Comscore Tracker

PlayStation dan Deretan Konsol Game yang Digandrungi pada Tahun 90-an

Selain PlayStation, ada konsol game terkenal apa lagi?

Konsol game mulai digandrungi pada tahun 90-an. Konsol tahun 90-an memang telah menua, tapi tidak dengan kenangannya. Bahkan, konsol game tahun itu bisa jadi sangat jarang ditemukan lagi. Kalaupun ada, mungkin, akan dibanderol dengan harga yang tinggi.

Berikut lima konsol game yang sangat populer pada tahun 90-an. Mungkin saja kamu pernah memainkan salah satunya. Yuk, simak!

1. Virtual Boy (1995)

PlayStation dan Deretan Konsol Game yang Digandrungi pada Tahun 90-anVirtual Boy (tomsguide.com)

Konsol Virtual Boy adalah produk keluaran Nintendo. Hanya ada 22 game yang dibuat untuk sistem ini, termasuk game berdasarkan film Waterworld (1995) dan Mario's Tennis.

Virtual Boy memainkan game 32-bit dan mampu menampilkan gambar tiga dimensi stereoskopis dalam warna merah dan hitam.

2. Sega Saturn (1994)

PlayStation dan Deretan Konsol Game yang Digandrungi pada Tahun 90-anSega Saturn (paymore.com)

Dirilis setahun setelah Sega Genesis, Sega Saturn menjadi salah satu konsol yang paling diremehkan dalam daftar ini. Bagi sebagian orang, Sega Saturn masih memiliki tempat di hatinya.

Baca Juga: Mengenang Game Boy, Konsol Game Mungil Favorit Anak-anak 90-an

3. Super Nintendo (1990)

PlayStation dan Deretan Konsol Game yang Digandrungi pada Tahun 90-anSuper Nintendo (pixabay.com)

Game seperti Super Mario World, Super Metroid, Donkey Kong Country, Donkey Kong Country 2: Diddy's Kong Quest, Earthbound, Star Fox, dan Super Castlevania IV adalah alasan mengapa Super Nintendo menonjol dari konsol lain pada era yang sama.

Super Nintendo adalah peningkatan besar dari NES. Cukup banyak orang yang masih memiliki Super Nintendo dalam kondisi dapat dimainkan.

4. Nintendo 64 (1996)

PlayStation dan Deretan Konsol Game yang Digandrungi pada Tahun 90-anNintendo 64 (numerama.com)

Antusiasme luar biasa dari penggemar konsol menjadikan Nintendo 64 sebagai top tier pada zamannya. Orang berbondong-bondong membeli konsol jenis ini.

Nintendo 64 adalah platform untuk game seperti GoldenEye 007, Super Mario 64, The Legend of Zelda: Ocarina of Time, Donkey Kong 64, Mario Kart 64, Banjo Kazooie, Conker's Bad Fur Day, Pokémon Snap, dan masih banyak lagi. Dengan menggunakan paket ekspansi, kamu dapat meningkatkan RAM N64 dari 4 MB menjadi 8 MB.

5. Sony Playstation (1994)

PlayStation dan Deretan Konsol Game yang Digandrungi pada Tahun 90-anSony PlayStation (pexels.com/pixabay)

Tidak perlu dipungkiri lagi, Sony Playstation atau yang sering kita sebut PS1 adalah konsol terbaik pada 90-an. Sony mampu memanfaatkan pasar game dengan mengembangkan konsol yang melampaui pesaingnya dalam hal periferal dan game berkualitas.

Controller DualShock PS1 adalah penemuan revolusioner yang menjadi inpirasi untuk controller generasi selanjutnya. PS1 adalah representasi terbaik dari game 90-an. Pada konsol ini, kamu dapat memainkan game-game ternama, seperti Metal Gear Solid, Parappa the Rapper, Castlevania: Symphony of the Night, Resident Evil 2, dan masih banyak lagi.

Itulah lima konsol game yang digandrungi pada tahun 90-an. Konsol-konsol jadul inilah yang menjadi inspirasi dari generasi konsol yang bisa kita nikmati sekarang. Jadi, konsol game mana saja yang pernah kamu mainkan?

Baca Juga: Dulu Eksklusif Konsol, 7 Game Ini Sudah Tersedia di PC

Fauzan Novrizalni Photo Writer Fauzan Novrizalni

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya