Comscore Tracker

Rindu Berat, 7 Hal Unik Daun Pisang Ini Bangkitkan Memori Masa Kecil

Kamu pernah pakai buat payung gak?

Yakin, masa kecil kamu lebih banyak dihabiskan di luar rumah, terutama di area pesawahan yang hijau ranau nan menyegarkan. Ketika itu, beraneka jenis pohon tumbuh subur sejauh mata memandang. 

Satu jenis tanaman yang biasa ditemukan di banyak tempat adalah pohon pisang yang dikenal hanya berbuah sekali dalam satu pohonnya. Tak hanya buahnya yang dipetik, daunnya pun sangat mutiguna dalam kehidupan sehari-hari, terutama anak-anak yang hidup di zaman old.

Nah, berikut ini beberapa hal unik daun pisang yang bisa mencuatkan kembali kenangan masa kecil ketika kamu asyik bermain bersama teman sepermainan di sawah. Ingat apa saja?

1. Alas makan untuk bacakan di tengah sawah

Rindu Berat, 7 Hal Unik Daun Pisang Ini Bangkitkan Memori Masa KecilPixabay.com/LoggaWiggler

Kawan, coba bayangkan, betapa nikmatnya makan bersama teman-teman sepermainan dengan alas daun pisang di tengah sawah. Meski dengan lauk sederhana, kenikmatan menyantap makanan bersama-sama merupakan kenangan tak terlupakan dari masa kecil yang membahagiakan. Makan bersama ditemani angin semilir, canda dan tawa, merupakan suatu kebahagiaan hakiki tak terbantahkan.

2. Pembungkus berbagai macam kue tradisional

Rindu Berat, 7 Hal Unik Daun Pisang Ini Bangkitkan Memori Masa KecilPixabay.com/sarunya

Percaya, kue yang dibungkus dengan daun pisang terasa lebih nikmat daripada dibungkus dengan bahan-bahan plastik atau sejenisnya. Anak-anak zaman old sangat menyukai rasa kue-kue yang dibungkus daun pisang karena terasa lebih alami. Coba tanyakan kepada anak-anak zaman now, jika disuruh memilih, lebih suka makan kue tradisional berbungkus daun pisang atau makanan siap saji di restoran?

3. Bisa jadi rambut boneka kayu oleh cewek

Rindu Berat, 7 Hal Unik Daun Pisang Ini Bangkitkan Memori Masa KecilPixabay.com/ulleo

Anak-anak perempuan zaman old memiliki cara tersendiri untuk membuat mainan boneka. Dengan menggunakan batang pohon singkong dan daun pisang, mereka sudah bisa berkreasi membuat boneka khas zaman old. Potongan batang pohon singkong digunakan sebagai tubuh, sementara daun pisang dipotong tipis-tipis menyerupai rambut untuk bagian kepalanya. Sederhana, unik, namun tetap kreatif kan?

Baca Juga: 7 Jenis Bunga & Tumbuhan yang Sering Menemani Masa Kecil Anak 90an

4. Bagian tengah daun pisang (gedebong) bisa dibuat mainan senapan

Rindu Berat, 7 Hal Unik Daun Pisang Ini Bangkitkan Memori Masa KecilPixabay.com/realworkhard

Tak hanya daunnya, bagian tengah daun pisang yang disebut gedebong pun bisa dikreasikan menjadi senapan. Jika anak cewek membuat rambut boneka dari daun pisang, maka anak cowok membuat mainan senapan dari gedebongnya. Dengan teknik menekuk ujung-ujungnya dan dikaitkan dengan karet gelang, senapan pun siap untuk dimainkan.

5. Pengganti minyak saat menggoreng telur

Rindu Berat, 7 Hal Unik Daun Pisang Ini Bangkitkan Memori Masa KecilPixabay.com/Couleur

Eh, kamu tahu gak, menggoreng telur ternyata tidak mesti harus menggunakan minyak goreng, lho. Hanya dengan menggunakan daun pisang di atas penggorengan, kamu sudah bisa memasak telur mata sapi hingga matang. Selain nikmat dan alami, menggoreng tanpa minyak pun dipercaya bisa meningkatkan kesehatan.

6. Jadi atap dan tembok saat main gubuk-gubukan

Rindu Berat, 7 Hal Unik Daun Pisang Ini Bangkitkan Memori Masa KecilPixabay.com/WilliaM_oNG

Karena aktivitas anak-anak zaman old lebih banyak dihabiskan di luar rumah, maka mereka biasanya membuat gubuk-gubukan di tengah sawah. Kayu-kayu atau batang-batang pohon kecil dibuat sebagai tiang, sementara daun-daun lebar digunakan sebagai atap dan temboknya. Termasuk daun pisang yang biasa dijadikan atap dan bagian samping untuk menutupi dari terik matahari.

7. Jadi payung darurat ketika hujan lebat

Rindu Berat, 7 Hal Unik Daun Pisang Ini Bangkitkan Memori Masa KecilPixabay.com/sasint

Nah, ini nih yang paling diingat dari daun pisang yang bisa menjadi payung darurat ketika hujan deras tiba. Daun pisang diangkat bersama-sama oleh 4-5 anak di atas kepala sembari berlari-lari kecil menghindari air hujan di atasnya. Karena permukaan daun pisang yang anti air, maka daun pisang bisa melindungi anak-anak zaman old dari derasnya hujan.

Yakin tidak kangen dengan masa-masa indah tersebut? Yuk, jaga kelestarian alam agar pohon-pohon dan tumbuhan bisa tetap subur di negeri tercinta kita ini.

Baca Juga: Selain Daun Pisang, 6 Daun Ini Juga Digunakan untuk Bungkus Makanan

Iip Afifullah Photo Verified Writer Iip Afifullah

Someone

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya