Comscore Tracker

8 Komedian Ini Sering Nongol di Komedi Lawas ‘Spontan’, Kocak Ngakak!

Selalu dinantikan penayangannya nih!

“Spontan, uhuy?” adalah jargon khas acara komedi berkonsep candid camera (sekarang dikenal sebagai prank oleh para YouTubers) yang cukup menghibur di era 90 hingga 2000an. 

Dengan segmen yang berbeda-beda pada setiap episode, acara Spontan mampu bertahan selama kurang lebih 12 tahun menghibur para pemirsa di rumah dengan banyolannya. 

Sempat berpindah-pindah stasiun televisi sebanyak 3 kali, konsep acara Spontan pun banyak ditiru oleh program-program sejenis di masanya.

Ingat kembali yuk, siapa saja sosok komedian yang berada di balik kesuksesan acara komedi Spontan yang sempat menggondol piala di Panasonic Awards di beberapa kategorinya.

1. Komeng

8 Komedian Ini Sering Nongol di Komedi Lawas ‘Spontan’, Kocak Ngakak!Instagram.com/binyosungkar

Di program komedi lawas ‘Spontan’, Komeng merupakan tokoh utama dengan suara sengau dan ucapan khasnya ‘uhuy!’. Pemilik nama asli Alfiansyah yang mengawali karier sebagai penyiar radio ini merupakan pelawak yang cukup dikenal masyarakat banyak. 

Selain dikenal sebagai pengisi acara ‘Spontan’, Komeng pun menjajal seni peran di sejumlah film dan sinetron.

2. Ulfa Dwiyanti

8 Komedian Ini Sering Nongol di Komedi Lawas ‘Spontan’, Kocak Ngakak!Instagram.com/dikyrahmayadi

Di era 90an, nama komedian cewek Ulfa Dwiyanti sempat wara-wiri di sejumlah acara komedi, termasuk ‘Spontan’. Dikenal dekat dengan almarhum Taufik Savalas dan Eko Patrio, Ulfa Dwiyanti juga dikenal sebagai presenter talkshow lawas ‘Ngerumpi di Mall’. 

Tak hanya sebagai presenter, Ulfa Dwiyanti pun sempat berakting bersama Irgi Fahrezi dan Mona Ratuliu di ‘Lupus Millenia’ era 90an.

3. Septian Dwi Cahyo

8 Komedian Ini Sering Nongol di Komedi Lawas ‘Spontan’, Kocak Ngakak!Instagram.com/septian_dwi_cahyo_

Di dalam salah satu segmen Spontan, ada kisah Den Bagus dengan penampilan dan gaya yang mirip dengan Charlie Chaplin. Karakter Den Bagus diperankan dengan apik oleh Septian Dwi Cahyo yang dikenal sebagai seniman pantomim yang berkarakter. 

Karena prestasinya, pemain film layar lebar era lawas ini sempat memboyong piala ‘Golden Award’ dalam ajang World Creativity Festival.

4. Kiwil

8 Komedian Ini Sering Nongol di Komedi Lawas ‘Spontan’, Kocak Ngakak!Instagram.com/kiwil_1299

Wildan Delta atau yang lebih akrab disapa Kiwil merupakan salah satu pelawak yang memulai kariernya di acara ‘Spontan’. Komedian berdarah Minangkabau yang sering menirukan suara ulama Zainudin MZ ini sering terlibat di beberapa acara komedi 90-2000an. 

Tak puas melawak, Kiwil juga sempat mengambil peran dalam beberapa judul film dan sinetron.

Baca Juga: Miliki Rambut Indah Berkilau, Ini 6 Artis Bintang Iklan Sampo Jadul

5. Yadi Sembako

8 Komedian Ini Sering Nongol di Komedi Lawas ‘Spontan’, Kocak Ngakak!Instagram.com/yadisembako127_official

Seangkatan dengan Kiwil, Yadi sembako juga merupakan salah satu pengisi acara Spontan yang sering berbicara dengan logat khas Timur Tengah. Pemilik nama asli Suryadi Ishaq ini pun sempat menjadi asisten acara talkshow @show_imah bersama Soimah. 

Film, sinetron, iklan, dan komedi sudah pernah dicecapnya sebagai pengalaman hidupnya yang paling berharga.

6. Daus Separo

8 Komedian Ini Sering Nongol di Komedi Lawas ‘Spontan’, Kocak Ngakak!Instagram.com/daus_separo

Tak hanya dikenal sebagai Mail di sitkom lawas ‘OB’, Daus Separo juga dulu dikenal sebagai salah satu pengisi acara Spontan bersama Komeng. Meski memiliki nama asli Muhammad Firdaus, anggota grup lawak ‘Separo’ bersama Idan ini lebih beken dengan sebutan Daus Separo. 

Sama seperti Yadi Sembako, Daus Separo juga sempat menjajal akting di beberapa judul film dan sinetron.

7. Binyo

8 Komedian Ini Sering Nongol di Komedi Lawas ‘Spontan’, Kocak Ngakak!Instagram.com/binyosungkar

Terlahir dengan nama Saleh Sungkar, salah satu pengisi acara Spontan ini lebih dikenal dengan nama Binyo. Pria berparas Arab ini juga sempat ambil bagian di sinetron Tukang Bubur Naik Haji dengan peran satpamnya. Binyo merupakan salah satu pengisi acara Spontan yang cukup berkarakter karena gaya ngocolnya yang bikin ngakak.

8. Mpok Atiek

8 Komedian Ini Sering Nongol di Komedi Lawas ‘Spontan’, Kocak Ngakak!Instagram.com/mpok.atiek

Nah, di acara Spontan, Mpok Atiek sering membuat pemirsa di rumah ngakak karena banyolannya yang disertai dengan kebiasaan latahnya. Tak hanya dikenal di acara Spontan, Mpok Atiek pun pernah mengambil peran di sinetron lawas ‘Gerhana’ bersama Pierre Rolland dan Dina Lorenza. 

Meski sudah berusia 62 tahun, Mpok Atiek masih bersemangat membintangi puluhan judul film dengan peran-peran kocaknya.

Meski tak lagi bersama dalam acara komedi Spontan, namun nama-nama komedian di atas hingga sekarang masih eksis di dunia hiburan menghibur pemirsa di rumah. 

Cung, siapa yang ngakak guling-guling saat nonton acara Spontan dulu?

Baca Juga: Favorit Pendengar, 7 Lagu Alternatif Lawas Ini Sering Diputar di Radio

Iip Afifullah Photo Verified Writer Iip Afifullah

Someone

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya