Comscore Tracker

Gak Kalah Hits dari Sabyan, 8 Lagu ‘Debu’ Era 2000an Ini Bikin Adem

Bule bule muslim nih

Di era 2000an, nama grup musik berirama Timur Tengah ‘Debu’ yang digawangi oleh Kumayl Mustafa Daood ini sempat merajai chart musik islami Tanah Air. Beranggotakan 12 personel, mereka tak hanya berasal dari Amerika Serikat, namun juga ada yang berasal dari Swedia, Inggris dan Indonesia. Tak hanya musiknya yang menyejukkan, lirik-lirik yang ada dalam setiap lagu yang mereka bawakan tak pernah jauh-jauh dari nilai-nilai kebenaran dan bernafaskan islam.

Yuk, ingat kembali beberapa lagu dari Debu yang bikin hati kamu jadi sejuk dan teduh dalam daftar singkat berikut ini.

1. Cinta Saja

https://www.youtube.com/embed/YEsNfzdV0L0

Rasa cinta seorang hamba kepada Tuhan yang merasuk hingga ke dalam jiwa. Jika manusia ingat kepada Tuhan, maka hati yang tadinya gelap dan muram akan terang benderang ketika melihat cahaya Tuhan yang Maha Agung. Cukup dengan rasa cinta yang tertanam dalam jiwa kepada Tuhan, maka hati akan merasa damai, nyaman dan tenteram.

2. Angin Sepoi-sepoi

https://www.youtube.com/embed/tvGDPBFVKWI

Angin sepoi yang datang di pagi hari membuat suasana hati menjadi riang dan gembira hingga jiwa terasa menari. Kiasan-kiasan datangnya angin yang merupakan anugerah dari Tuhan membuat suasana menjadi indah dan semerbak. Harum samirana, pesan rindu, debu yang berkilat, dan celak mata menjadi kiasan-kiasan kata yang terdengar indah dengan irama yang mengalun syahdu.

3. Astaghfirullah

https://www.youtube.com/embed/uAZjLt2Y4BY

Lagu ini mengisahkan tentang kedekatan seorang hamba dengan Sang Pencipta. Manusia yang tak luput dari dosa semestinya harus sering-sering mengucap istighfar agar hidup dipenuhi dengan keberkahan. Dengan tetap mengucap istighfar, maka kalbu akan tetap bersih dan bisa dengan jelas melihat cahaya Tuhan di setiap kesempatan yang ada.

4. Biduan Istana-Nya

https://www.youtube.com/embed/kC6CtbLGj7E

Seorang hamba Tuhan yang sering melantunkan ayat-ayat Tuhan melalui berbagai cara, termasuk dalam lagu-lagu bernuansa islami. Misteri dan teka-teki Tuhan dengan segala rahasianya bisa membuat manusia bodoh menjadi bijak, dan hati yang keras menjadi lunak. Jika iman sudah ada dalam dada, maka segala keindahan dan kesejukan jiwa pasti bisa dengan mudah dirasakan.

Baca Juga: 5 Video Viral Sabyan Gambus yang Ditonton Puluhan Juta Kali

5. Ucapkanlah Bersama

https://www.youtube.com/embed/e-3HwHjwgJc

Ajakan kepada seluruh umat manusia agar senantiasa mengucap kalimat tauhid dalam berbagai kesempatan. Mengingat Tuhan setiap waktu bisa membuat manusia meninggalkan hal-hal buruk; mencaci, berdebat, dan saling benci. Sama-sama mengucapkan kalimat-kalimat pujian kepada Tuhan bisa membuat semangat kebersamaan dan persatuan semakin kuat.

6. Babun Nikmat

https://www.youtube.com/embed/cv5VD68VHZc

Manis dan lezatnya iman bisa dirasakan oleh orang-orang yang selalu mengingat Tuhan di setiap waktu dalam kehidupan. Kenikmatan akan hadirnya keimanan dalam hati pun bisa membuat hidup menjadi damai dan senantiasa bersyukur. Jadi, tak ada alasan untuk tetap bersyukur karena segala kenikmatan ada di sekeliling kita.

7. Dendang Sufi

https://www.youtube.com/embed/JL0NIh4nX5Y

Berdzikir dan mengingat Allah dalam setiap kesempatan bisa membuat hati tenang dan menghilangkan nafsu negatif yang sifatnya merusak. Memuji dan menyebut asma-Nya merupakan jalan kebaikan agar bisa tetap berada di jalan lurus yang diridhai-Nya. Hidup yang memiliki titik akhir akhirat senantiasa membuat kita selalu ingat dengan Tuhan.

8. Nyawa dan Cinta

https://www.youtube.com/embed/g8BOvO9zgz8

Sama-sama diciptakan oleh Tuhan, nyawa dan cinta memang semestinya dimiliki oleh setiap manusia agar selalu mengingat-Nya. Perpaduan antara nyawa (roh) dan rasa cinta menjadikan manusia memiliki kasih sayang terhadap sesamanya agar tidak saling membenci. Manusia memiliki nyawa untuk hidup, dan manusia hidup dengan rasa cinta.

Dengarkan musiknya, resapi setiap lirik, dan rasakan keindahan lagu dalam setiap syair yang dinyanyikan oleh Debu. Dijamin bikin hidup kamu tenang dan tenteram tanpa ada rasa dengki, benci, apalagi dendam kepada sesama meski berbeda pandangan. Bukankah kita ini bersaudara, Kawan?

Baca Juga: Sebelum Sabyan, Ini 10 Lagu Gambus Mas’ud Sidik yang Hits di Era 90an

Iip Afifullah Photo Verified Writer Iip Afifullah

Someone

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You