, bunglon, iguana dan lainnya terkesan esktrem membuatnya menjadi makin menarik untuk dipelihara. Dalam hal perawatawan, reptil dapat digolongkan hewan perawatan yang mudah untuk dipelihara

Meskipun hewan-hewan peliharaan yang disebut di atas tergolong terjangkau dan mudah perawatannya bagi kamu yang anak kosan, namun kamu harus selalu bertanggung jawab dengan terus memberi kasih sayang berupa memberikan pakan secara teratur serta rutin memeriksakannya ke dokter hewan. 

Dan jika kamu sedang pulang kampung titipkan hewan peliharaanmu ke teman yang bisa membantu atau dengan merogoh kocek kamu dapat menitipkannya di petshop yang menyediakan jasa penitipan hewan. 

Baca Juga: 7 Hewan Gak Biasa Ini Dianggap Wajar Dijadikan Peliharaan Zaman Dulu

Nashirul Islam Photo Writer Nashirul Islam

Hanya seorang penulis amatir

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya