Comscore Tracker

6 Jenis Gambar ‘Unik’ Ini Pasti Pernah Kamu Buat Ketika SD, Ngaku!

#Throwback Satu jenis gambar bisa berbeda bentuk, lho!

Bagi anak-anak SD yang memiliki ‘hasrat’ seni tinggi, pelajaran kesenian (bab seni rupa) merupakan pelajaran yang paling membahagiakan. Selain karena bisa berekspresi melalui gambar, anak-anak SD pun biasanya akan mendapat ‘ilmu’ baru tentang teknik-teknik menggambar yang baik. Entah dari sudut pandang warna, tata letak, kerapihan, maupun kreativitas lainnya.

Saat ada pelajaran seni rupa, khususnya menggambar, anak-anak SD pasti pernah mendapat tugas menggambar dari guru tentang tema-tema tertentu. Apa saja sih jenis-jenis gambar yang biasa dijadikan tema menggambar ketika masih SD?

1. Proses pembuatan ‘PANDA’

6 Jenis Gambar ‘Unik’ Ini Pasti Pernah Kamu Buat Ketika SD, Ngaku!https://www.youtube.com

Teknik menggambar binatang panda biasanya dibarengi dengan menyanyikan lagu khas yang liriknya sudah hafal di luar kepala. Bunyi nyanyiannya pun memang sesuai dengan apa yang digambarkan di buku gambar. “Lingkaran kecil-lingkaran kecil, lingkaran besar. Dikasih pisang, dikasih pisang, lalu dimakan. Enam, enam, berliku-liku. Enam-enam, dikasih sudut”. Masih ingat ‘kan?

2. Motif batik

6 Jenis Gambar ‘Unik’ Ini Pasti Pernah Kamu Buat Ketika SD, Ngaku!https://www.buatbunda.com

Gambar corak batik biasanya dibuat serempak dengan bentuk abstrak khas yang dibentuk dalam kotak-kotak yang ukurannya sama. Dalam proses pewarnaan coraknya, semakin sedikit warna yang digunakan akan semakin besar nilai yang didapatkan. Sebaliknya, semakin banyak warna, nilai pun biasanya akan lebih rendah. Corak batik memang biasanya hanya terdiri dari dua warna dan akan terlihat tidak ‘kece’ saat warna-warna saling bertabrakan antara satu bentuk dengan bentuk lainnya.

3. Orang bermain bola atau main pedang

6 Jenis Gambar ‘Unik’ Ini Pasti Pernah Kamu Buat Ketika SD, Ngaku!https://www.youtube.com

Gambar orang bermain bola biasanya sering dibuat oleh anak murid laki-laki yang menggemari olahraga sepak bola. Bentuk orangnya pun tidak rumit dengan tambahan isian-isian wajah yang merepotkan. Hanya dengan membentuk kepala dari sebuah lingkaran kecil, tubuh yang hanya dibuat satu garis dan dengan dua tangan dan kaki yang sama dengan bentuk tubuhnya.

Satu bulatan kecil dan pedang-pedangan disamping, gambar tersebut sudah layak disebut dengan gambar ‘orang yang sedang bermain bola atau main pedang-pedangan’.

4. Bunga warna-warni

6 Jenis Gambar ‘Unik’ Ini Pasti Pernah Kamu Buat Ketika SD, Ngaku!https://www.youtube.com

Sebaliknya, gambar bunga memang sering dilakukan oleh anak-anak perempuan ketika mendapat tugas menggambar dari guru. Bentuknya cukup dibuat sederhana dengan hanya membuat bulatan kecil dengan penambahan kelopak-kelopak bunga di sekeliling lingkaran tadi. Jangan lupa menambahkan batang dan daun-daun tepat di bawah bunga tersebut.

Anak-anak SD perempuan biasanya akan menghiasi bunga matahari tersebut dengan warna-warna lembut yang membuat gambar semakin terlihat indah dan berwarna.

5. Pohon kelapa, pohon pisang, pohon mangga

6 Jenis Gambar ‘Unik’ Ini Pasti Pernah Kamu Buat Ketika SD, Ngaku!http://gambardesain7.blogspot.co.id

Ada beberapa jenis pohon yang kerap menjadi objek gambar anak-anak SD, di antaranya adalah pohon kelapa, pohon pisang, dan pohon mangga. Pohon kelapa biasanya dibuat melengkung dengan daun-daun yang dibuat dengan hanya menggambar garis-garis asal di sepanjang dahan, dengan pohon kelapa yang bergerombol di tengahnya.

Sementara pohon pisang dibuat dengan daun khas dan buah pisang yang menjuntai ke bawah lengkap dengan jantung pisangnya. Sementara pohon mangga hanya difokuskan pada buahnya yang akan tumbuh di antara daun-daunnya yang rimbun. Asik, lho ternyata!

6. Dua gunung dan matahari ‘senyum’ di tengah

6 Jenis Gambar ‘Unik’ Ini Pasti Pernah Kamu Buat Ketika SD, Ngaku!https://www.youtube.com

Nah, ini nih gambar ‘wajib’ anak-anak SD yang biasanya ada pada setiap buku gambar. Gambar pemandangan alam khas murid SD ini biasanya terdiri dari dua gunung yang saling berdekatan (dengan bentuk gunung yang berbeda setiap masing-masing anak). Di tengah-tengah gunung biasanya dibuat matahari dengan penambahan mata dan mulut yang sedang tersenyum dan sinar-sinar berupa garis lurus di selingkaran matahari yang mengintip dari balik gunung.

Tak lupa, ada jalan yang berkelok, pesawahan, deretan awan, dan lampu jalanan di sepanjang jalan. Sederhana, namun berkesan hingga sekarang lho!

 

 

Ngaku deh, kamu pasti pernah membuat jenis-jenis gambar di atas kan?

Iip Afifullah Photo Verified Writer Iip Afifullah

Someone

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima

JADWAL SALAT & IMSAK

21
MEI
2019
16 Ramadan 1440 H
Imsak

04.25

Subuh

04.35

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 21 May 2019 12:00:04

Progress: 752.280 dari 813.350 TPS (92.49155%)

Just For You