Comscore Tracker

Heboh, YouTuber Indonesia Ini Bikin Video di Hutan Aokigahara Jepang

Kalian masih ingat kasus Logan Paul?

QoryGore, salah satu YouTuber Indonesia tersandung kasus yang membuat dirinya menjadi sensasional secara negatif. Dirinya menjadi amat terkenal dan sensasional setelah unggahan video kontroversi dirinya yang berada di Jepang terpapar ke publik.

Di videonya tersebut, ia mengunggah dirinya yang berjalan-jalan ke sebuah hutan yang ada di Jepang yang bernama Aokigahara, sebuah hutan yang terletak dibawah kaki gunung Fuji. Yang membuat video unggahannya tersebut menuai kontroversi, karena QoryGore melakukan apa yang dilakukan oleh aksi salah satu YouTuber ternama, yakni Logan Paul yang merekam mayat di Aokigahara.

Namun benarkah yang direkam tersebut adalah mayat?

1. Ia dianggap mencari mayat hanya demi memenuhi konten YouTube

Heboh, YouTuber Indonesia Ini Bikin Video di Hutan Aokigahara Jepangasset-a.grid.id

Dalam video tersebut, dirinya bersama kawan-kawannya berada di hutan Aokigahara, Jepang. Di sana ia berjalan menyusuri hutan tersebut dengan mengikuti jalan yang telah ditandai dan disediakan oleh pihak pengawas hutan tersebut.

YouTuber QoryGore bersama kawan-kawannya berkelana menuju kawasan hutan yang lebih dalam hingga akhirnya bertemu dengan apa yang di videonya ia blur dan diklaim sebagai mayat korban bunuh diri.

2. Video kontroversi tersebut telah di "take down" oleh YouTube

Heboh, YouTuber Indonesia Ini Bikin Video di Hutan Aokigahara Jepangcoconuts.co

Video kontroversional yang diunggah oleh QoryGore kini telah di blokir oleh Youtube karena mendapat kecaman dari banyak pihak. YouTube sendiri menilai jika video tersebut tidak sesuai dengan Community Guidelines yang sudah menjadi aturan para YouTuber dalam membuat videonya masing-masing.

3. Tak pelak, QoryGore pun dianggap sebagai Logan Paul Indonesia dan dikecam oleh banyak pihak

Heboh, YouTuber Indonesia Ini Bikin Video di Hutan Aokigahara Jepangmetro.co.uk

Banyak orang yang menyayangkan aksi QoryGore yang dianggap menyerupai Logan Paul saat berunjung ke Aokigahara. Logan Paul sendiri dikenal sebagai YouTuber yang cukup dibenci karena aksinya yang amat tidak sopan ketika rombingannya berada di Jepang. Puncaknya ketika Logan Paul meliput sebuah mayat ketika Logan Paul dan rombongannya sengaja masuk ke lokasi tidak steril di Aokigahara, seakan mencari mayat di dalam hutan tersebut demi konten. Hal tersebut yang berujung pengunggahan permintaan maaf Logan Paul kepada publik. 

Sikap QoryGore yang dianggap mirip dengan Logan Paul dikecam oleh banyak pihak, bahkan orang terkenal dari luar negeri yang senang dengan aksi QoryGore karena dianggap tidak menghormati orang yang sudah meninggal.

Izzzy dengan akun @vngnc diantaranya menyuarakan ketidaksukaannya akan aksi QoryGore dalam bentuk cuitan Twiternya.

Bahkan Keem dari @Keemstar menyayangkan terjadinya aksi yang menyerupai Logan Paul ini. Ia juga menyuarakannya melalui cuitan Twitter miliknya.

Baca Juga: 10 YouTuber Indonesia Terpopuler di Tahun 2018, Ada Idolamu?

4. Pembelaan dari QoryGore, gambar yang di blur belum tentu mayat

Heboh, YouTuber Indonesia Ini Bikin Video di Hutan Aokigahara Jepanggeeq.id

Kedatangan QoryGore bersama kawan-kawan ke Aokigahara yang dikenal sebagai hutan bunuh diri sudah mendapat ijin dari pengawas hutan dan perusahaan yang mensponsori kedatangan QoryGore untuk meliput hutan tersebut.

Ketika akhirnya QoryGore berasumsi telah masuk ke wilayah resmi yang steril. QoryGore menemukan sebuah tumpukan yang ditutupi sebuah jas hujan kemudian menyensor tumpukan tersebut. 

Tumpukan yang diblur dalam video QoryGore tersebut membuat para penonton YouTuber menebak-nebak tumpukan tersebut. Dikarenakan percakapan dan kelakar QoryGore yang seakan ingin mencari sesuatu yang seru di sebuah hutan yag terkenal dengan nama "hutan bunuh diri" banyak orang yang berasumsi kalau tumpukan tersebut adalah sebuah mayat.

Dikonfirmasikan sendiri oleh QoryGore saat ikut Podcast Radio Singham bersama Eno Bening di YouTube, bahwa dia sendiri tidak mengetahui apakah tumpukan tersebut adalah mayat atau tidak. Lagipula, dalam perjalannya ke mereka hutan ke Aokigahara juga diawasi oleh orang perusahaan yang menerbangkan mereka ke Jepang sehingga tidak melakukan hal yang diluar pengawasan. Ia bahkan tidak mengecek lebih jeli tumpukan tersebut sehingga tidak terlihat secara lebih dekat.

5. QoryGore mengaku akan tetap mengunggah video tersebut setelah diedit sesuai ketentuan YouTube

Heboh, YouTuber Indonesia Ini Bikin Video di Hutan Aokigahara Jepangkumparan.com

Diklarifikasi oleh QoryGore sendiri, dirinya tak mempermasalahkan videonya yang di "take down" oleh YouTube. Serta menepis isu kalau videonya hilang karena ia mem-privasikan video tersebut.

Qorygore menyatakan bahwa ia akan mengunggah kembali video tersebut setelah mengedit rapi video itu sehingga tidak melanggar aturan komunitas yang telah diterapkan oleh YouTube.

6. Klarifikasi QoryGore saat wawancara langsung di Singham Radio

https://www.youtube.com/embed/X8XfdzAo6no

Diliput dalam sesi wawancara pada Podcast di program Radio Singham yang diadakan oleh YouTuber lainnya, Eno Bening. Dalam wawancara selama 34 menit lebih tersebut, QoryGore mengklarifikasikan dan menjelaskan semua aksi yang rombongannya lakukan selama berada di Aokigahara Jepang. Amat disarankan agar kalian menonton wawancara tersebut melalui video diatas.

QoryGore menyatakan kalau ia menerima semua kritikan yang dialamatkan padanya dan akan memperbaiki dan menjadi lebih baik lagi kedepannya. Ia hanya berharap agar berita tentang dirinya tersebut tidak dibelok-belokkan atau disangkut pautkan dengan topik lainnya.

Baca Juga: SkinnyIndonesian24 Jadi YouTuber Indonesia yang Masuk YT Rewind 

Kikitondo Photo Community Writer Kikitondo

Self-proclaimed Writer, Japan pop Culture Enthusiast, Vtuber Observer. Butuh asupan berita tentang pop kultur Jepang dan industri budaya kreatif Indonesia, utamanya mengenai Vtuber? Mari ke Risa Media!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You