Comscore Tracker

5 Mainan Populer Tahun 1950an yang Masih Beredar Sampai Saat Ini

Adakah mainan favoritmu?

Mainan tentunya merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan dari anak-anak. Bahkan sejak zaman prasejarah, ada banyak mainan kuno yang bisa ditemukan dalam situs galian kebudayaan kuno.

Tentunya setiap tahunnya, mainan memiliki masa-masa populer yang menjadi incaran banyak anak. Dilansir dari fiftiesweb.com berikut ini adalah lima mainan yang sempat hits di tahun 1950-an dan beberapa di antaranya masih bisa kita jumpai lho.

1. Hula Hoop

5 Mainan Populer Tahun 1950an yang Masih Beredar Sampai Saat Iniinterexchange.org

Untuk kamu yang lahir di tahun 90an tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan mainan ini. Hula hoop modern diciptakan pada tahun 1958 oleh Arthur K. "Spud" Melin dan Richard Knerr dan menjadi sangat populer. Bahkan Wham-O sampai menjual 25 juta hula hoop dalam dua bulan pada masa itu. Kabarnya hula hoop tradisional telah di emukan sebelumnya tetapi dengan bahan yang diambil dari alam seperti rotan dan juga rumput.

2. Mr. Potato Head

5 Mainan Populer Tahun 1950an yang Masih Beredar Sampai Saat Iniretroramblings.com

Tokoh yang satu ini tentunya sudah nngak asing lagi bagi kamu yang suka menonton film animasi Toy Story. Mr Potato head adalah salah satu karakter yang menemani karakter Woody berpetualang pada setiap sekuel filmnya. Ternyata karakter ini telah ada sejak tahun 1950an lho.

Pada tahun 1952, George Lerner menemukan dan mematenkan Mr. Potato Head berdasarkan mainan sebelumnya yang disebut "make a face" , yaitu mainan yang menggunakan kentang asli. Walaupun secara visual ada sedikit perubahan nyatanya karakter ini telah mencuri perhatian anak-anak dari waktu ke waktu.

Baca Juga: Sederhana, tapi 7 Permainan Ini Bikin Anak 90an Bahagia Banget!

3. Play Doh

5 Mainan Populer Tahun 1950an yang Masih Beredar Sampai Saat Inififtiesweb.com

Play doh merupakan salah satu mainan yang melatih kecerdasan anak. Nah ternyata mainan yang satu ini sudah diproduksi sejak tahun 1956. Joe McVicker  merupakan orang di balik populernya mainan play doh.

Saat itu Joe yang sedang bekerja dengan ayahnya menemukan zat yang tidak beracun yang digunakan untuk membersihkan kertas dinding, kemudian ia mengirimkannya kepada saudara ipar yang merupakan seorang guru dan menggunakannya sebagai sarana untuk belajar. Joe kemudian membawa penemuannya ke sebuah konvensi pendidikan, di mana department store Woodard & Lothrop mengambilnya untuk dibawa ke departemen mainan mereka.

Awalnya play doh hanya tersedia dalam kaleng putih. Kemudian setelah tahun 1957 mulai berkembang dengan warna merah, biru dan kuning.

4. Barbie

5 Mainan Populer Tahun 1950an yang Masih Beredar Sampai Saat Inislideshare.net

Nah kalo yang satu ini sepertinya adalah yang paling banyak dimiliki oleh anak perempuan di seluruh dunia dibandingkan mainan lainnya. Barbie adalah buah kreativitas dari pasangan suami istri Ruth Handler dan Elliot yang mulai memperkenalkan karyanya pada tahun 1959. Nama Barbie sendiri terinspirasi dari nama panggilan sang anak Barbara. Diperkirakan satu miliar boneka Barbie sudah terjual di 150 negara.

5. Pink plastic Flamingo

5 Mainan Populer Tahun 1950an yang Masih Beredar Sampai Saat Iniwww.impactlab.net

Sepertinya karakter flamingo berwarna pink masih menjadi koleksi favorit, terbukti dari banyak barang yang bertema flamingo mulai dari case smartphone hingga gantungan kunci. Pada tahun 1958, pink plastic flamingo dijual berpasangan dengan harga di bawah tiga dollar. Saking populernya walikota Leominster mengadakan Pink Flamingo Day untuk menghargai karya Don Featherstone.

Nah itulah lima mainan populer tahun 1950an yang masih bisa kita temukan pada masa sekarang. Adakah mainan favoritmu di masa kecil?

Baca Juga: Masih Ingat? Ini 7 Anime Jadul yang Mainannya Pernah Booming!

mintari setyopaluvi Photo Verified Writer mintari setyopaluvi

sharing is good

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya