Comscore Tracker

Ada Snowdrop, 10 KDrama Ini Menuai Skandal dan Kontroversi 

Apakah salah satunya ada favoritmu?

Hampir setiap bulannya kita selalu disuguhkan dengan berbagai judul KDrama. Namun, di antara banyaknya judul tersebut tak semuanya berjalan dengan mulus. Ada juga beberapa drama Korea yang justru menuai skandal dan kontroversi. Sebagian tetap tayang, beberapa drama mengganti pemainnya, ditunda, hingga bahkan gagal tayang.

Bila di negara kita, skandal dan kontroversi dianggap sebagai gimmick dan setting-an agar karya tersebut makin laris, lain halnya dengan KDrama. Reputasi semua orang yang terlibat dalam produksinya akan terkena imbasnya. Apa sajakah drama Korea yang dimaksud? Intip bersama, yuk!

10. Racket Boys 

https://www.youtube.com/embed/OH8pc6qA-ZQ

Mengangkat tema olahraga bulu tangkis, drama Racket Boys jelas mendapat sambutan meriah dari berbagai pihak. Salah satunya adalah penonton setia dari Indonesia. Namun, masalah muncul ketika mereka menampilkan adegan yang membahas kebiasaan para pendukung dari Indonesia yang disebut sering merusak mental atlet dari negara lain.

Hal ini sontak mengundang amarah dan kecaman dari warganet Indonesia. Meskipun begitu, pihak SBS selaku stasiun televisi yang menayangkan drama ini juga sudah meminta maaf kepada dan berjanji akan memperhatikan lagi tayangan pada episode-episode yang akan datang.

9. School 2021 

https://www.youtube.com/embed/SUZlRN1lQdg

KDrama yang dibintangi oleh Kim Yohan ini semula berjudul School 2020. Berita akan diproduksinya drama ini juga sudah terdengar dari tahun 2019 silam. Namun, sederet kontroversi pun mulai mewarnai proses produksinya.

Awalnya Kim Sae Ron dan Ahn Seo Hyun dikonfirmasi menjadi pemeran dalam drama ini. Namun, nama Kim Sae Ron yang ditunjuk sebagai pemeran utama diberitakan akan menggantikan peran Ahn Seo Hyun. Tak lama berselang, Ahn Seo Hyun mengundurkan diri dari drama ini karena ketidakjelasan kontrak dengan tim produksi.

Kim Young Dae yang diberitakan akan terlibat juga memutuskan untuk mengundurkan diri karena merasa adanya perbedaan karakter yang cukup jauh dari diskusi mereka di awal. Walau begitu, drama ini akhirnya tayang perdana pada 24 November 2021 yang lalu.

8. Squid Game 

https://www.youtube.com/embed/oqxAJKy0ii4

Drama orisinal Netflix ini menjadi KDrama paling populer sepanjang tahun 2021. Bahkan, Squid Game mendapatkan pengakuan secara internasional. Meski demikian, ada beberapa kontroversi yang menyelimuti drama yang diperankan oleh Lee Jung Jae dan Hoyeon Jung ini.

Drama ini secara tak sengaja menampilkan nomor telepon asli dari seorang warga Korea Selatan. Akibatnya, ia pun mendapatkan banyak telepon spam. Pemilik nomor tersebut bahkan akan berencana menuntut tim produksi Squid Game. Namun, hal tersebut urung terjadi karena Netflix telah membayar uang kompensasi.

Lalu yang kedua, salah satu operator internet di Korea juga menuntut Squid Game karena membuat traffic mereka meningkat. Hal ini disebabkan pihak Netflix tak membayar sepeser pun pada operator itu.

7. Snowdrop 

https://www.youtube.com/embed/2xcdOQUOEZE

Belakangan, media sosial ramai memberitakan mengenai kontroversi drama yang dibintangi oleh Jisoo BLACKPINK dan Jung Hae In ini. Bahkan sampai muncul petisi penghentian penanyangan drama Snowdrop di Blue House (istana presiden Korea) yang sudah ditandatangani lebih dari 200 ribu orang.

Kontroversi ini bermula dari alur cerita Snowdrop yang mana mengambil sejarah Korea sekitar tahun 1980-an. Ada banyak dugaan dan tuduhan bahwa dalam naskah tersebut mengandung distorsi sejarah Korea sehingga menyinggung banyak pihak. Namun faktanya, setelah melalui persidangan, drama ini masih tetap diperbolehkan untuk tayang.

6. The Penthouse 3 

https://www.youtube.com/embed/n1ztgEd99Xo

Walapun meraih rating yang cukup tinggi, nyatanya drama makjang The Penthouse 3 menuai kontroversi. Tercatat ada dua kontroversi yang terjadi sepanjang penayangan musim ketiga drama yang dibintangi Um Ki Joon dan Lee Ji Ah tersebut.

Kontroversi pertama adalah adanya cultural appropriation yang dilakukan oleh tokoh Alex (Park Eun Seok) yang mengenakan rambut hitam hingga aksesori khas orang kulit hitam. Akibatnya, ia secara pribadi langsung meminta maaf lewat media sosial pribadi.

Kontroversi kedua muncul saat terdapat adegan yang menampilkan rekaman asli dari gempa bumi tahun 2017 serta runtuhnya gedung di Gwangju pada tahun 2021. Warganet mengkritik bahwa hal tersebut dianggap tak menghargai keluarga korban. Akhirnya pihak stasiun televisi yang menanyangkan The Penthouse 3 meminta maaf dan menghapus adegan tersebut.

5. Taxi Driver 

https://www.youtube.com/embed/SaKAvReLP5Y

Meski sudah berjalan kurang lebih 60 persen dari keseluruhan proses syuting, tim produksi Taxi Driver terpaksa harus mengganti salah satu pemainnya. Semula karakter bernama Ahn Go Eun tersebut diperankan oleh Lee Na Eun. Akan tetapi, karena ia tersandung kasus bullying, pihak rumah produksi langsung menggantinya dan syuting ulang.

Alhasil, Pyo Hye Jin ditunjuk untuk memerankannya. Berkat karakter itu pula, akting sang aktris menuai banyak pujian dari warganet, setelah sebelumnya dibuat jengkel berkat perannya sebagai pelakor dalam drama VIP.

Baca Juga: 11 Pasangan Artis Korea yang Menikah Usai Cinlok di Drama Korea

4. River Where the Moon Rises 

https://www.youtube.com/embed/_DJGm8g8Cr4

Satu lagi KDrama yang menuai kontroversi akibat skandal pemeran utamanya. Drama tersebut adalah River Where the Moon Rises. Hal ini berawal dari kasus skandal bullying yang melibatkan Ji Soo yang menjadi pemeran utama laki-lakinya.

Saat skandal tersebut muncul, seluruh tim dari drama bertema sageuk ini telah menyelesaikan 18 dari total keseluruhan 20 episode. Akhirnya, tim produksi mengganti Ji Soo dengan aktor Na In Woo pada episode ketujuh. Victory Content selaku  rumah produksi menuntut ganti rugi senilai kurang lebih 3 miliar won kepada agensi Ji Soo, yakni Keyeast Entertainment.

3. Joseon Excorcist 

https://www.youtube.com/embed/V7Uzs73c4v0

Sempat tayang sebanyak dua episode, Joseon Excorcist terpaksa harus dihentikan penayangannya. Alasannya, banyak warganet yang menganggap bahwa alur cerita drama yang dibintangi Jang Dong Yoon ini menyimpang dari sejarah aslinya.

Tak berhenti di situ saja, properti yang digunakan dalam drama ini dianggap lebih cenderung mirip dengan gaya Tiongkok, bukan Korea. Hal ini menimbulkan kecaman karena di saat tersebut, hubungan kedua negara juga sedang panas.

Akhirnya, seluruh kru yang terlibat mulai dari aktor, sutradara hingga penulis naskah langsung membuat permintaan maaf kepada publik. Kabarnya, para pemain dari drama ini juga hanya dibayar hingga episode 7 saja. 

2. Vincenzo 

https://www.youtube.com/embed/S12-4mXCNj4

Meski tak banyak yang tahu, drama yang dibintangi oleh Song Joong Ki dan Jeon Yeo Been ini juga pernah tersandung masalah. Hal ini disebabkan terdapat product placement berupa produk makanan dari Tiongkok yang ada di dalam drama tersebut. Hal ini jelas langsung mengundang kritik dari Knetz.

Sebelumnya, diketahui bahwa kedua belah pihak sudah menandatangi kontrak untuk mempromosikan produk tersebut dalam empat episode. Namun karena tak ingin menjadi semakin pelik maka, tim produksi Vincenzo memutuskan untuk membatalkan kerja sama tersebut.

1. Dear M

https://www.youtube.com/embed/hZItZCMOQAw

Drama yang satu ini sangat dinantikan oleh para penggemar, khusunya NCTZen. Sebab ini adalah debut Jaehyun NCT di dunia akting. Namun, karena skandal bullying  yang menimpa Park Hye Soo, lawan main Jaehyun, jadwal tayang pun ditunda.

Dear M dikabarkan sudah selesai syuting dan direncanakan bakal mengudara Februari 2021. Skandal yang menimpa Park Hye Soo pun terbukti tidak benar. Namun, sayangnya hingga saat ini, masih belum terdengar kabar apakah drama ini akan ditayangkan atau tidak.

Well, meski beberapa judul dipenuhi skandal dan kontroversi tetap saja KDrama yang tetap berhasil tayang tetap menarik untuk disaksikan. Semoga ke depannya tak ada lagi, ya hal-hal semacam ini.

Baca Juga: 9 Karakter Istri Idaman di Drama Korea, Ada Han Hyo Joo!

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya