Comscore Tracker

Bikin Rindu Berat, Ini 6 Kegiatan Seru Masa Kecil di Bulan Ramadan

#RamadanMasaKini Sekarang sudah jarang yang melakukannya ya?

Sukacita menyambut datangnya Ramadan tak hanya dirasakan oleh orang dewasa, namun juga anak-anak. Ada banyak kegiatan seru yang kerap mereka lakukan ketika Ramadan dan menjadi pengalaman tak terlupakan. Di samping belajar berpuasa sedari kecil, mereka juga secara alami mempelajari bagaimana menikmati hidup dengan keceriaan bersama teman-teman sepermainan.

Nah, beberapa kegiatan seru ini mungkin pernah kamu lakukan di masa kecil saat Ramadan tiba, simak yuk dan pastikan kamu ikut nostalgia bersamanya!

1. Jalan-jalan pagi setelah sahur dan salat Subuh

Bikin Rindu Berat, Ini 6 Kegiatan Seru Masa Kecil di Bulan RamadanPixabay.com/darwisalwan

Setelah sahur yang dilanjutkan dengan salat Subuh, anak-anak biasanya akan bergerombol di pinggir jalan dan jalan-jalan pagi menikmati udara yang masih segar. Dengan kain sarung yang masih diselempangkan di dada, mereka berjalan-jalan pagi mengitari jalan raya sambil bersenda gurau bahagia.

2. Bikin penerangan jalan dari bola lampu bekas atau obor di malam hari

Bikin Rindu Berat, Ini 6 Kegiatan Seru Masa Kecil di Bulan Ramadanpeople.howstuffworks.com

Di jalan kampung yang biasanya masih dipenuhi sawah, anak-anak biasanya akan membuat penerangan jalan dari bola lampu bekas yang diisi minyak tanah dan sumbu. Penerangan buatan itu biasanya akan digantung pada kayu yang ditempatkan berjejer di sepanjang jalan. Masyarakat yang akan berangkat salat Tarawih akan merasa terbantu saat melewati daerah pesawahan menuju masjid atau musala di malam hari.

3. Membagikan piring ke rumah-rumah untuk diisi makanan buka puasa di masjid

Bikin Rindu Berat, Ini 6 Kegiatan Seru Masa Kecil di Bulan Ramadanafghanafoundation.org

Menjelang berbuka puasa, anak-anak biasanya akan membagikan piring ke rumah-rumah warga untuk diisi takjil dan makanan buka puasa di musala. Dengan ceria dan tanpa rasa beban, mereka mengunjungi rumah demi rumah membawa piring yang dibawa dalam wadah besar secara berkelompok. Masih kecil tapi semangat kerja sama sudah tertanam dalam jiwa.

Baca Juga: Jadwal Buka Puasa Ramadan 1440 H di 7 Kota Besar Indonesia

4. Kerja bakti ngepel lantai musala saat libur sekolah

Bikin Rindu Berat, Ini 6 Kegiatan Seru Masa Kecil di Bulan Ramadanmangroveservices.net

Saat sekolah libur, anak-anak biasanya kerja bakti membersihkan musala dengan semangat menyala. Setelah karpet digulung dan dicuci, mereka biasanya akan mengepel lantai musala dengan iringan gelak tawa. Meski sedang puasa, kegiatan membersihkan masjid sama sekali tak menyurutkan semangat mereka meraih pahala.

5. Meminta tanda tangan Pak Ustad setelah Tarawih untuk Buku Kegiatan Ramadan

Bikin Rindu Berat, Ini 6 Kegiatan Seru Masa Kecil di Bulan RamadanPixabay.com/klimkin

Selesai Tarawih, anak-anak biasanya akan menyerbu Pak Ustad yang menjadi imam salat saat itu. Dengan riuh, mereka berebutan meminta tanda tangan Pak Ustad untuk mengisi buku Kegiatan Ramadan dari sekolah. Bukan hanya meminta tanda tangan, buku Kegiatan Ramadan pun mencakup nilai-nilai kebaikan dan pahala yang dilakukan selama berpuasa.

6. Jajanan kerupuk ‘sableng’ yang dilumuri sambal kacang nan nikmat

Bikin Rindu Berat, Ini 6 Kegiatan Seru Masa Kecil di Bulan RamadanPixabay.com/ambroo

Terutama di daerah Serang, Banten, makanan khas bulan puasa yang disebut ‘kerupuk sableng’ sangat diidolakan anak-anak di masanya. Kerupuk sableng sendiri merupakan kerupuk berukuran segiempat besar yang disiram sambal kacang hingga teksturnya empuk. Selesai Tarawih, mereka biasanya akan melakukan wisata kuliner sederhana di lapangan depan jalan raya yang ramainya tak terkira.

Selain kegiatan seru di atas, kegiatan apa lagi nih yang pernah kamu lakukan di masa kecil saat Ramadan? Share ya di sini!

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Iip Afifullah Photo Verified Writer Iip Afifullah

Someone

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You