Comscore Tracker

7 Manfaat Luar Biasa dari Tidur Siang

Tidur siang justru dapat meningkatkan memori belajar dan bekerja

Punya teman yang suka tidur siang? Mungkin kita akan bilang “dasar pemalas!” atau “gabut banget sih!” Ya, tidur siang mendapatkan stigma malas atau nganggur dari masyarakat. Tapi jangan asal nge-judge dulu. Tahu nggak sih kalo tidur siang itu membawa banyak banget manfaat buat diri kita, baik secara fisik maupun psikologis? Ini lho, manfaatnya.

1. Meningkatkan kesadaran.

7 Manfaat Luar Biasa dari Tidur SiangSumber Gambar: www.huffingtonpost.com

Ketika kamu merasa mengantuk atau matamu lelah, tidurlah sejenak. Cukup 10 hingga 20 menit saja sudah dapat membuat kamu segar kembali, siap kembali fokus terhadap aktivitasmu. Sigap dan siaga.

2. Meningkatkan memori belajar dan bekerja.

7 Manfaat Luar Biasa dari Tidur SiangSumber Gambar: www.effectivebrain.com

Penyimpanan memori kamu akan lebih efektif. Tahukah kamu? Ketika tidur, kita menyimpan peristiwa-peristiwa yang baru saja kita alami ke memori jangka panjang.

3. Membawa berbagai manfaat kesehatan.

7 Manfaat Luar Biasa dari Tidur SiangSumber Gambar: kchealthandwellness.com

Menurunkan tekanan darah, menjaga kesehatan jantung, meningkatkan sistem imun, bahkan fungsi seksual! Rawr.

4. Mengembalikan mood.

7 Manfaat Luar Biasa dari Tidur SiangSumber Gambar: www.huffingtonpost.co.uk

Tidur siang dapat membantu mengatasi hormon kortisol penyebab stres dan mendukung serotonin yang bertugas memperbaiki mood kita. Oleh karena itu, tidur siang dapat jadi pilihanmu saat stres!

5. Tidur siang lebih baik dari secangkir kopi.

7 Manfaat Luar Biasa dari Tidur SiangSumber Gambar: www.huffingtonpost.com

Selain membantumu berhemat dan nggak perlu beli kopi, sebuah penelitian juga membuktikan bahwa tidur siang yang singkat dapat membantu meningkatkan kemampuan perseptual dan belajar yang kompleks lebih efektif dari secangkir kopi.

6. Beda durasi, beda manfaat.

7 Manfaat Luar Biasa dari Tidur SiangSumber Gambar: elissabinion.wordpress.com

Tidur 10-20 menit mengatasi mengantuk serta meningkatkan kesadaran dan energi, tidur 30 menit dapat membantu dalam pengambilan keputusan, 60-90 menit membantu untuk menciptakan koneksi baru di otak, membetulkan jaringan, mengingat fakta-fakta,  kejadian, dan orang lain.

7. Meningkatkan kreativitas.

7 Manfaat Luar Biasa dari Tidur SiangSumber Gambar: www.huffingtonpost.com

Buntu ide? Coba tidur sejenak. Tidur di siang hari dapat meningkatkan proses kreatif dan kognitif serta meningkatkan daya ingat, lho!

Itulah manfaat-manfaat tidur siang. Sebenarnya 10-20 menit saja cukup, dan biasa disebut dengan power nap. Siap dijadikan kebiasaan baru?

Topic:

Berita Terkini Lainnya