Comscore Tracker

12 Fakta Tsunami, Bencana Alam yang Merenggut Banyak Korban

Tsunami dapat menimbulkan bencana yang dahsyat

Berbagai fakta tsunami menunjukkan bagaimana bencana alam yang terkadang mengerikan ini merenggut nyawa, menghancurkan bentang alam, dan terus mengancam populasi pesisir. Kekuatan mereka yang nyata terungkap, dan nasihat untuk bertahan hidup dicatat. Meskipun tsunami tidak dapat dicegah, sistem peringatan yang efektif dapat membantu menyelamatkan nyawa.

1. Kebanyakan tsunami terjadi di Samudera Pasifik

12 Fakta Tsunami, Bencana Alam yang Merenggut Banyak Korbanworldvision.org

Fakta-fakta tsunami menunjukkan bahwa hampir 80% dari tsunami terjadi di Samudra Pasifik, terutama di "Cincin Api". Ini adalah nama yang diberikan untuk jalur berbentuk sepatu kuda yang dimulai di Selandia Baru dan termasuk Indonesia, Papua New Guinea, garis pantai Asia serta berakhir di sepanjang garis pantai Amerika Utara bagian barat. Tsunami telah terjadi di setiap samudera di dunia.

2. Tsunami terbesar dalam sejarah terjadi di Alaska

12 Fakta Tsunami, Bencana Alam yang Merenggut Banyak Korbangeology.com

Tsunami yang disebabkan oleh gempa bumi menghantam garis pantai barat daya Gilbert Inlet di Alaska pada 9 Juli 1958. Ombak mencapai setinggi 1.720 kaki, menjadikannya yang tertinggi yang pernah dicatat. Peristiwa itu memiliki angka kematian yang sangat rendah yaitu 5 orang.

Tsunami paling mematikan yang tercatat adalah tsunami Samudra Hindia tahun 2004. Akibatnya, 230.000 orang terbunuh di 11 negara berbeda. Dalam 2.000 tahun terakhir, hampir setengah juta orang terbunuh oleh tsunami. Oleh karena itu, hampir setengah dari semua kematian disebabkan oleh hanya satu tsunami, menunjukkan seberapa besar dan kuat tsunami ini.

3. Hewan dapat merasakan tsunami

12 Fakta Tsunami, Bencana Alam yang Merenggut Banyak Korbanshughal.com

Banyak penyintas tsunami melaporkan bahwa pada jam-jam sebelum bencana, hewan-hewan terlihat menuju ke tempat yang lebih tinggi dari garis pantai. Relatif sedikit hewan yang mati selama tsunami. Diduga ikan juga dapat memprediksi tsunami, dan berenang ke tempat yang aman. Laporan serupa juga ada untuk cuaca intens lainnya, seperti badai petir dan tornado.

4. Tsunami memiliki beberapa gelombang

12 Fakta Tsunami, Bencana Alam yang Merenggut Banyak Korbanelheraldoslp.com.mx

Berbagai fakta tsunami menunjukkan bahwa salah satu alasan begitu banyak orang terbunuh adalah karena asumsi bahwa tsunami berakhir setelah gelombang menghantam. Biasanya ada beberapa gelombang, dan yang pertama hampir tidak pernah yang terkuat. Gelombang yang berurutan biasanya paling berbahaya, dan menghancurkan orang-orang yang lengah.

5. Tsunami memiliki beberapa penyebab

12 Fakta Tsunami, Bencana Alam yang Merenggut Banyak Korbanglas.ru

Penyebab paling umum dari tsunami adalah gempa bumi bawah laut. Pergeseran mendadak di lempeng bumi memindahkan sejumlah besar air, yang kemudian menjadi tsunami, ditenagai oleh kekuatan perpindahannya. Penyebab lainnya adalah tanah longsor di bawah air, letusan gunung berapi atau dalam kasus yang sangat jarang, serangan meteorit besar.

Baca Juga: 7 Bulan Usai Tsunami dan Likuefaksi, Bagaimana Kabar Kabupaten Sigi?

6. Tidak semua tsunami berbahaya

12 Fakta Tsunami, Bencana Alam yang Merenggut Banyak Korbanzeenews.india.com

Banyak tsunami skala kecil terjadi di seluruh dunia, dan sebagian besar tidak diketahui oleh orang-orang di sekitarnya. Tinggi tsunami bisa kurang dari 12 inci, dan mungkin muncul sebagai gelombang normal.

7. Tsunami berasal dari kata Jepang

12 Fakta Tsunami, Bencana Alam yang Merenggut Banyak Korbanslideplayer.com

Tsunami dapat diterjemahkan dalam bahasa Jepang sebagai gelombang pelabuhan, yang secara efektif menggambarkan sifat fenomena alam. Jepang adalah negara yang rata-rata mengalami tsunami setiap tahun.

8. Tsunami dapat menghancurkan lanskap

12 Fakta Tsunami, Bencana Alam yang Merenggut Banyak Korbannationalgeographic.com

Tsunami tidak hanya menyebabkan kerusakan pada bangunan, tetapi kecepatan air yang mengalir dapat membuat pohon lepas dari tanah. Air asin lautan juga meninggalkan garam di tanah yang dapat merusak tanaman dan mencegah kesuburan tanah di masa depan.

9. Berenang tidak akan membantu orang selamat dari tsunami

12 Fakta Tsunami, Bencana Alam yang Merenggut Banyak Korbankolosej.si

Cara terbaik untuk bertahan hidup dari tsunami adalah dengan mengetahui tanda-tandanya, seperti gempa bumi atau ketinggian air surut, dan menuju ke tempat yang lebih tinggi. Jika kamu terkejut saat di lautan karena tsunami, jangan mencoba berenang ke darat. Sebagai gantinya, temukan sesuatu yang mengapung. Lakukan yang terbaik untuk menghindari puing-puing tetapi yang lebih penting, tetap di atas air.

10. Tsunami bergerak dengan kecepatan luar biasa

12 Fakta Tsunami, Bencana Alam yang Merenggut Banyak Korbanplay.howstuffworks.com

Gelombang laut rata-rata yang dihasilkan oleh angin biasanya tidak melebihi 60 mil per jam. Air tsunami, bagaimanapun, dapat mencapai kecepatan setinggi 600 mil per jam, mirip dengan kecepatan pesawat jet. Tsunami tidak kehilangan banyak kecepatan ini saat mereka terjadi.

11. Tsunami dapat diprediksi

12 Fakta Tsunami, Bencana Alam yang Merenggut Banyak Korbanabc.net.au

Para ilmuwan memiliki kemampuan untuk memperkirakan waktu dan tempat tsunami, berdasarkan perhitungan yang melibatkan kedalaman air di sekitarnya, waktu gempa (jika itu penyebabnya) dan jarak antara lokasi gempa maupun daerah berpenduduk sekitarnya.

12. Sistem peringatan tsunami membantu menyelamatkan nyawa

12 Fakta Tsunami, Bencana Alam yang Merenggut Banyak Korbanen.wikipedia.org

Berbagai negara yang berpotensi terkena tsunami akan memelihara peralatan seismik dan alat pengukur ketinggian air untuk mengidentifikasi tsunami serta memperingatkan orang jika perlu. Saat ini, ada lebih banyak negara yang mengambil pertahanan sama terhadap tsunami.

Baca Juga: Ini 6 Strategi Bangunan Agar Bisa Tahan Tsunami, dari Para Ahli Dunia!

Rangga Dio Hayyunuski Photo Verified Writer Rangga Dio Hayyunuski

Workhard, Playhard, Istirahard..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You