TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Drama Korea  Ini Angkat Isu Kenakalan Remaja, Ada Juvenile Justice

Bikin kamu makin peduli dengan kasus-kasusnya

cuplikan drama Juvenile Justice (instagram.com/netflixkr)

Bullying merupakan isu sensitif di Korea Selatan. Masalah yang sering kali masuk ke ranah kenakalan remaja ini ternyata sering terjadi di kalangan anak sekolah setempat. Akibatnya, isu sensitif tersebut banyak diangkat menjadi kisah dalam drama Korea. Salah satu yang terbaru adalah Juvenile Justice.

Berikut ini drama seputar kenakalan remaja yang meliputi isu bullying hingga yang paling ekstrem sampai tindak kriminalitas. Penasaran apa saja judulnya? Yuk, simak ulasannya di sini.

1. Who Are You: School 2015 (2015)

Drama pertama adalah Who Are You: School 2015 yang mengangkat isu bullying siswa SMA di Korea. Diceritakan, Lee Eun Bi dan Go Eun Byul yang sama-sama diperankan oleh Kim So Hyun merupakan saudara kembar yang terpisah. Eun Bi tinggal di panti asuhan dan Eun Byul diadopsi oleh keluarga kaya. Namun, sebuah insiden membuat Eun Bi menyamar menjadi saudarinya.

Selama pertukaran tersebut, Eun Byul mengetahui bahwa sang adik menjadi korban bullying di sekolah. Eun Bi sendiri tipikal gadis sabar dan tidak melawan saat di-bully. Berbeda dengan Eun Byul, dia begitu berani dan tidak tinggal diam saat orang lain berusaha menjahatinya.

Baca Juga: 5 Drama Korea Ini Gambarkan Kerasnya Kehidupan di Korea Selatan

2. Angry Mom (2015)

Angry Mom mengangkat isu yang sama dengan drama Who Are You: School 2015, yakni bullying. Dikisahkan, Jo Gang Ja (Kim Hee Seon) merupakan ibu dari Oh A Ran (Kim You Jung) yang sekarang sudah SMA. Gang Ja hamil di usia remaja sehingga tampak keduanya memiliki usia yang tidak terlalu jauh.

Belakangan, Gang Ja mengetahui bahwa putrinya jadi korban bullying di sekolah. Tidak mau tinggal diam, dia pun menyamar menjadi siswi untuk melindungi putrinya dari para pelaku. Selain isu bullying, drama ini juga mengangkat isu sensitif lain, yakni korupsi dana pembangunan sekolah. 

3. Class of Lies (2019)

Class of Lies merupakan drama yang menarik untuk diikuti apabila kamu suka cerita kriminal yang disajikan dengan cara berbeda. Ki Moo Hyeok (Yoon Gyun Sang) merupakan pengacara kalangan atas yang tidak pernah kalah di persidangan. Suatu hari dia diminta mengusut kasus pembunuhan yang terjadi di sekolah.

Pembunuhan tersebut dilakukan oleh salah satu siswa di sekolah, demi melancarkan penyelidikan Moo Hyeok menyamar jadi guru. Di tengah penyelidikan, banyak fakta tak terduga terungkap seperti jual beli nilai, perundungan, sampai prostitusi di kalangan pelajar. Moo Hyeok dibantu oleh Ha So Hyun (Geum Sae Rok) dalam penyelidikannya.

4. Extracurricular (2020)

Extracurricular akan membuatmu tercengang dengan tingkah tokoh utamanya, Oh Ji Soo (Kim Dong Hee). Ia digambarkan sebagai siswa berprestasi di sekolah. Dia tampak seperti siswa pada umunya yang memiliki aktivitas belajar dan bermain. Namun, siapa sangka jika sosoknya ternyata menjalankan bisnis prostitusi.

Dia dikenal sebagai "Uncle", ketua sidikat bisnis prostitusi. Tugasnya adalah memberi arahan kepada Lee Wang Chul (Choi Min Soo) atau dikenal dengan Mr. Lee untuk menjalankan bisnis tersebut. Setelah bertransaksi, Mr. Lee akan menaruh uang yang didapatkan dalam sebuah loker. Bisnis tersebut berjalan lancar hingga seseorang mulai menaruh kecurigaan.

Baca Juga: Drama Korea Bergenre Medical Drama Lagi Hits! Coba Tonton Ini

Verified Writer

Risma Fadilla

A person who like literacy and entertaiment. Be my friend on instagram @rismaanorf :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya