Comscore Tracker

10 Romcom Era 90an yang Wajib Kamu Tonton, Siap-Siap Baper! 

#IDNTimesHype Nostalgia film dan lagu yang bikin kesengsem

Era 90an bisa dibilang masa keemasan komedi romantis atau romantic comedy yang biasa disingkat romcom. Untuk memilih 10 dari sekian banyak film bergenre ini tentu sulit. Namun cukup banyak orang sepakat untuk memilih sederet romcom yang paling asyik, kalau tak mau disebut terbaik.

Nah, inilah 10 rekomendasi romcom 90an yang wajib kamu tonton. Apa aja sih kira-kira?

1. Pretty Woman (1990) 

https://www.youtube.com/embed/Wzii8IuL8lk

Julia Roberts berperan sebagai Vivian Ward, seorang pekerja seks komersial dan Richard Gere memerankan Edward Lewis, pialang bursa Wall Street dalam film yang disutradarai Garry Marshall ini. Kisah layaknya Cinderella modern pun bergulir membuat pemirsa baper.

Film ini tampil segar dalam ragam busana Vivian yang menawan dan alunan lagu yang menjadi ilustrasi beberapa adegan yang memorable. Musik dan lagu dari film ini menjadi hits pada zamannya seperti It must have been love (Roxette), King of Wishful Thinking (Go West), Fallen (Lauren Wood) serta tentunya lagu lawas Oh, Pretty Woman (Roy Orbinson).

2. Sleepless In Seattle (1993) 

https://www.youtube.com/embed/ahI9LaOGYcE

Tom Hanks yang membintangi romcom 80an, Splash dan Big yang sukses di pasaran semakin menjadi magnet romcom di era 90an. Dalam film besutan Nora Ephron ini, sang aktor peraih 2 Piala Oscar berperan sebagai Sam, seorang duda yang anaknya menelepon sebuah acara radio untuk mencarikan dia istri.

Meg Ryan, ratu romcom 90an, memerankan Annie, reporter koran yang menulis artikel tentang kisah Sam. Mereka janjian bertemu di puncak Empire State Building saat Hari Valentine. Klise ya? Itulah romcom, dan penonton suka!

3. Reality Bites (1994)

https://www.youtube.com/embed/ZTlyNhT2fbM

Winona Ryder yang pada era 90an sedang ngetop-ngetopnya memerankan Lelaina yang bercita-cita menjadi pembuat film dokumenter. Turut berperan sebagai sahabat-sahabat Lelaina adalah Steve Zahn, Janeane Garofolo, dan Ethan Hawke. Ini merupakan film debutan Ben Stiller sebagai sutradara di mana ia sendiri juga tampil. Film menarik tentang cinta, pengkhianatan, patah hati, serta kehidupan sehari-hari yang sulit dan jauh dari idealisme para jebolan universitas. Reality bites.

Oh iya, soundtrack film ini pun lagunya keren-keren. Di antaranya Spinning Around Over You (Lenny Kravitz), My Sharona (The Knack), Baby I love your way (Big Mountain) dan tentunya All I want is you (U2). Namun yang paling memorable dari semuanya adalah penampilan ikonik Lisa Loeb dalam Stay (I Missed You).

4. Four Weddings And A Funeral (1994) 

https://www.youtube.com/embed/g-HeV8Z6iXc

Hugh Grant berperan sebagai Charles, pemuda Inggris yang menawan dan cerdas namun canggung. Ia bertemu gadis Amerika yang jelita, Carrie (Andie MacDowell) dalam 4 pesta pernikahan dan 1 acara pemakaman.

Film yang disutradarai Mike Newell ini bercerita tentang Charles dan kawan-kawannya yang selalu hadir dalam pesta-pesta pernikahan namun tidak pernah menjadi pengantin. Bisakah seorang tidak menikah namun tetap happy? Lagu Love is all around yang dinyanyikan Wet Wet Wet menjadi relevan, dan juga sukses merajai top charts kala itu.

5. While You Were Sleeping (1995) 

https://www.youtube.com/embed/nsJxyUvkB_E

Dalam film yang disutradarai Jon Turteltaub ini Sandra Bullock berperan sebagai Lucy yang kesengsem pada Peter (Peter Gallagher), seorang pria rupawan yang sering ia lihat dari tempat kerjanya di stasiun kereta. Suatu hari Peter jatuh di peron, dan saat menolongnya Lucy dikira sebagai tunangannya.

Kepalang tanggung Lucy pun terus berpura-pura di hadapan keluarga Peter yang terbaring koma. Namun Jack (Bill Pullman), saudara Peter, menaruh curiga. Kelanjutannya bisa ditebak. Semuanya menjadi kacau namun Lucy dan Jack malah jadi saling jatuh cinta.  

Baca Juga: Tayang di Bioskop, 5 Fakta Film Generasi 90an: Melankolia

6. Clueless (1995) 

https://www.youtube.com/embed/Mgjwq1ZzdPQ

Alicia Silverstone berperan sebagai Cher Horowitz, gadis remaja kalangan elite yang menghadapi berbagai persoalan di sekolah dan keluarga. Turut membintangi film ini sebelum menjadi superhero, Paul Rudd, dan juga Brittany Murphy.

Sutradara Amy Heckerling berhasil mengubah film teen flick ini menjadi isu budaya populer. Di awal film pemirsa diajak mengenal Cher dan geng Beverly Hills-nya dalam lagu-lagu yang mewakili karakter mereka seperti Kids In America  (The Muffs), Fashion (David Bowie), Shoop (Salt-N-Pepa’s), dan yang paling berkesan tak diragukan lagi adalah lagu milik No Doubt, Just a Girl

7. Jerry Maguire (1996) 

https://www.youtube.com/embed/7gZcQ6ddJF0

“Show me the money!” bisa jadi salah satu jargon film era 90an yang paling memorable. Renée Zellweger berperan sebagai Dorothy Boyd, seorang ibu tunggal, yang mencintai Jerry Maguire (Tom Cruise), seorang agen pemain American Football. Romcom yang disutradarai Cameron Crowe ini juga dibintangi Jonathan Lipnicki sebagai si kecil Ray Boyd yang menggemaskan, Kelly Preston, Jerry O’Connell, Jay Mohr, Bonnie Hunt, Regina King, serta Cuba Gooding Jr yang menyabet Piala Oscar atas perannya sebagai Rod Tidwell, sang superstar American Football.

Jerry Maguire masuk nominasi Oscar sebagai film terbaik (dikalahkan The English Patient) dan Tom Cruise sebagai aktor terbaik (kalah oleh Geoffrey Rush). Soundtrack film ini berisi kumpulan lagu-lagu keren, salah satunya yang paling berkesan karena menjadi ilustrasi adegan baper adalah Secret Garden milik Bruce Springsteen.

8. Notting Hill (1999) 

https://www.youtube.com/embed/h_daSz5FZYs

Dalam romcom yang disutradarai Roger Michell ini Julia Roberts berperan sebagai dirinya sendiri yaitu bintang film terkenal asal Amerika, namun bernama Anna Scott. Sementara Hugh Grant memerankan William Thacker, lelaki biasa pemilik toko buku di Inggris.

Toko buku di era 90an adalah sesuatu yang romantis. Film ini ber-setting kota London di area Notting Hill yang cantik dan diwarnai lagu manis When you say nothing at all  yang dinyanyikan Ronan Keating. Chemistry Julia dan Hugh yang saling kepincut sukses bikin baper.  

9. Never Been Kissed (1999) 

https://www.youtube.com/embed/xPyMf4ROt3Q

Drew Barrymore berperan sebagai Josie Geller, reporter koran berusia 25 tahun yang canggung dan konyol namun memesona. Dalam suatu tugas liputannya ia harus kembali ke sekolahnya. Masa SMA di mana ia terkenal sebagai nerd dan dijuluki Josie Grossy membuatnya merasa tidak nyaman.

Namun dengan penampilan baru hasil make over abangnya ia pun berani kembali ke sekolah serta menyamar sebagai murid di sana. Bukan hanya sukses sebagai sebuah romcom, Never Been Kissed yang disutradarai Raja Gosnell ini juga sukses menggambarkan kekonyolan sekaligus keindahan masa SMA.  

10. 10 Things I Hate About You (1999) 

https://www.youtube.com/embed/yEmcEuS6xm4

Diadaptasi dari drama William Shakespeare The Taming of the Shrew, film yang disutradarai Gil Junger ini berkisah tentang Bianca, seorang remaja yang baru boleh pacaran apabila kakaknya, Kat, memiliki teman kencan. Calon kekasih Bianca pun jadi sibuk mencarikan kencan untuk Kat.

Pilihan jatuh pada bad-boy Patrick Verona yang rupawan sebagai teman kencan Kat, si penggemar musik rock indie. Semakin sering berinteraksi, hubungan Kat (Julia Stiles) dan Patrick (Heath Ledger) pun semakin bikin baper.

Nah, itulah 10 romcom keren era 90an yang wajib kamu tonton. Siapkan popcorn, dan bersiaplah memasuki suasana penuh nostalgia.

Baca Juga: 9 Potret Anyar Artis Cilik 90an, ke Mana Trio Kwek Kwek?

Dessy Savitri Photo Verified Writer Dessy Savitri

Sports and books are my long time friends. Traveling and writing from time to time. Catch me at my Instagram @dessysavvy and my blog: dessysav.wordpress.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya