Comscore Tracker

Biar Gak Mahal, Pria Ini Jual Petai Satuan Dibungkus bak Permen

Pasti penjualnya lulusan S3 Marketing Harvard #IDNTimesHype

Gak bisa dipungkiri, petai merupakan sayuran yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Meski sedikit berbau, tapi rasanya jos banget.

Nah, belakangan ini di Malaysia harga petai sedang melambung tinggi. Untuk menyiasati itu, seorang penjual petai punya cara unik untuk menjualnya tetap dengan harga murah. Yuk simak kisahnya.

1. Musim petai kali ini harga per kilogram mencapai Rp200 ribuan

Biar Gak Mahal, Pria Ini Jual Petai Satuan Dibungkus bak PermenFacebook.com/king.of.groms

Ternyata petai gak cuma jadi makanan favorit orang Indonesia. Masyarakat Malaysia juga cukup mengidolakan rasa dari sayuran yang memiliki efek samping bau mulut ini.

Namun, seorang penjual dengan nama akun Facebook Rob Machado mengungkapkan kalau harga petai di Malaysia sedang mahal-mahalnya. Harga untuk satu kilogramnya bisa mencapai Rp200 ribuan, setara dengan harga daging sapi.

2. Dijual per butir dan dibungkus bak permen manis

Biar Gak Mahal, Pria Ini Jual Petai Satuan Dibungkus bak PermenFacebook.com/king.of.groms

Rob pun ikut terkena dampak karena mahalnya harga petai ini. Ia merasakan penurunan minat pembeli beberapa waktu terakhir. Agar bisa menjual dengan harga terjangkau, Rob kemudian punya cara nyeleneh dalam melakukan penjualannya.

Cara yang dipakai adalah dengan menjual petai per butir, bukan per helai, per ikat atau per kilogram. Meski begitu, ia mengemasnya tetap dengan menarik yakni membungkus per butir petai itu ke dalam bungkus seperti permen.

Baca Juga: 11 Potret Pedagang Mirip Artis yang Viral dan Bikin Ngakak, Kembar?

3. Harga per butir cuma Rp1100 saja. Kabar bahagia buat anak kosan pencinta petai, nih

Biar Gak Mahal, Pria Ini Jual Petai Satuan Dibungkus bak PermenFacebook.com/king.of.groms

Lewat akun Facebook miliknya, Rob membagikan potret petai eceran yang sudah dibungkus. Ia menjual petai itu dengan harga yang sangat terjangkau, 30 sen setara dengan Rp1100 untuk satu butir atau 50 sen setara dengan Rp1700 untuk per dua butir.

Meski harganya murah, ia tetap membungkus butiran petai itu dengan kemasan dan alat vakum agar kualitas tetap terjaga.

"Siapa uangnya gak cukup untuk beli petai musim ini? Saya ada petai ecer, dibungkus satu-satu. Satu biji 30 sen, dua biji 50 sen," tulis Rob Machado.

4. Petai ecer pertama dan satu-satunya di Malaysia

Biar Gak Mahal, Pria Ini Jual Petai Satuan Dibungkus bak PermenFacebook.com/king.of.groms

Tentu saja apa yang dilakukan penjual ini bisa jadi solusi untuk yang mau makan petai tapi gak harus mahal. Daripada harus beli per kilo, mending uangnya buat beli daging sapi.

Rob juga mengklaim kalau petai ecer seperti ini cuma ada di lapaknya saja, sampai penjuru Malaysia sekalipun gak ada toko yang menjual petai eceran.

5. Aksi penjual petai ini tentu saja jadi viral di Facebook

Biar Gak Mahal, Pria Ini Jual Petai Satuan Dibungkus bak PermenFacebook.com/king.of.groms

Cara berjualan yang dilakukan oleh Rob ini memang terbilang unik. Mungkin dia penjual pertama yang mengecer petainya per butir. Oleh karena itu, gak heran kalau aksinya ini mengundang perhatian warganet sehingga membuat postingan Facebook yang ia unggah viral.

Hingga saat ini, postingan Facebook Rob telah dibagikan lebih dari 9000 kali dan mendapat lebih dari 3000 komentar warganet.

Wah, bisa jadi ide bisnis baru tuh. Tentu saja bakal jadi penyelamat kalau harga petai lagi mahal seperti ini. Idenya ada-ada saja ya!

Baca Juga: Viral Penjual Nasi Goreng, Layani Pembeli Sambil Mengumpat

Topic:

  • Erina Wardoyo

Berita Terkini Lainnya