Comscore Tracker

6 Fakta Tentang Dispatch, Media Korea Selatan yang Kontroversial

Dibenci sekaligus dicintai #WaktunyaKorea #IDNTimesHype

Dispatch belakangan makin sering terdengar dan familier di telinga pecinta KDrama. Pasalnya, media yang kerap memergoki percintaan artis ini baru saja merilis berita tentang kebersamaan Hyun Bin dan Son Ye Jin pada 1 Januari lalu.

Di kalangan pecinta budaya Korea sendiri, Dispatch dianggap sebagai media yang cukup kontroversional. Tak hanya masalah percintaan, Dispatch juga sering kali mengungkap skandal kasus lain dikalangan artis Korea Selatan.

Buat yang belum tahu, berikut beberapa fakta tentang Dispatch yang ternyata dibenci sekaligus dicintai publik Korea Selatan dan global.

1. Punya cara kerja ala paparazzi

6 Fakta Tentang Dispatch, Media Korea Selatan yang Kontroversialdispatch.vn

Bukan sekadar julukan, Dispatch memang menjalankan cara kerja ala paparazzi saat sudah membidik artis yang rahasianya akan dibongkar. Hal ini pun diakui pada laman profil situs resmi Dispatch, yang menuliskan bahwa mereka adalah media pertama di Korea Selatan yang melakukan peliputan ala paparazzi. Jadi, gak heran kalau 'agen' Dispatch sering membuntuti artis dan mengambil foto secara diam-diam dari jarak jauh.

2. Rutinitas tiap tanggal 1 Januari

6 Fakta Tentang Dispatch, Media Korea Selatan yang Kontroversialkpopwmx.com

Bisa dibilang, 1 Januari menjadi tanggal keramat bagi Dispatch untuk mengungkap hubungan spesial artis asal Negeri Ginseng. Bukan sembarang merilis berita, mereka juga menautkan foto sebagai bukti, bahwa si artis pernah bertemu dan menghabiskan waktu bersama.

Meski beritanya kerap ditunggu-tunggu, tapi beberapa fans ada yang jadi 'khawatir' kalau tahun ini jadi giliran hubungan idolanya yang dibongkar. Pasalnya, profesionalitas idol di dunia hiburan Korea Selatan dianggap akan terganggu, jika diketahui memiliki hubungan asmara.

3. Ternyata Dispatch pernah absen, lho

6 Fakta Tentang Dispatch, Media Korea Selatan yang Kontroversialasianews.it

Dispatch pertama kali merilis hubungan artis pada tahun 2010, yaitu pasangan Yoo Hae Jin dan Kim Hye Soo. Namun, ternyata Dispatch pernah absen dan tidak memberitakan hubungan artis manapun.

Pada tahun 2017 misalnya, Dispatch malah merilis pernyataan perihal alasan mengapa belum membocorkan berita kencan artis. Lewat situs resminya, mereka mengaku mengambil istirahat dan justru membeberkan skandal mantan presiden Park Geun Hye dengan Choi Soon Sil.

Beberapa tahun setelahnya, tepat pada tahun baru 2020 Dispatch ternyata juga absen kembali. Padahal jelang tahun baru, sudah banyak dugaan-dugaan inisial nama idol KPop yang sempat trending dan menanti Dispatch merilis berita. 

Baca Juga: Tak Selalu Berhasil, 7 Artis KPop Ini Malah Bikin DISPATCH Menyerah

4. Sempat diprotes dan diminta tutup

6 Fakta Tentang Dispatch, Media Korea Selatan yang Kontroversialstarsdaily.net

Mangaku sebagai paparazzi, gak heran kalau kinerja Dispatch dicap sebagai pengganggu karena dianggap terlalu mengusik kehidupan pribadi artis. Meski ada juga yang menanti karena penasaran, tapi gak sedikit yang membenci dan ingin Dispatch ditutup. 

Sebuah petisi untuk menutup Dispatch pernah dilayangkan pada pertengahan 2018. Petisi serupa kemudian kembali muncul setelah Dispatch mengungkap hubungan Kai EXO dan Jennie BLACKPINK pada awal Januari 2019.

5. Pernah menyerah

6 Fakta Tentang Dispatch, Media Korea Selatan yang Kontroversialallkpop.com

Dikenal sebagai media yang gigih untuk mengungkap skandal artis, ternyata Dispatch pernah dibuat menyerah juga, lho. Sebut saja Kim Jong Kook, D.O. EXO, dan member BTS. Mereka menjadi sederet artis yang membuat Dispatch kehilangan berita besar. Bukan saking pandainya menyembunyikan berita, tapi memang karena mereka semua bersih dari skandal apa pun. 

6. Pernah mengungkap skandal diluar kisah asmara

6 Fakta Tentang Dispatch, Media Korea Selatan yang Kontroversialkpopsource.com

Meski identik dengan berita tentang kisah percintaan artis, tapi ternyata Dispatch pernah merilis skandal lain dari artis ternama. Tepatnya skandal "Burning Sun" yang sempat menggemparkan publik Korea pada tahun 2019, sebab melibatkan Seungri eks Big Bang. Kala itu, Seungri didakwa atas kasus penyerangan, kekerasan seksual, peredaran narkoba dan prostitusi.

Di tahun yang sama, Dispatch juga mengungkap skandal B.I eks iKON yang dituding mencoba membeli narkoba.

Itulah enam fakta tentang Dispatch, media Korea Selatan yang dikenal kerap membongkar berita percintaan artis. Gak heran, kalau akhirnya nama Dispatch makin dikenal dan berita yang dirilis selalu sukses menciptakan kegemparan bagi publik. Meski kerap dibenci, namun Dispatch juga masih dicintai oleh KPopers dan KDrama Lovers.

Baca Juga: Ini 5 Alasan Kenapa Dispatch Dibenci sekaligus Dicintai KPopers

T y a s Photo Verified Writer T y a s

menulis adalah satu dari sekian cara untuk menemui ketenangan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya