Comscore Tracker

Selain Chernobyl, 9 Tempat Ini Juga Terkena Radioaktif Tinggi

Chernobyl bukanlah satu-satunya..

Ada banyak efek berbahaya dan tidak diinginkan dari zat radioaktif di bumi terutama bagi manusia, hewan dan lingkungan sekitarnya. Terutama dengan pembuangan senjata nuklir atau kontaminasi radioaktif, ada banyak nyawa manusia yang bisa menghadapi ancaman besar.

Menurut laporan 2010 oleh Blacksmith Institute, radionuklida adalah di antara 6 ancaman teratas yang menimbulkan risiko besar bagi lingkungan. Ada berbagai negara di seluruh dunia yang telah terpapar oleh aktivitas radioaktif yang tinggi, di mana penduduk harus hidup di bawah ketakutan terus-menerus akan dampak buruknya pada kesehatan dan kehidupan mereka. Selain Chernobyl, berikut adalah daftar beberapa tempat paling radioaktif di bumi:

1. Hanford, Amerika Serikat

Selain Chernobyl, 9 Tempat Ini Juga Terkena Radioaktif Tinggitahlileiran.ir

Situs Hanford didirikan pada tahun 1943 dan merupakan bagian penting dari proyek bom atom AS dalam pembuatan plutonium yang digunakan untuk pengujian bom nuklir pertama di Nagasaki. Pada saat Perang Dingin, proyek ini diperpanjang untuk memasok plutonium bagi sekitar 60.000 senjata nuklir di seluruh Amerika.

Situs ini dinonaktifkan setelah Perang Dingin, tetapi telah meninggalkan 2/3 dari limbah radioaktif tingkat tinggi - yaitu sekitar 53 juta galon yang disimpan di dalam 177 tangki penyimpanan, 25 juta kaki kubik limbah radioaktif padat dengan 200 mil persegi terkontaminasi air tanah di sekitar lokasi.

2. Mediterania

Selain Chernobyl, 9 Tempat Ini Juga Terkena Radioaktif Tinggifoboxs.com

Mafia Italia, Ndrangheta, telah terlibat dalam membuang limbah radioaktif ke laut selama bertahun-tahun. Mereka juga mengirim kapal ke berbagai negara dengan limbah radioaktif dan mereka terus mendapat untung dari pembuangan limbah ilegal.

Legambiente, sebuah LSM berbasis di Italia bekerja melakukan konservasi dan perlindungan lingkungan. Badan ini memberikan data pada 40 kapal mengandung limbah radioaktif yang hilang di perairan laut sejak tahun 1994. Jika laporan ini terbukti benar, maka hal itu dapat menimbulkan risiko besar pencemaran lingkungan ke Laut Mediterania.

3. Pantai Somalia

Selain Chernobyl, 9 Tempat Ini Juga Terkena Radioaktif Tinggikitchendecor.club

Menurut beberapa laporan, anggota geng mafia Italia telah membuang limbah radioaktif ke perairan Pantai Somalia sejak lebih dari satu dekade. Akibatnya, ada dugaan bahwa garis pantai telah diracuni oleh limbah berbahaya bersamaan meningkatnya ancaman terhadap populasi manusia yang tinggal di daerah tersebut dengan pemerintah yang tidak berfungsi.

Barel berkarat yang ditemukan di sepanjang garis pantai Somalia selama tsunami pada 2005 menyebabkan penyakit karena radiasi di mana hampir 300 orang kehilangan nyawa.

4. Mayak, Rusia

Selain Chernobyl, 9 Tempat Ini Juga Terkena Radioaktif Tinggit-online.de

Bencana Kyshtym adalah salah satu kontaminasi radioaktif terburuk yang terjadi di pabrik nuklir di Mayak, Rusia. Sesuai Skala Nuklir Internasional, telah ditempatkan pada Level 6 yang menjadikannya peristiwa bencana nuklir paling serius ketiga setelah Fukushima Daiichi dan bencana Chernobyl. Ada sekitar 100 ton limbah radioaktif yang dilepaskan karena ledakan. Limbah ini dibuang ke Danau Karachay dan daerah sekitarnya yang menyebabkan kontaminasi luas dari perairan.

Baca Juga: Foto Area Radioaktif Chernobyl Setelah 30 Tahun Terjadi Ledakan

5. Sellafield, Inggris

Selain Chernobyl, 9 Tempat Ini Juga Terkena Radioaktif Tinggiagenciasinc.es

Sellafield yang terletak di dekat desa Seascale di seberang pantai Laut Irlandia di Inggris pada awalnya merupakan situs nuklir yang digunakan untuk produksi plutonium. Sejak situs memulai operasinya, ada sejumlah kasus kecelakaan yang telah dilaporkan di lokasi. Laut Irlandia yang dianggap sebagai laut paling radioaktif di dunia menerima sekitar 8 juta liter limbah yang terkontaminasi dari kasus ini.

6. Siberian Chemical Combine, Rusia

Selain Chernobyl, 9 Tempat Ini Juga Terkena Radioaktif Tinggibedroomfurniture.club

Fasilitas Siberian Chemical Combine terletak sekitar 3000 km dari Moskow di Siberia. Sejak awal Perang Dingin, situs ini digunakan sebagai bagian dari program nuklir Rusia selama sekitar 40 tahun, di mana bahan nuklir sedang diproduksi.

Pabrik ditutup tetapi terus digunakan sebagai fasilitas penyimpanan yang mengandung bahan radioaktif. Sebagian besar limbah cair disimpan di kolam tanpa perlindungan dan sekitar 125.000 ton limbah padat disimpan dalam wadah yang tidak dirawat dengan baik.

7. Polygon, Kazakhstan

Selain Chernobyl, 9 Tempat Ini Juga Terkena Radioaktif Tinggiblog.sadu-kz.com

Situs tes Semipalatinsk yang juga dikenal sebagai Polygon adalah salah satu lokasi utama untuk pengujian senjata nuklir Uni Soviet. Sekitar 456 uji coba nuklir telah dilakukan dari tahun 1949 hingga 1989 tanpa memperhatikan dampak serius dari efek radiasi pada populasi manusia di sekitarnya.

Hingga 1991, sampai fasilitas itu ditutup, pemerintah Soviet tidak pernah mengungkapkan risiko kerugian yang timbul dari radiasi kepada publik. Menurut para ilmuwan, lebih dari 200.000 orang telah terpapar risiko kesehatan secara langsung karena radiasi yang disebabkan oleh pengujian nuklir yang dilakukan di situs ini.

8. Mailuu-Suu, Kyrgyzstan

Selain Chernobyl, 9 Tempat Ini Juga Terkena Radioaktif Tinggiairfreshener.club

Kota penambangan uranium sebelumnya, Mailuu-Suu bertanggung jawab untuk menyebabkan kontaminasi radioaktif di sekitar wilayah dengan kegiatan penambangannya dari limbah nuklir. Tempat pemrosesan dan penambangan uranium ini menyisakan sekitar 1,96 juta meter kubik limbah uranium dan 26 tempat pembuangan limbah dapat ditemukan di dekat batas kota yang dihuni sekitar 25.000 orang.

Blacksmith Institute, sebuah LSM menilai kota ini sebagai tempat paling tercemar ketiga di dunia berdasarkan studi dan penelitian mereka pada tahun 2006. Tanah longsor, gempa bumi dan banjir cukup umum di wilayah ini yang meningkatkan risiko kontaminasi radioaktif di sepanjang sungai.

9. Fukushima, Jepang

Selain Chernobyl, 9 Tempat Ini Juga Terkena Radioaktif Tinggikisalfold.hu

Gempa bumi dan Tsunami 2011 bertanggung jawab atas bencana pembangkit listrik tenaga nuklir. Akhirnya, itu menyebabkan kegagalan peralatan di situs tersebut dan menyebabkan kehancuran tiga reaktor nuklir yang melepaskan sejumlah besar bahan radioaktif ke daerah sekitarnya.

Ini dianggap sebagai salah satu kecelakaan nuklir terbesar setelah insiden Chernobyl pada tahun 1986 dan terus menjadi ancaman besar bagi lingkungan dan penduduk manusia di seluruh dunia.

Semoga tak ada tempat lain lagi yang bernasib sama dengan lokasi-lokasi tersebut.

Baca Juga: Fasilitas Nuklir Rusia diduga Bocor, Awan Radioaktif Selimuti Eropa

Rangga Dio Hayyunuski Photo Verified Writer Rangga Dio Hayyunuski

Workhard, Playhard, Istirahard..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya