Comscore Tracker

5 Band Cadas Ini bakal Mengingatkan Kalau Kamu Pernah Jadi Anak Metal

Band mana yang jadi idolamu dulu?

Pada akhir tahun 1990an hingga awal tahun 2000an, khazanah musik Indonesia diramaikan oleh band-band asal luar negeri beraliran nu metal. Tak ayal, band-band itu langsung membuat remaja nusantara menjadi demam musik cadas.

Vokalis yang memadukan antara ujaran-ujaran ala rap sampai refrain berteriak (scream), distorsi efek gitar yang menyayat-nyayat gendang telinga, betotan bass yang menggelegar hingga gebukan drum yang rancak dikemas menjadi suatu aliran yang dengan cepat digemari anak muda zaman itu. 

Pasalnya, tak hanya aransemen musiknya yang cadas, mayoritas tembang-tembang yang mereka lantunkan itu bertema perlawanan terhadap otoritas dan kritik sosial. Sesuai dengan jiwa remaja yang penuh dengan insting berpetualang.

Dari sekian banyak band nu metal, ada lima di antaranya yang sangat populer di Indonesia ketika itu. Berikut daftar band dan lagu andalan mereka.

1. Payable on Death (P.O.D)

Band nu metal asal San Diego, California ini terbentuk pada tahun 1992. Line-up P.O.D terdiri dari vokalis Sonny Sandoval, drummer sekaligus rhythm guitarist Wuv Bernardo, lead guitarist Marcos Curiel, dan bassist Traa Daniels. 

POD telah berhasil menjual lebih dari 12 juta kopi rekaman di seluruh dunia. Selama karier mereka, band ini telah menerima tiga nominasi Grammy Award. 

Album studio teranyar mereka, Satellite, melanjutkan kesuksesan P.O.D dengan tembang Alive dan Youth of the Nation. Kedua lagu itu membuat P.O.D meraih triple platinum.

2. Limp Bizkit

Limp Bizkit adalah band yang terbentuk di Jacksonville, Florida, Amerika Serikat pada tahun 1994. Formasi Limp Bizkit terdiri dari Fred Durst (vokal utama), Sam Rivers (bass, backing vocals), John Otto (drum, perkusi) dan Wes Borland (gitar, backing vocals). 

Ciri khas musik Limp Bizkit ini berupa lantunan vokal yang penuh kemarahan dari Fred Durst yang aransemen musiknya diwarnai efek gitar sonic experimental Wes Borland. Penampilan visual Borland di panggung juga memiliki karakteristik tersendiri. Dia menutupi seluruh wajah dan tubuhnya dengan cat dan topeng.

Terkadang dia juga memakai seragam terusan. Limp Bizkit telah dinominasikan untuk tiga Grammy Awards karena telah berhasil menjual 40 juta kopi album mereka di seluruh dunia.

3. System Of A Down (S.O.A.D)

System of a Down (SOAD) adalah band nu metal Armenia-Amerika dari Glendale, California. Dibentuk pada tahun 1994. Band ini terdiri dari Serj Tankian (vokal utama, keyboard), Daron Malakian (vokal, gitar), Shavo Odadjian (bass, backing vocals) dan John Dolmayan (drum).

SOAD mencapai kesuksesan komersial dengan merilis lima album studio, yang tiga di antaranya memulai debutnya menjadi nomor satu di Billboard 200. Album-album SOAD sendiri telah terjual lebih dari 40 juta kopi album di seluruh dunia. Dua single mereka Aerials dan Hypnotize, mencapai nomor satu di tangga lagu Billboard's Alternative Songs.

SOAD telah dinominasikan untuk empat Grammy Awards dan lagu mereka B.Y.O.B. memenangkan Best Hard Rock Performance 2006. Kelompok ini dibubarkan secara singkat pada bulan Agustus 2006 dan bersatu kembali pada November 2010 untuk memulai tur selama tiga tahun berikutnya.

4. Slipknot

Slipknot adalah band cadas asal Amerika dari Des Moines, Iowa. Band ini dibentuk pada tahun 1995 oleh sang perkusi Shawn Crahan, drummer Joey Jordison dan bassis Paul Gray. Setelah beberapa perubahan lineup pada tahun-tahun awal, band ini lantas secara permanen memiliki sembilan anggota: Corey Taylor, Mick Thomson, Jim Root, Paul Gray, Craig Jones, Sid Wilson, Shawn Crahan, Chris Fehn dan Joey Jordison. 

Kini, hanya Shawn Crahan yang menjadi satu-satunya personel yang masih setia berada di Slipknot setelah anggota lainnya ada yang meninggal dan lainnya hengkang. Slipknot sendiri terkenal dengan penampilan para personelnya yang aneh, musik yang agresif dan pertunjukan live yang energik nan kacau. Band ini dengan cepat naik daun setelah merilis album debut mereka di tahun 1999.

5. Linkin Park

Linkin Park adalah band nu metal Amerika dari Agoura Hills, California. Dibentuk pada tahun 1996 oleh Mike Shinoda dan Brad Delson yang kemudian merekrut Dave Ferrel, Joe Hahn, Rob Bourdon dan Chester Bennington. Linkin Park dengan cepat naik daun mencapai ketenaran internasional dengan album debut mereka Hybrid Theory (2000).

Album studio berikutnya, Meteora lantas melanjutkan kesuksesan Linkin Park dengan menduduki puncak chart album Billboard 200 pada tahun 2003. Linkin Park juga memiliki fans yang sangat banyak di Indonesia karena jenis musiknya yang 'lebih ringan' didengar oleh khalayak muda.

Pada 20 Juli 2017 lalu, vokalis Linkin Park Chester Bennington ditemukan meninggal dunia karena bunuh diri.

Honourable mention kepada Korn, Papa Roach, Disturbed dan band-band nu metal populer lainnya yang tidak masuk daftar.

Rangga Putra Photo Verified Writer Rangga Putra

Lahir di Kota Pahlawan Surabaya dan besar di Kota Santri Gresik. Suka Bismillah dan Alhamdulillah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You