Comscore Tracker

Dinamika 10 Merek Paling Berharga di Dunia pada Tahun 2019

Teknologi paling banyak

Brand sangat berharga bagi sebuah perusahaan. Semakin mahal brand tersebut, maka akan semakin kuat perusahaan dan meningkatkan performa bisnis. Tahun ini, pergeseran posisi cukup signifikan terjadi di Top 10 Most Valuable Global Brands 2019. Bahkan raksasa teknologi yang telah memegang puncak brand selama 12 tahun pun berhasil digeser.

1. Amazon berada di posisi puncak

Dinamika 10 Merek Paling Berharga di Dunia pada Tahun 2019instagram.com/jeffbezos

Laporan terbaru, e-commerce raksasa ini bernilai 315,5 miliar dolar AS. Dalam sebuah pernyataan, Doreen Wang, Kepala Global BrandZ Kantar mengatakan bahwa pertumbuhan nilai dari Amazon hampir 108 miliar dolar AS pada tahun lalu.

2. Amazon lompati Google dan Apple

Dinamika 10 Merek Paling Berharga di Dunia pada Tahun 2019Unsplash.com/Benjamin Dada

Pertumbuhan Amazon mampu melompati posisi dua raksasa teknologi yang selama 12 tahun bertengger di posisi teratas. Tahun 2018 lalu, Google yang bertengger di puncak harus rela turun ke posisi tiga dengan nilai brand 309 miliar dolar AS. Sementara itu, Apple bertahan dengan nilai 309,5 miliar dolar AS.

Berdasarkan laoran, Googe dan Apple merupakan dua perusahaan teknologi yang selalu bergantian menduduki posisi atas. Namun, tahun ini Amazon berhasil mengubah urutan tersebut.

3. Perusahaan teknologi mendominasi

Dinamika 10 Merek Paling Berharga di Dunia pada Tahun 2019Pixabay/efes

Tepat di bawah Google bertengger perusahaan milik Bill Gates, Microsoft. Raksasa teknologi yang satu ini berhasil mempertahankan posisinya. Tahun ini nilai brand Microsoft sebesar 251,2 miliar dolar AS.

Posisi keenam ditempati Facebook dengan nilai 158,9 miliar dolar AS dan Tencent posisi ke-8 dengan nilai 130,8 miliar dolar AS.

4. Visa dan Alibaba naik dua peringkat

Dinamika 10 Merek Paling Berharga di Dunia pada Tahun 2019bloomberg.com

Brand pembayaran Visa tahun ini bernilai 177,9 miliar dolar AS. Perusahaan yang berkantor pusat di California ini  tumbuh 22%  dan naik dua peringkat ke posisi 5 dari tahun lalu yang bertengger di posisi 7.
 
Sementara itu, brand Alibaba  tahun ini berharga 131,2 miliar dolar AS. Perubahan pertumbuhan dibanding tahun 2018 sebesar 16%. Perubahan ini pun membuatnya naik dari peringkat 9 ke peringkat 7.

Baca Juga: 11 Brand Handphone Ini yang Mampu Mendukung Android Q

5. McDonald’s dan AT&T pimpin sektor makanan cepat saji dan telekomunikasi

Dinamika 10 Merek Paling Berharga di Dunia pada Tahun 2019Pixabay.com/Pexels

Brand McDonald's menjadi satu-satunya yang masuk dalam 10 besar daftar brand paling berharga sedunia dengan nilai 130,3 miliar dolar AS. Meski turun satu peringkat ke posisi 9, perbedaan harga dari brand  makanan cepat saji ini menunjukkan angka positif yakni 3%. McDonald’s menjadi pemimpin di bidang ini. Pasalnya, brand serupa seperti Starbucks bertengger jauh di posisi 24 dengan harga 45,8 miliar dolar AS.
 
Sementara itu, brand telekomunikasi internasional AT&T mempertahankan posisinya dengan harga mencapai 108,3 miliar dolar AS unggul satu peringkat dibanding Verizon.

Adapun satu-satunya brand asal Indonesia yang berhasil masuk dalam Top 100 yakni Bank Central Asia(BCA). BCA menempati posisi ke-99 unggul dari brand Adidas dan tepat di bawah Gillette.

Baca Juga: 6 Brand Makanan Legendaris Indonesia yang Sukses di Luar Negeri

Kanuri Photo Writer Kanuri

Introvert menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya