Comscore Tracker

Kucing 101: Mengenal Jenis Ashera, Kucing Termahal di Dunia

Apanya sih yang bikin mahal?

Tahun 2020, kucing ashera kembali dinobatkan sebagai kucing paling mahal di dunia. Dengan harga mencapai Rp1,6 miliar, ashera memang memiliki beberapa keunikan yang membuat para pecinta kucing rela mengeluarkan uang yang banyak. Apa saja fakta menarik dan unik dari ashera? Cek di bawah ini ya guys.

1. Kucing hibrida dari beberapa kucing ras unggulan

Kucing 101: Mengenal Jenis Ashera, Kucing Termahal di Duniainstagram.com/vegas_blvd_god

Ashera merupakan kucing hibrida atau hasil genetika yang sengaja dibuat oleh manusia. Kucing dengan bulu yang indah ini adalah percampuran kucing macam tutul dari Asia, kucing savana, kucing Afrika, dan beberapa kucing domestik yang menjadi unggulan. Alhasil, bulu ashera mirip seperti macan tutul dengan DNA kucing savana.

2. Hanya 1 perusahaan yang bertanggung jawab pada penciptaan kucing ashera

Kucing 101: Mengenal Jenis Ashera, Kucing Termahal di Duniaspirituality.ru

Kucing ashera ini direkayasa oleh Lifestyle Pets Co., perusahaan bioteknologi yang bertanggung jawab atas penciptaan kucing jenis ini. Dari laman Catastic, perusahaan ini hanya mampu memproduksi 5 ekor ashera setiap tahunnya.

3. Bisa dipelihara oleh orang dengan alergi bulu

Kucing 101: Mengenal Jenis Ashera, Kucing Termahal di Duniainstagram.com/petliker

Ashera menjadi kabar gembira untuk orang dengan alergi bulu tapi ingin memelihara kucing. Lifestyle Pets Co. menjamin jika kucing ciptaannya ini tidak menimbulkan alergi.

Dari laman Reuters, kucing ashera termasuk dalam kucing hypoallergenic yang sulit menyebabkan alergi. Namun sayangnya, untuk bisa menciptakan kucing anti alergi ini, Lifestyle Pets menghabiskan biaya setidaknya USD 28.000 lho.

Baca Juga: 6 Fakta Tentang Kucing Bengal, Kucing Langka dari Amerika

4. Menjadi kucing paling mahal di seluruh dunia

Kucing 101: Mengenal Jenis Ashera, Kucing Termahal di Duniaidntimes.com

Dari laman Finances Online, ashera kembali dinobatkan menjadi kucing termahal. Bahkan kucing Rp1,6 miliar ini mengalahkan gen induknya yakni savana. Saat ini kucing savana menempati urutan kedua sebagai kucing termahal dengan nilai Rp650 juta, tetap mahal ya guys.

5. Memiliki sifat seperti anjing

Kucing 101: Mengenal Jenis Ashera, Kucing Termahal di Duniaibreakingnewspoint.com

Dibandingkan kucing pada umumnya, ashera ternyata memiliki sifay yang mendekati anjing. Rasa penasaran yang besar, mandiri, selalu ingin berdekatan dengan pemiliknya, setia, dan protektif dipunyai oleh ashera. Beberapa perilaku ini sangat berbeda dengan kucing pada umumnya ya.

6. Tidak takut air

Kucing 101: Mengenal Jenis Ashera, Kucing Termahal di Duniareddit.com

Mirip kucing savana, ashera tidak takut dengan air. Bahkan kucing ini tergolong perenang yang andal. Dengan tubuh yang tinggi dan langsing, gerakan renang ashera termasuk cepat lho.

7. Sangat mudah diajari

Kucing 101: Mengenal Jenis Ashera, Kucing Termahal di Duniainstagram.com/thecutestlilanimal

Kucing ashera dikenal cerdas dan mudah akrab dengan pemiliknya. Karena itu, ashera bisa dengan mudah diajari berbagai permainan. Bahkan ashera bisa membuka pintu sendiri lho. Kamu bisa bermain-main dengan ashera cukup lama, rerata usia kucing ini mencapai 25 tahun.

8. Kontroversi seputar kucing ashera

Kucing 101: Mengenal Jenis Ashera, Kucing Termahal di Duniacommons.m.wikimedia.org

Tidak dipungkiri segala sesuatu yang mahal pasti menjadi sensasional. Diciptakan pada tahun 2003, ashera cukup mengguncangkan pecinta kucing. Belum lagi sejak tahun 2007, kucing ashera dijual dengan harga fantastis.

Dari laman Planet Save, para ahli mencoba mengecek DNA ashera pada Februari 2008. Hasil dari tes DNA itu dirilis pada Juni 2008 dan menyebutkan jika kucing ini termasuk savana. Hingga kini, beberapa ahli menyebutkan jika ashera hanyalah sejenis savana dengan harga yang sangat mahal.

Terlepas kontroversi di atas, ashera tetap pantas menduduki peringkat pertama kucing termahal di dunia. Perpaduan sikap anjing yang setia dan kucing yang menggemaskan tentu membuat ashera pantas dimiliki. Bagaimana menurutmu?

Baca Juga: Kucing 101: Japanese Bobtail, Kucing yang Ekornya Pendek Banget

iam_lathiva . Photo Verified Writer iam_lathiva .

Love To See, Love To Read, and Love To Share. IG: iam_lathiva

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You